Tips Irit Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil Matic
Tips Irit Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil Matic

Boros bahan bakar mobil saat kena macet, sudah menjadi masalah umum pada kota-kota besar dunia, terlebih lagi jika tak seimbangnya jumlah kendaraan yang beredar dengan ruas jalan yang tersedia, ditambah lagi dengan pengendara yang tak disiplin dengan peraturan dalam berlalu lintas yang menyebabkan penggunaan bensin mobil semakin boros dikarenakan macet.

Setiap tahunnya hampir rata pengguna kendaraan menghabiskan 32 jam dijalanan, hal tersebut yang membuat penggunaan bensin mobil lebih boros. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, dari 10 kota didunia yang memiliki jalanan dengan tingkat kemacetannya sangat parah sehingga jadi penyebab borosnya bensin mobil yang dapat membuat beratnya tarikan pada mobil.

Baca juga : Tiba-Tiba Kaca Mobil Tidak Berfungsi. Ketahui Penyebabnya

Hasil tersebut didapat berdasarkan analisa rata-rata jam yang dihabiskan ketika terjebak dalam kemacetan untuk 1.064 kota dari 38 negara, juga berdasarkan persentase waktu yang dilalui oleh driver ketika dalam kondisi padatnya lalu lintas yang membuat bensin mobil menjadi boros.  Apabila terkena macet kerja dari mesin mobil juga semakin berat dan boros bensin menjadi adalah konsekuensi yang harus diambil.

Bukan berarti kamu harus pasrah apabila kerja mesin menjadi berat lalu memakan bahan bakar yang banyak. Dibandingkan dengan mobil manual, mobil matik lebih unggul dalam hal tersebut. Dimana mobil matik tak perlu menginjak kopling dan mengganti persneling, berkat bantuan sistem komputerisasi yang terdapat pada mobil. Tetapi ada harga pula yang harus dibayar untuk kemudahan terebut diantaranya harga mobil tersebut lebih mahal dari mobil manual juga penggunaan bahan bakar lebih boros ketimbang mobil manual.

Tapi jangan risau, ada beberapa tips bagaimana caranya agar mobil matik  yang kita miliki bisa menjadi lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan mobil manual.

Menginjak Pedal Gas Dengan Konsisten

Supaya mobil matik lebih hemat dalam menggunakan bahan bakarnya, pengemudi harus konstan dalam menginjak pedal. Kurangi hasrat untuk menginjakkan pedal gas dalam-dalam untuk mencapai akselerasi yang cepat. Biarkan kecepatan bertambah secara bertahab dan injaklah pedal secara konsisten.

Dan perhatikan pula waktu yang tepat saat hendak mendahului mobil lain. Seperti apa waktu yang tepat itu, misalkan jika kondisi jalan padat (ramai) dan akan membuat mu untuk buru-buru mendahului kemudian menginjak pedal gas dalam-dalam yang akan mengakibatkan penggunaan bahan bakar lebih boros.

Hindari Muatan Berlebih

Bahan bakar akan menjadi lebih boros apabila beban muatan mobil lebih berat, hal tersebut berlaku untuk semua jenis mobil baik matik ataupun manual. Sebaiknya kurangin barang bawaan jika barang tersebut memang tidak diperlukan, dan juga kurangi aksesoris mobil yang tidak berpengaruh terhadap performa mobil, karena hal tersebut justru hanya akan menambah berat mobil saja.

Putaran Mesin Harus Dijaga

Cara lain yang dapat dilakukan untuk memastikan dalam penginjakan pedal gas dengan stabil yaitu dengan memperhatikannya jarum penunjuk RPM (rotasi permenit) yang terdapat pada speedometer. RPM tersebut yang akan menunjukkan dari seberapa beratnya mesin bekerja yang artinya, semakin tinggi RPM maka semakin kencang pula mesin yang melakukan putaran yang mengakibatkan penggunaan bahan bakar juga lebih banyak.

Saat melakukan perjalanan dengan santai, pertahankan RPM di angka 2000 sampai dengan 2500. Dibanding dengan mobil manual, mempertahankan RPM di mobil matik jauh lebih mudah dilakukan, karena kenaikan gigi pada mobil matik berdasarkan dengan kedalaman penginjakan pedal gas. Apabila penginjakan pedal gas dilakukan dengan cara konstan, dengan otomatis mobil menaikkan gigi di RPM yang sama. Apabila ingin menghemat bahan bakar dalam situasi terburu-buru cukup dengan menjaga RPM tidak melebihi dari 3000 RPM.

Netralkan Gigi Saat Berhenti Cukup Lama

Keunggulan lain dari mobil matik adalah dapat berjalan sendiri tanpa harus menginjakkan pedal gas dengan kecepatan sedang, hal tersebutlah salah satu penyebab penggunaan konsumsi mobil matik lebih boros dari pada mobil manual.

Agar mobil matik tidak berjalan secara otomatis cukup dengan memindahkan posisi persneling ke netral jika mobil berhenti cukup lama, contohnya saat macet atau ada di lampu merah. Agar mesin tidak terus ingin melaju posisikan pada gigi netral, selain itu juga dapat menghemat penggunaan rem dikarenakan tidak adanya dorongan dari mesin yang membuatnya ingin melaju.

Jaga Kecepatan Mobil Supaya Tidak  Sering Menginjak Rem

Dikarenakan mobil matik dapat meluncur sendiri tanpa harus menginjak pedal gas, banyak pengendara yang masih menginjakkan pedal gas yang mengakibatkan mobil melaju terlalu kencang sehingga dengan spontan penginjakan pedal rem akan dilakukan hal tersebut yang membuat penginjakkan pedal gas menjadi dilakukan sia-sia.

Disarankan sebaiknya untuk membiasakan diri dengan menjaga kecepatan mobil, sehingga tidak terjadi pengereman yang dilakukan setelah menginjakkan pedal gas agar dapat menghemat bensin. Hanya gunakan pedal gas untuk menambah tenaga agar mobil berjalan lebih kencang. Bukan perkara suit membuat mobil matik menjadi lebih hemat dalam penggunaan bahan bakarnya, salah satunya adalah kesabaran dari pengendara yang di uji.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here