Makanan Super Esensial dari Diet yang Lebih Sehat

DANG MERDU – Mencari strategi diet yang lebih sehat dan seimbang? Cari tahu makanan super sehat mana yang harus dimiliki untuk rencana Anda. Terlihat dan merasa baik melibatkan banyak variabel, seperti gaya hidup aktif, perawatan kulit yang tepat, dan diet yang lebih sehat. Anda dapat memulai hari ini dengan menambahkan bahan makanan super ini ke dalam diet Anda.

1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran mengandung banyak antioksidan yang mengurangi penuaan. Mereka juga diyakini dapat meningkatkan ingatan dan fungsi motorik. Antioksidan termasuk beberapa vitamin: likopen, beta-karoten, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Ini dapat ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna. Terutama yang berwarna ungu, biru, merah, oranye dan kuning.

Termasuk dalam bahan-bahan super ini adalah buah jeruk yang tidak hanya rendah kalori tetapi juga mengandung vitamin C. Dan ini memberikan bantuan untuk perbaikan jaringan dan penyerapan zat besi. Jeruk sedang mengandung 60 hingga 80 Kalori sementara satu sendok makan jus lemon hanya mengandung empat kalori, menjadikannya saus salad yang ideal untuk mengendalikan berat badan.

Berry berwarna-warni membuat awal yang baik untuk Anda setiap hari. Lebih rendah gula daripada kebanyakan buah lainnya, semangkuk oat dengan buah beri bisa menjadi sarapan yang lezat. Dua porsi buah dan sayuran setiap hari akan membantu Anda mencapai kesehatan yang prima.​​​

Jika Anda lebih suka sarapan yang sedikit lebih gurih, pertimbangkan smoothie dengan sayuran hijau gelap. Sayuran hijau seperti bayam dapat melindungi dari kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV, dan dapat mengurangi kemungkinan kanker kulit dan penuaan, serta dapat menurunkan terjadinya kerutan.

Baca Juga: Panduan Vegetarian untuk Makan dengan Benar

2. Lemak Baik

Ikan seperti salmon dan tuna adalah sumber lemak omega-3 berlimpah yang membantu mencegah penyakit jantung terkait usia. Jika Anda vegetarian, Anda bisa menuai manfaat  lemak baik dari kenari dan minyak kedelai. Lemak omega-3 membantu menjaga tubuh yang lebih sehat dengan mengurangi pembekuan darah di arteri.

Mengandung lemak sehat, biji-bijian (seperti wijen dan labu) merupakan sumber lemak omega-6 yang baik yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dan Anda memiliki berbagai jenis untuk dipilih. Seperti semua makanan, mereka harus dinikmati dalam jumlah sedang, terutama jika Anda ingin menjaga berat badan Anda.

3. Air

Rata-rata, 60 hingga 75 persen tubuh manusia dewasa itu terdiri dari air. Ini adalah komponen dari hampir setiap bagian tubuh, mulai dari otak kita (sekitar 75 persennya adalah air), ke otot kita (yang isinya air sekitar 80 persen) dan bahkan tulang kita (air sejumlah sekitar 30 persen). Fungsi vital dari air adalah termasuk melarutkan dan membawa nutrisi serta oksigen ke sel-sel kita. Air mengatur suhu kita, menjaga jaringan tubuh kita (seperti yang ada di hidung dan mata kita) lembab, dan sendi kita terlumasi. Ini juga akan melindungi organ kita serta memastikan fungsi yang tepat dari banyak organ tubuh kita.

Air juga mengeluarkan produk limbah. Sederhananya, tubuh kita bergantung pada air yang cukup untuk tetap sehat. Air memang dapat membuat kita secara alami untuk berbuat sesuatu misalnya ketika kita pergi ke toilet, ketika kita menangis, ketika kita berkeringat atau bahkan saat kita bernafas, jadi kita perlu menggantinya. Enam hingga delapan gelas (1,5 hingga 2 liter) air per hari direkomendasikan untuk kesehatan yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here