Apa yang Harus Dimakan Sebelum dan Setelah Berolahraga?

DANG MERDU – Apa yang Anda makan sebelum atau sesudah berolahraga dapat membantu kinerja olahraga dan pemulihan otot. Mari kita cari tahu lebih lanjut!

Pentingnya Makanan Sebelum Latihan

Apakah Anda pergi ke gym atau pergi untuk lari pagi yang menyenangkan? Pastikan Anda makan makanan ringan satu hingga dua jam sebelum berolahraga, karena pastinya Anda membutuhkan energi untuk memicu latihan Anda. Ini sangat penting jika Anda berolahraga di pagi hari. Pastikan Anda sarapan, karena sebagian besar energi dari makanan terakhir Anda akan habis dalam tidur Anda.

Meskipun Anda tidak boleh berolahraga dengan perut kosong, Anda juga tidak boleh makan terlalu banyak. Berolahraga dengan perut penuh dapat membuat Anda sakit perut dan merusak latihan Anda. Berencana untuk berolahraga setelah makan besar? Tunggu tiga hingga empat jam sebelum melakukan aktivitas fisik yang berat sehingga makanan memiliki waktu untuk dicerna.

Apa yang Harus Dimakan Sebelum Berolahraga

Secara umum, makanan sebelum olahraga Anda harus mengandung karbohidrat dan protein. Karbohidrat akan memberi Anda energi untuk tenaga melalui latihan, sementara sejumlah kecil protein dapat membantu membangun otot dan membantu pemulihan otot. Untuk bahan bakar terbaik, pilihlah makanan alami dan non-olahan yang disiapkan dengan cara yang lebih sehat. Hindari makanan berat seperti kari, saus, dan gorengan, yang dapat membuat Anda lemah. Cobalah salah satu makanan-makanan ini:

  • Roti gandum dengan selai kacang
  • Roti gandum dengan keju
  • Sandwich telur atau tuna
  • Yoghurt dan buah segar
  • Oat dibuat dengan susu

Dan ingatlah untuk minum air sebelum berolahraga!

Baca Juga: Nutrisi Selama Kehamilan: Makan yang Tepat untuk Dua Orang

Ingatlah untuk Minum Saat Berolahraga

Berolahraga selama 30 hingga 60 menit? Anda mungkin tidak perlu makan selama berolahraga, baik saat melakukan latihan kardio atau latihan ketahanan. Anda memang perlu tetap dehidrasi, karena Anda terus-menerus kehilangan air melalui keringat. Cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum air putih, jadi sebaiknya selalu membawa botol air saat berolahraga. Jika Anda berolahraga lebih dari satu jam, makanlah pisang untuk membuat Anda tetap bersemangat.

Apa yang harus saya minum selama latihan?

Sementara minuman olahraga mengisi kembali garam yang hilang melalui keringat, minuman tersebut juga mengandung gula dan kalori. Tetap minum air kecuali Anda melakukan aktivitas fisik intensitas tinggi seperti bersepeda gunung, atau latihan Anda berlangsung lebih dari satu jam.

Pentingnya Makan Setelah Latihan

Makan setelah berolahraga juga akan mempengaruhi latihan Anda, percaya atau tidak! Ketika kita berolahraga, kita melatih otot-otot kita sehingga mereka tumbuh lebih kuat. Apa yang kita makan setelah latihan akan membantu otot kita memperbaiki dan tumbuh. Dan protein melakukan hal itu!

Kita juga ingin mengisi kembali persediaan bahan bakar kita. Jadi, selain protein, pastikan Anda mendapatkan cukup karbohidrat dalam makanan pasca-latihan Anda juga. Idealnya, Anda harus makan dalam waktu satu jam setelah menyelesaikan latihan Anda.

Apa yang Harus Dimakan Setelah Berolahraga?

Berikut beberapa ide makanan:

  • Nasi sederhana yang disajikan dengan daging dan sayuran; pastikan untuk memilih menu yang tidak digoreng
  • Telur dadar dengan alpukat di atas roti panggang
  • Ayam bakar dengan sayuran

Dan ingat, air, air, dan air. Minumlah cukup air untuk menggantikan cairan yang hilang. Jadi Anda harus menyimpan sebotol air yang berisi beberapa irisan lemon atau jeruk di lemari es Anda. Sehingga Anda selalu memiliki air dingin untuk diminum setelah berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here