3 Tips Kesehatan Penting untuk Lansia

DANG MERDU – Bertambahnya usia adalah bagian normal dari kehidupan dan penuaan akan mempengaruhi Anda secara fisik dan mental. Seiring bertambahnya usia, penting untuk terus mempraktikkan kebiasaan sehat yang akan membantu mengurangi stres dan menjaga kesehatan pikiran dan tubuh.

Meskipun Anda tidak dapat mengontrol segala sesuatu yang mempengaruhi kesehatan Anda, perlu diingat bahwa banyak hal ada di tangan Anda. Ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat yang hampir tidak memerlukan biaya apa pun dan dapat dilakukan sendiri atau bersama teman. Misalnya, Anda dapat memulai kelompok olahraga dengan tetangga dan melakukan aktivitas fisik setiap pagi. Berikut adalah beberapa tips kesehatan tentang cara untuk tetap lebih sehat, lebih kuat dan lebih bahagia di tahun-tahun emas Anda.

1. Buatlah Pilihan Gaya Hidup Sehat

Makan makanan yang seimbang dan sehat. Sudah cukup sering dikatakan, tetapi seiring bertambahnya usia, Anda harus menjadi lebih cerdas tentang cara makan yang lebih baik. Persyaratan diet dapat berubah karena kebutuhan energi Anda menurun, sementara kebutuhan Anda akan nutrisi, seperti protein, vitamin dan mineral, mungkin tetap sama atau bahkan meningkat seiring bertambahnya usia.

Beberapa cara untuk makan lebih baik termasuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, daging tanpa lemak, ikan dan unggas, beberapa produk susu seperti susu atau yoghurt, dan mengurangi lemak jika memungkinkan serta minum banyak air.

Pastikan Anda cukup tidur. Bangun dengan perasaan segar akan memungkinkan Anda menggunakan energi itu untuk keluar di siang hari dan melakukan hal-hal aktif. Anda akan dapat melakukan aktivitas dengan lebih baik dan tidur lebih nyenyak pada malam berikutnya. Secara keseluruhan, tingkat energi harian Anda akan meningkat.

Mimpi dan tidur nyenyak juga penting bagi otak Anda untuk membentuk ingatan, jadi tidur yang berkualitas memainkan peran penting dalam membantu Anda mengingat dan memproses sesuatu dengan lebih baik. Tidur juga merupakan waktu tubuh Anda memperbaiki dan memulihkan dirinya sendiri. Kurangi konsumsi alkohol dan merokok Anda. Jika memungkinkan, hilangkan semuanya.

Baca Juga: Tips Penuaan Sehat untuk Menua dengan Anggun

2. Tetap Seaktif Mungkin

Aktivitas fisik meningkatkan keseimbangan, koordinasi, pernapasan, sirkulasi dan ketajaman mental. Terlibat dalam latihan aerobik dan latihan kekuatan. Peningkatan stamina fisik membantu menjaga kesehatan tulang, otot dan persendian. Latihan untuk orang tua membantu mengontrol berat badan, menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung dan memperkuat otot, yang membantu Anda menghindari cedera dengan mengurangi kemungkinan Anda jatuh.

Olahraga teratur tidak perlu berat untuk mendapatkan manfaat kesehatan. Orang dewasa yang lebih tua dapat memperoleh manfaat kesehatan yang signifikan dengan aktivitas fisik dalam jumlah sedang, sebaiknya setiap hari. Jumlah aktivitas sedang dapat dicapai dalam sesi yang lebih lama dari aktivitas yang cukup intens (seperti berjalan) atau dalam sesi yang lebih pendek dari aktivitas yang lebih kuat (seperti jalan cepat atau menaiki tangga).

Berbagai olahraga dan latihan untuk manula yang patut dipertimbangkan termasuk jalan cepat, joging, yoga, bersepeda, berenang, dan tai chi. Latihan keseimbangan juga dapat dilakukan di rumah Anda sendiri untuk membantu meningkatkan kesehatan dan mobilitas. Kegiatan ini dapat dilakukan sendiri atau bersama orang lain, sebagai bagian dari olahraga yang dapat disesuaikan dengan gaya hidup Anda.

3. Jaga Agar Pikiran Anda Tetap Aktif

Lingkungan yang secara kognitif dan bahkan menantang secara sosial memfasilitasi dan meningkatkan kinerja kognitif. Sedangkan lingkungan yang memberikan sedikit stimulasi mengakibatkan kebosanan dan penurunan kognitif. Pada dasarnya, jangan takut dengan pengalaman baru, dan manfaatkan kesempatan untuk mempelajari hal baru. Ilmunya jelas, keterlibatan aktif dalam aktivitas rekreasi yang merangsang kognitif dikaitkan dengan fungsi memori yang lebih baik, penurunan depresi dan peningkatan kepuasan hidup, serta penurunan risiko demensia.

Interaksi sosial dan jejaring sosial menantang Anda untuk tetap berhubungan dengan masyarakat. Anak-anak Anda mungkin tumbuh dan pindah atau Anda mungkin kehilangan pasangan Anda. Kenali tetangga Anda dan penduduk lain di daerah tersebut dengan mengunjungi dan terlibat dengan berbagai kegiatan sosial masyarakat.

Mengolah berbagai kegiatan rekreasi, sosial, budaya dan spiritual dapat dilakukan sendiri, bersama anggota keluarga atau di masyarakat. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan termasuk memasak, berkebun, melukis, memelihara hewan peliharaan, melakukan pekerjaan sukarela atau bahkan mengambil pekerjaan paruh waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here