Sepeda Motor Mendadak Mati Mesinnya, Dengan Gejala Seperti Kehabisan Bensin
Sepeda Motor Mendadak Mati Mesinnya, Dengan Gejala Seperti Kehabisan Bensin

Beberapa pengendara motor mungkin sudah ada yang pernah mengalami kejadian motor yang tiba-tiba mati seperti kehabisan bensin. Tetapi setelah di cek tangki bensin ternyata masih terisi banyak.

Lalu, apakah yang sebenarnya sedang terjadi pada sepeda motor.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya motor yang tiba-tiba mati seperti kehabisan bensin. Berikut ada tips untuk mengatainya:

Tersumbatnya Ventilasi Bensin

Motor yang mendadak mati seperti kehabisan bensin bisa disebabkan karena tersumbatnya ventilasi bensin.

Peran dari ventilator bensin sendiri terbilang cukup penting untuk menyalurkan udara dan juga mendorong bensin sehingga bisa sampai ke bagian karburator.

Baca juga : Tips Irit Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil Matic

Jika ventilasi tersumbat maka sirkulasi udara tidak akan bisa berjalan dengan baik, sehingga mengakibatkan mesin motor jadi tersendat-sendat hingga mati dengan cara tiba-tiba. Memiliki bentuk yang sangat kecil tetapi ventilator tersebut memiliki peran yang sangat besar bagi sepeda motor.

Ketika dihadapkan dengan kondisi seperti itu, hal yang harus dilakukan adalah membersihkan ventilatornya. Dengan cara membuka penutup bensin dari tangki semprotkan udara menggunakan kompresor kea rah bagian ventilasi.

Terlalu Panasnya Mesin Motor

Penyebab lain mesin motor mati mendadak bisa disebabkan karena overheat. Apabila hal tersebut terjadi, jangan paksakan motor terus melaju agar tidak terjadi kerusakan yang jauh lebih parah.

Segera matikan mesin dan tunggu sampai suhunya turun.

Busi Kotor atau Sudah Terlalu Lama

Performa dari kendaraan juga akan terdampak apabila busi mengalami masalah, diantaranya mesin yang mati dengan tiba-tiba.

Bagaimana cara mengatasinya, cukup dengan melepas busi kemudian dibersihkan. Dan jika busi udah terlalu lama tidak diganti (masa pakai) sudah terlalu lama, sebaiknya ganti busi dengan yang baru.

Mengingat perannya pada sebuah kendaraan, sebaiknya busi lebih diperhatikan kondisinya dengan rutin. Mesin akan bekerja lebih baik apabila kondisi busi terjaga dengan baik pula.

Tutup Busi Kurang Rapat

Pemasangan tutup busi yang kurang rapat juga bisa menyebabkan mesin motor mati tiba-tiba.

Penutup busi/cop atau pula biasa disebut dengan cangklong apabila pemasangannya kurang rapat bisa menyebabkan busi terkena rembesan air.

Pastikan posisinya sudah benar-benar rapat, sehingga motor tidak akan mati mendadak seperti layaknya sedang kehabisan bensin ketika motor sedang digunakan.

Main Jet Bermasalah

Fungsi dari main jet sebagai penyalur bensin sehingga bensin bisa sampai ke ruang pembakaran. Sederhananya, main jet menyuplai bensin hingga keruang pembakaran.

Bisa dibayangkan jika pada mai jet terjadi masalah, tentunya akan menyebabkan akibat yang cukup serius.

Jika terjadi penyumbatan atau ukuran dari mai jet terlalu kecil, mesin motor akan tersendat hingga tejadinya mati mesin.

Penyumbatan pun bisa disebabkan oleh kotoran yang ikut masuk kedalam bensin. Supaya hal terebut tidak terjadi, disarankan agar lebih cermat saat membeli bahan bakar (bensin).

Pastikan pula bensin yang masuk ke dalam tangki tersebut benar-benar bersih dari kotoran, supaya tak terjadi penyumbatan pada bagian main jet.

Keran Bensin Tertutup

Bensin merupakan bahan bakar dari sebuah kendaraan bermotor. Dimana pasokannya harus dapat mengalir dengan baik dan lancer hingga ke ruang pembakaran supaya mesin motor dapat menyala.

Letak dari keran bensin tersebut berada dekat tangki, terdapat tiga titikk pada bagian ini, RES, OFF dan juga ON. Dimana RES ialah indikator bensin cadangan atau sebut juga reserved. Jika bensin habis dalam posisi ON, ubahlah posisinya ke RES agar mesin tetap bisa menyala dengan digunakannya bensin cadangan.

Titik ON menunjukkan jika keran dalam keadaan terbuka sehingga bensin bisa mengalir dengan lancer dan OFF sendiri mengartikan jika keran dalam keadaan tertutup. Perhatikan kembali bagian tersebut, jika berada pada posisi OFF artinya bensin tak dapat mengalir hingga ke tempat pembakaran.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here