Merencanakan Makanan Sehat dan Diet Seimbang untuk Lansia

DANG MERDU – Merencanakan makanan untuk memenuhi kebutuhan diet adalah salah satu peran terpenting yang Anda miliki sebagai pengasuh full-time. Meskipun terkadang tampak sulit, ketiga langkah ini seharusnya membuat semuanya menjadi lebih mudah.

Langkah 1: Pahami Kebutuhan Nutrisi

Tidak ada aturan tegas dan cepat untuk perencanaan diet, karena kebutuhan berbeda-beda untuk setiap individu dan kondisi medis masing-masing. Umumnya, pendekatan yang baik melibatkan dengan mencari tahu dari dokter orang yang Anda cintai apa penyakit mereka, kemudian berbicara dengan ahli gizi untuk melihat apakah ada diet khusus yang diperlukan untuk menjaga kesehatan fisiknya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merencanakan makan.

  • Makanan, cairan dan obat: Selain dosis, jangan lupa untuk membaca petunjuk penggunaan pada label obat. Cari tahu dari dokter atau apoteker apakah obat akan diberikan dengan atau tanpa makanan, dan jika Anda perlu waspada terhadap interaksi obat-makanan seperti susu atau jus jeruk bali.
  • Penyakit kritis dan kronis: Kanker atau penyakit kronis yang berhubungan dengan kehilangan nafsu makan karena beberapa faktor seperti obat-obatan, kemoterapi, terapi radiasi, dan sedang berada di lingkungan rumah sakit. Konsultasikan dengan ahli gizi jika orang yang Anda cintai memiliki nafsu makan yang buruk dan/atau kehilangan berat badan secara tidak sengaja. Ahli diet dapat membantu Anda merencanakan diet yang tepat untuk mengelola penyakit orang yang Anda cintai.
  • Pembatasan diet: Mengkonsumsi jenis makanan tertentu bisa tidak membantu untuk kondisi medis tertentu. Jika salah satu orang yang Anda cintai hidup dengan kondisi diabetes misalnya, Anda perlu memperhatikan asupan karbohidrat nya. Anda juga akan perlu memodifikasi konsistensi makanan atau beralih ke makanan non-padat atau cair jika mereka memiliki kondisi kesulitan menelan. Sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dengan ahli gizi. Mereka dapat menggunakan bantuan dari profesional untuk membantu Anda mengatasi pembatasan diet dan tetap memastikan diet bergizi sesuai dengan pengelolaan penyakit orang yang Anda cintai.
  • Perubahan nafsu makan dan berat badan: Memantau dan mencatat penurunan atau penambahan berat badan secara konsisten dapat membantu karena fluktuasi ini dapat mengindikasikan perubahan kondisi medis. Perubahan terus-menerus mungkin memerlukan perhatian medis, jadi konsultasikan dengan ahli gizi atau beri tahu dokter tentang perubahan apa pun.

Baca Juga: Makanan untuk Kesehatan Rambut, Kulit dan Kuku

Langkah 2: Porsi Makan dan Catatan Makanan

  • Porsi Makan: aturan praktis dalam perencanaan makan adalah untuk porsi setengah piring dengan buah dan sayuran, seperempat dengan biji-bijian, dan seperempat lagi dengan daging atau makanan kaya protein lainnya. Terapkan aturan ini hanya jika orang yang Anda cintai tidak perlu mengikuti diet khusus atau pembatasan diet tertentu.
  • Catatan Makanan: mencatat apa dan berapa banyak yang telah dimakan dapat membantu. Jika orang yang Anda cintai dirawat di rumah sakit, rencana makan dapat berfungsi sebagai riwayat diet untuk membantu profesional medis dalam pemeriksaan mereka.

Langkah 3: Ubah Pola Pikir

Sebagai orang yang mengatur makanan dalam rumah tangga, ada penyesuaian gaya hidup yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk menghindari kelelahan di pihak Anda dan untuk menjaga kesehatan fisik orang yang Anda cintai.

  • Ingatlah untuk menghidrasi: penting untuk menghidrasi, tetapi mudah untuk dilupakan ketika Anda tidak dapat merasakan haus seperti orang yang Anda cintai. Air adalah pilihan yang lebih disukai, tetapi pastikan untuk dicatat untuk saran medis dari dokter atau ahli gizi sebagai kondisi medis tertentu mungkin memiliki pembatasan cairan atau mendorong cairan padat kalori (misalnya susu atau jus) daripada air putih.
  • Buat daftar periksa kelontong: mungkin Anda tergoda untuk membeli makanan tidak sehat seperti keripik atau permen saat berbelanja bahan makanan. Salah satu tips yang berguna adalah membuat daftar belanjaan dan menaatinya. Jika Anda membutuhkan makanan ringan, memilih makanan bergizi seperti buah dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan produk susu seperti yoghurt.
  • Jadikan pengalaman makan menyenangkan: makanan dapat memainkan peran besar dalam kehidupan seseorang dan tidak dapat menikmati makanan atau minuman favoritnya karena pembatasan diet tertentu dapat membuat mereka sengsara. Untuk mengatasi ini, temukan cara lain untuk membuat waktu makan menyenangkan. Misalnya, makan bersama keluarga, atau mencoba masakan berbeda dengan cita rasa baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here