6 Alasan untuk Minum Air

DANG MERDU – Haus dan ingin meminum minuman dingin? Pilihan terbaik Anda adalah air. Ini bagus untuk Anda, menyegarkan, dan juga gratis. Berikut adalah enam alasan mengapa Anda harus minum dan dua cara untuk membuatnya enak.

1. Tubuh Anda Terbuat dari Air

Hingga 60% dari tubuh manusia dewasa terbuat dari air, dan organ vital seperti otak, jantung dan paru-paru terdiri dari persentase yang lebih tinggi. Kandungan air ini dibutuhkan untuk banyak fungsi tubuh yang penting, seperti reproduksi sel, pencernaan, dan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh manusia. Mengkonsumsi 6 sampai 8 gelas air per hari yang direkomendasikan membantu memastikan bahwa tubuh Anda memiliki cukup air untuk melakukan fungsi-fungsi ini, dan karenanya Anda dapat bertahan hidup.

2. Ganti Kehilangan Cairan

Minum membantu tubuh Anda tetap bersih. Kita kehilangan air sepanjang waktu melalui cairan seperti keringat dan urin, yang membantu menghilangkan produk limbah yang larut dalam air seperti urea, amonia, dan produk sampingan dari protein empedu hati. Untuk terus menghilangkan limbah, tubuh membutuhkan pasokan air yang konstan untuk menggantikan apa yang telah hilang, jadi teruslah minum.

3. Air Putih Gratis

Di Indonesia, kita sangat beruntung mendapatkan air minum yang segar dan bersih langsung dari keran. Menurut artikel dari sebuah buletin terkenal, pasokan air kita sesuai dengan Pedoman Kualitas Air Minum Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dan diperiksa secara teratur untuk memastikan bahwa standar ini dipatuhi. Jadi, tidak ada alasan untuk mengeluarkan uang untuk minuman lain, jika Anda bisa menghilangkan dahaga dengan keran atau pendingin air.

4. Air Membantu Mengurangi Sembelit

Pikirkan air sebagai pelumas yang membuat makanan yang dicerna bergerak di sepanjang usus dan usus besar Anda. Jika tubuh Anda mengalami dehidrasi, usus besar Anda akan menyerap air dari sisa makanan, menciptakan tinja yang keras dan sulit untuk dikeluarkan. Teguk segelas (atau tiga) air untuk memberikan dorongan, dan Anda mungkin menemukan sistem pengelolaan limbah internal Anda berjalan lancar lagi.

Baca Juga: Merencanakan Makanan Sehat dan Diet Seimbang untuk Lansia

5. Kontrol Asupan Kalori

Apakah Anda sedang memperhatikan berat badan Anda? Air mungkin bisa membantu. Menenggak segelas air sebelum makan bisa menciptakan rasa kenyang sementara, mencegah Anda makan terlalu banyak. Sebagian besar minuman kemasan mengandung gula dan kalori yang akan menambah jumlah kalori Anda. Minuman ini kebanyakan hampir tidak sebaik air putih, kalori penuh gula yang tidak mengandung nutrisi.

6. Keadaan Khusus

Jika Anda terkena keracunan makanan, tubuh dan nafsu makan Anda mungkin lemah, tetapi Anda harus tetap minum. Kondisi seperti diare dan muntah menyebabkan tubuh Anda mengeluarkan air dalam jumlah besar, bersama dengan racun yang mungkin Anda konsumsi secara tidak sengaja. Mengganti kadar air dengan cepat akan membantu pemulihan tubuh Anda. Ibu baru yang sedang menyusui juga harus minum lebih banyak air. Saat tubuh Anda menciptakan susu bergizi untuk si kecil, jagalah diri Anda dengan minum lebih banyak air setiap hari.

Segarkan Air Anda

Jadikan delapan gelas air menyenangkan dan lezat dengan infus ini, yang dapat Anda bawa dengan mudah dalam botol kecil 250ml bebas BPA. Catat berapa banyak yang telah Anda minum untuk minuman di akhir minggu, dan Anda mungkin akan terkejut.

Bumbui es Anda

Bekukan potongan kecil buah seperti anggur, blueberry, dan stroberi, dan gunakan sebagai es batu untuk mendinginkan minuman Anda. Atau buat es batu dari jus buah tanpa pemanis dan tambahkan satu atau dua di antaranya ke dalam segelas air untuk rasa buah yang ringan.

Minuman herbal segar

Tambahkan segenggam rempah segar, seperti mint atau basil, ke dalam teko air dan biarkan meresap semalaman. Anda juga bisa memadukannya dengan beberapa irisan mentimun yang menyegarkan, yang mengandung Vitamin B dan C.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here