Membangun Kecantikan dari Dalam dengan Diet Sehat

DANG MERDU – Nutrisi yang baik dan diet seimbang yang meliputi lemak sehat, buah-buahan dan sayuran mencegah penyakit dan membuat Anda tetap cantik luar dan dalam. Namun, bagaimana penjelasan selengkapnya? Baca terus!

Kebaikan Diet Seimbang

Kita semua tahu hubungan antara makanan dan kesehatan. Diet seimbang tidak hanya membuat Anda tetap langsing dan mencegah kondisi kronis. Ini juga dapat memberikan keajaiban pada penampilan kulit, rambut, dan kuku Anda. Berita yang lebih baik lagi adalah Anda bahkan tidak perlu melakukan perjalanan khusus ke pasar untuk makanan yang dapat menambah kecantikan Anda ini. Mereka (atau mungkin sudah) harus menjadi bagian dari daftar belanja sehat Anda.

Diet Sehat untuk Kulit Sehat

Menurut seorang ahli diet, apa yang Anda makan tercermin dalam kesehatan kulit, rambut, kuku, dan bahkan gigi Anda. Faktanya, jaringan ini, sama seperti makhluk hidup lainnya, membutuhkan makanan. Kulit Anda misalnya, adalah organ terbesar dalam tubuh. Perannya adalah untuk melindungi Anda dari unsur-unsur tertentu, mengatur suhu tubuh dan mentransfer informasi untuk mengaktifkan indra peraba Anda. Kuku dan rambut Anda (terbuat dari keratin) juga membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mencegahnya menjadi rapuh atau kering.

Nutrisi untuk Rambut dan Kuku

Kesehatan rambut dan kuku Anda juga bisa terpengaruh jika ada kekurangan nutrisi. Ahli diet mencatat bahwa dalam kasus alkoholisme, anoreksia nervosa, penyakit ginjal dan lambung, kekurangan seng sering terjadi, menyebabkan rambut menjadi tipis, putih dan rapuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa asam lemak dapat memperkaya batang rambut dan membantu menjaga keseimbangan minyak alami di kulit kepala, menjaga rambut tetap terhidrasi. Dan karena rambut adalah 97 persen protein, jumlah protein berkualitas tanpa lemak yang cukup (dari kedelai, daging, dan makanan laut) memastikan tubuh Anda memiliki bahan pembangun untuk menumbuhkan rambut yang sehat.

Baca Juga: Apa yang Harus Dimakan Sebelum dan Setelah Berolahraga?

Lindungi Gigi Anda

Apa yang Anda makan dan minum bahkan bermanfaat bagi gigi Anda. Ahli gizi juga menunjukkan semakin banyak bukti tentang peran bermanfaat teh hijau dalam kesehatan mulut. Teh hijau melindungi terhadap karies gigi yang disebabkan bakteri dan bau mulut karena fitokimia dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri. Antioksidan dalam teh hijau juga dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang disebabkan oleh merokok, tambahnya.

Go Natural dengan Buah dan Sayuran

Diet alami dan sehat sering kali yang terbaik. Tidak perlu mengkonsumsi suplemen jika diet Anda bergizi seimbang. Faktanya, para ahli gizi juga memperingatkan bahwa mengkonsumsi suplemen nutrisi yang berlebihan dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Sebagai gantinya, makanlah dua porsi masing-masing buah dan sayuran setiap hari untuk memastikan dosis vitamin C dan fitokimia yang memberi kesehatan dan kecantikan.

Pilihlah buah-buahan seperti jeruk, pepaya, delima, dan kiwi serta sayuran seperti bayam, dan brokoli. Untuk meningkatkan asupan vitamin E, para ahli gizi juga merekomendasikan segenggam kacang panggang dalam oven setiap hari. Ini adalah mineral untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kuku, pastikan Anda makan tiga porsi daging, makanan laut, ikan, atau kacang-kacangan yang direkomendasikan setiap hari.

Salah satu kekhawatiran terbesar bagi banyak orang adalah kerusakan kulit dan penuaan akibat paparan sinar matahari. Selain menggunakan tabir surya, Anda dapat memperbaiki pola makan Anda untuk meningkatkan pertahanan ultra-violet alami kulit Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin C dan E, serta fitokimia seperti karotenoid dan polifenol, dapat membantu mengurangi efek buruk dari paparan sinar matahari.

Vitamin C sangat penting dalam membantu tubuh memproduksi kolagen, bahan pembangun penting kulit yang membuatnya tetap kenyal. Sementara vitamin E menjaga kelembaban kulit dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Fitokimia, sekelompok senyawa yang memberi warna cerah pada buah dan sayuran, juga meningkatkan kemampuan kulit untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerutan, perubahan warna, dan hilangnya elastisitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here