Segera Ganti Filter Oli Mobil Anda, Atau Terima Resikonya
Segera Ganti Filter Oli Mobil Anda, Atau Terima Resikonya

Sebelum dialiri menuju komponen-komponen mesin seperti bearing crankshaft oli mesin akan dihisap terlebih dahulu oleh pompa oli dan kemudian dialiri ke filter oli mobil. Sistem sirkulasi seperti bearing camshaft dan valve train juga disebut dengan full flow filtration. Metode seperti ini dikatakan pula sebagai metode yang paling efisien yang digunakan untuk menyaring kotoran dan juga memastikan hanya oli yang bersih tersirkulasi tersebut di mesin.

Seiring pemakaian akumulasi dari kotoran yang disaring oleh filter oli mobil pun mulai menghambat sirkulasi dari oli mesin tersebut. Sebelum terjadinya penyumbatan filter oli mesin harus diganti, secara visual terbilang sulit memastikan kondisi dari filter tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk dilakukannya penggantian filter oli secara rutin sesuai jadwal yang telah direkomendasikan oleh pabrikan mobil.

Baca juga : Cara Ampuh Membersihkan Mika Lampu Mobil Yang Buram

Biasanya bersamaan dengan penggantian oli mesin diikuti pula dengan penggantian filter oli mobil, walaupun ada yang mengatakan jika penggantian filter oli dilakukan setelah melakukannya penggantian oli mesin selama dua kali. Namun jika dikaitkan dengan harga filter oli mobil yang tidak terlalu mahal cukup beresiko jika dibiarkannya oli mesin yang bersih tersebut dibiarkan tercampur oleh oli kotor yang ada pada filter oli, dan resiko lain seperti tersumbatnya filter oli yang dapat mengakibatkan kerusakan yang tak sebanding dengan harga dari filter oli yang baru.

Tahu kah anda, jika mengganti filter oli sama pentingnya dengan mengganti oli mesin. Kemudian, apa dampaknya jika anda lupa mengganti filter oli?

Filter oli adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan atau pun menyaring supaya kotoran tak tercampur dengan oli mesin, baik kotoran yang berasal dari dalam atau pun luar mesin. Contohnya, kotoran yang dihasilkan oleh gesekan mesin yang menjadikan serpihan halus dari logam atau juga reaksi kimia dari dalam ruang mesin. Pentingnya mengganti filter oli tak kalah pentingnya dengan mengganti oli mesin, karena kotoran yang bercampur ke oli mesin akan berdampak terhadap kinerja oli yang kurang maksimal nantinya.

Mengapa Filter Oli Wajib Diganti?

Berbagai masalah akan timbul jika anda lupa untuk mengganti filter oli mobil, salah satu contohnya filter oli atau saringan yang penuh akan menjadi tersumbat sehingga mengganggu sirkulasi oli yang mengakibatkan kerja oli jadi terhambat. Tak hanya itu saja, karena kotoran yang tak tersaring sempurna itu mesin pun akan terkontaminasi. Dimana fungsi dari oli juga sebagai pelindung, pendingin serta pembersih akan menjadi tidak berfungsi dengan optimal. Tak hanya sampai disitu, hal lain yang paling tidak diinginkan adalah jika sampai terjadi kerusakan mesin permanen yang akan memakan biaya yang tak sedikit untuk melakukan perbaikan tersebut.

Perawatan mesin akan menjadi semakin terjaga jika oli mesin bekerja dengan sempurna sehingga resiko terjadinya kerusakan pada mesin kendaraan menjadi minim. Fungsi lain dari oli sebagai pelumas juga jadi terganggu apabila terkontaminasi dengan kotoran. Sangat disayangkan sekalii jika hal tersebut akan terjadi dikarenakan tidak menggantinya filter roli mobil.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menggantinya

Untuk melakukan penggantian filter oli sebaiknya dilakukan bersamaan dengan penggantian oli mesin, meski ada pendapat lain yang mengatakan bahwa melakukan penggantian filter oli cukup dilakukan setiap dua kali penggantian oli mesin saja.

Apabila penggantian oli baru akan dilakukan setiap 10.000 km, dengan kata lain penggantian filter oli mobil baru akan dilakukan setelah jarak tempuhnya sudah mencapai 20.000 km. sangat disarankan pula untuk filter oli bersamaan dengan penggantian oli mesin, sebab biaya yang dikeluarkan untuk penggantian filter oli tak terlalu memakan biaya yang banyak.

Hal tersebut dilakukan agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan salah satunya bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada mesin. Tak sedikit pengendara yang memperhatikan terkait penggantian filter oli mobil. Tanpa disadari, hal-hal kecil seperti ini juga memiliki peran yang cukup besar untuk menjaga kualitas dari kendaraan. Oleh sebab itu, sebaiknya anda tetap memperhatikan dan juga melakukan perawatan pada setiap bagian mobil sesuai anjuran sehingga kendaraan memiliki performa yang baik dan tentunya dapat digunakan dalam kurun waktu yang panjang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here