Pembersih Udara Yang Cocok Untuk Mobil
Pembersih Udara Yang Cocok Untuk Mobil

Dampak dari udara yang lembab bagi kesehatan, mulai dari gatal-gatal, flu hingga gangguan pernafasan. Hal tersebut sebaiknya ditangani dengan segera agar keluarga dapat menjalani aktifitas dengan baik saat berada dirumah.

Begitu pula dengan kendaraan yang kamu miliki, dengan tingkat kelembabannya yang terjaga demi kesehatan dan kenyamanan tentunya. Terlebih pada masa pandemi seperti ini.

Sehingga kondisi ruang kabin pun kurang diperhatikan, dimana memasuki musim hujan seperti sekarang ini pemilik mobil harus melakukan perawatan ekstra pada kendaraannya. Baik interior maupun ekterior.

Pada interior baik alas kaki payung atau pakaian yang basah saat masuk kedalam mobil saat kehujanan dapat mempengaruhi kondisi kabin. Bukan hanya lembab, jok dan juga karpet yang basah dapat memicu bau yang tak sedap.

Hal tersebut dapat mengganggu konsentrasi saat berkendara dikarenakan kondisi sekitar yang kurang nyaman.

Baca juga : Mengapa Tiba-tiba Ban Motor Bisa Meledak

Efek lainnya seperti tumbuhnya jamur disekitar permukaan dengan bahan kulit ataupun fabric dikarenakan ruang kabin yang lembab,

Kondisi terparah bahkan bisa tumbuh jamur pada lingkar kemudi hingga pada plafon mobil itu sendiri. Proses tumbuhnya jamur dikarenakan terjadinya pengembunan atau pun penguapan pada saat panas tanpa adanya sirkulasi sehingga jamur pun mulai berkembang.

Cara pencegahannya cukup sederhana, cukup dengan rutin memanaskan mobil setidaknya dua hari sekali. Pastikan pula saat memanaskannya dengan kaca jendela terbuka, sehingga pertukaran udara bisa terjadi saat pintu atau kaca pintu yang terbuka.

Beberapa pemilik mobil mengandalkan air purifier untuk menjaga udara dalam mobil agar bersih dan segar. Alat tersebut benar membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik, apalagi bagi perokok.

Umumnya, ada dua tipe pemurni udara diantaranya tipe penghasil ion dan tipe filter. Memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda, keduanya bisa digunakan tergantung dari kebutuhan.

Ada pula produk yang mengaplikasikan filter dengan penghasil ion sekaligus, bagi pengendara yang merokok biasanya menggunakan produk seperti ini, dan kelebihannya produk seperti ini juga dapat membersihkan udara dari jamur dan juga bakteri sampai debu yang ada di udara pada mobil.

Filter sendiri mampu menyingkirkan partikel dan polutan yang terdapat pada udara. Filter akan membersihkan udara yang bau, dan akan dihembuskan dengan udara yang bersih. Bagi anda yang memiliki gangguan pada pernapasan produk seperti ini akan sesuai.

Perlu diperhatikan pula jenis catu daya yang digunakan, biasanya ada yang menggunakannya dari soket rokok, micro usb ataupun panel surya.

Gunakan alat yang fleksibel seperti air purifier yang menggunakan soket rokok dan micro USB sebagai catu daya agar dapat dihubungkan ke laptop atau power bank untuk Air purifier berport USB tersebut.

Walau terasa kurang praktis penggunaan solar cell memiliki kapasitas baterai yang terbilang tahan lama.

Pemilihan Pembersih Udara yang Tepat 

Hal terpenting untuk menjaga kelembaban pada ruang kabin mobil adalah dengan pemilihan pembersih udara yang tepat. Ada beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan agar menjaga kebersihan pada kabin mobil.

Yang pertama adalah Car Humidifier fungsi utamanya untuk memberikan kelembaban udara pada kabin mobil, dimana penggunaan AC dalam jangka panjang bisa membuat udara yang ada di dalam mobil menjadi kering.

berikutnya ada Car Air Purifier Ionizer, dimana fungsinya lebih lengkap dari Car Humifier. Sebab, tak hanya menjaga kelembaban udara tapi juga memiliki fungsi sebagai sterilization, deodorization dan air purification.  Alat tersebut juga dikatakan dapat menghilangkan bau dari asap rokok yang menempel pada kabin mobil.

Yang terakhir adalah Air Freshener, yang dapat membuat udara di dalam mobil menjadi lebih segar. Cara kerjanya pun tak jauh berbeda dengan pembersih udara lainnya pada mobil dengan mekanisme air purification.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here