Tips Penuaan Sehat untuk Menua dengan Anggun

DANG MERDU – Penuaan adalah perjalanan yang lebih baik dibagikan, dan berbagi momen emas dengan orang-orang di sekitar Anda sangat berharga. Dari mengenang masa lalu yang indah hingga membahas cerita pada tahun-tahun di antaranya, ada bagian kehidupan seseorang yang dapat dihubungkan dengan keluarga dan teman. Mengukir waktu untuk bersosialisasi penting untuk  kesehatan mental seseorang, pada usia berapa pun. Jadi, daripada tinggal di rumah, mengapa tidak menjadikannya tujuan untuk tetap terhubung dengan teman lama atau mengenal teman baru lebih sering?

Manfaat Sosial Tetap Terhubung

Isolasi dan kesepian dikenal sebagai faktor risiko untuk kesehatan fisik dan mental yang buruk. Seiring bertambahnya usia, menjaga kalender sosial yang sehat penting untuk mencegah penyakit seperti depresi atau demensia. Bersosialisasi dapat membantu seseorang untuk tetap terlibat dalam komunitas dan terhubung dengan teman dan keluarga, termasuk berbagai manfaat kesehatan seperti:

Sistem kekebalan yang berfungsi lebih tinggi

Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrovert lebih kecil kemungkinannya terkena flu karena keterlibatan sosial terkait dengan sistem kekebalan yang lebih kuat, terutama untuk orang dewasa yang lebih tua.

Meningkatkan perasaan dan suasana hati

Tetap terhubung dengan orang lain dan terhubung kembali dengan teman-teman lama secara teratur dan konsisten membantu meningkatkan suasana hati dan mengangkat semangat kita, mencegah depresi. Jangan menunggu sampai Anda merasa sedih untuk menelepon teman Anda.

Resiko demensia lebih rendah

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki kehidupan sosial yang aktif dan terintegrasi di bagian akhir hidup Anda dapat melindungi Anda dari demensia. Secara umum, orang yang lebih banyak bersosialisasi cenderung melakukan tes memori dan keterampilan kognitif lainnya lebih baik daripada mereka yang terisolasi secara sosial dan yang tidak memperluas lingkaran sosialnya. Bagi mereka yang hidup dengan kondisi medis kronis, membentuk jaringan sosial dan saling mendukung sangat bermanfaat untuk pengelolaan penyakit mereka.

Baca Juga: Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Umum pada Lansia

Ide untuk Kegiatan Sosial

Siap bersosialisasi? Temukan cara baru untuk memperluas lingkaran sosial Anda dan segeralah mulai! Anda dapat mengumpulkan teman-teman lama dan mengatur reuni sekolah menengah, memulai band musik, klub catur, atau komunitas membaca sambil mempelajari beberapa keterampilan. Berikut adalah beberapa ide untuk memulai brainstorming Anda.

Atur reuni sekolah untuk berhubungan kembali dengan teman lama

Apakah sudah 50 tahun sejak Anda lulus dari sekolah menengah, sekolah menengah pertama atau universitas? Mengapa tidak berhubungan kembali dengan teman sekelas Anda dan mengatur reuni? Ini bisa berupa acara resmi yang diselenggarakan bersama almamater Anda atau sekadar acara informal sambil makan malam dan kumpul-kumpul. Kesempatan untuk mengenang, tertawa bersama, dan berbagi kisah hidup sangat berharga. Anda dapat terhubung kembali dengan teman lama melalui jejaring sosial online Facebook atau dengan melakukan perjalanan ke almamater/lingkungan lama Anda.

Nyalakan kembali gairah anda untuk musik

Musik tidak hanya memiliki manfaat terapeutik, tetapi juga mendekatkan orang-orang dengan minat yang sama. Atur kompetisi karaoke misalnya atau membentuk band baru dan bermusik. Musik adalah cara yang menyenangkan dan merangsang untuk menghabiskan waktu bersama teman-teman. Mempelajari keterampilan baru seperti mempelajari alat musik merangsang berbagai neuron otak dan juga membantu mencegah demensia.

Mainkan game dan perluas lingkaran sosial Anda

Adu akal Anda satu sama lain dan tetap aktif secara mental dengan terlibat dalam aktivitas sosial dan permainan yang membutuhkan upaya mental. Permainan seperti catur, permainan kartu menantang otak karena membutuhkan strategi, memori, dan pemecahan masalah. Anda tidak hanya akan tetap aktif di usia tua tetapi juga memperluas lingkaran sosial Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here