Cara Mengatasi Masalah Kesehatan Umum pada Lansia

DANG MERDU – Apa saja masalah kesehatan umum yang kita hadapi seiring bertambahnya usia? Bagaimana cara mengelolanya dengan baik agar kita bisa menikmati tahun-tahun emas kita? Pelajari lebih lanjut tentang masalah dan solusi kesehatan usia tua. Dengan standar hidup yang lebih tinggi dalam masyarakat kita dan sistem perawatan kesehatan yang terus meningkat, harapan hidup orang telah meningkat dari 73 tahun pada tahun 1990 menjadi 82 tahun pada tahun 2012.

Generasi baby boomer pertama kita juga telah mencapai usia pensiun sekarang. Baby boomer ini dilengkapi dengan tingkat melek huruf yang lebih tinggi, dipersenjatai dengan pekerjaan dengan keterampilan yang lebih tinggi dan menjalani kualitas hidup yang lebih baik. Namun, hidup lebih lama mungkin tidak sama dengan gaya hidup sehat dan aktif.

Seiring bertambahnya usia, wajar untuk mengkhawatirkan kesehatan kita karena ada segudang masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi dan kondisi kesehatan jangka panjang lainnya yang harus dihentikan. Beberapa masalah kesehatan umum yang dihadapi lansia antara lain:

  • Radang sendi
  • Penyakit jantung
  • Kanker
  • Penyakit Pernafasan
  • Penyakit alzheimer
  • Osteoporosis
  • Diabetes
  • Air terjun
  • Kegemukan
  • Depresi

Dengan strategi yang tepat dan intervensi dini oleh Terapis, orang tua dengan keterbatasan fisik dapat diberdayakan untuk menjalani kehidupan yang memuaskan dengan keterlibatan aktif dan partisipasi dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga: Nutrisi untuk Lansia di Masa Emasnya

1. Mendesain Ulang Rutinitas Harian Mereka

Untuk membantu manula kita tetap aktif secara fisik dan mandiri, penting untuk membuat perubahan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Ini termasuk perencanaan setiap hari dengan fokus pada penyelesaian tugas dengan prioritas lebih tinggi. Ini membantu mereka mempertahankan rasa kontrol yang kuat dalam hidup mereka.

Di dunia kita yang sibuk, seringkali ada terlalu banyak hal yang harus diselesaikan dalam batas waktu sehari. Waktu harus disisihkan, untuk membuat daftar tugas yang ingin dicapai dan memprioritaskannya. Ini membantu mengurangi stres serta merayakan pencapaiannya. Misalnya, tugas-tugas penting harus diselesaikan pagi-pagi sekali, ketika energi seseorang berada pada tingkat prima. Ini diikuti oleh tugas-tugas yang kurang penting. Memasukkan istirahat yang sering dalam jadwal harian juga membantu memastikan bahwa tingkat energi dapat bertahan lebih lama.

2. Merancang Kehidupan Sehari-hari yang Lebih Mudah

Ada banyak cara untuk mendorong manula dengan keterbatasan fisik untuk terlibat dalam aktivitas sehari-hari.

Menggunakan pegangan buatan secara custom pada peralatan makan dapat membantu mereka yang kesulitan melakukan makan sendiri. Barang-barang seperti spons bergagang panjang, kancing, dan shoehorn dapat digunakan untuk mandi dan berpakaian. Peralatan ini memungkinkan manula dengan kekakuan batang tubuh atau ekstremitas atas untuk melakukan tugas sehari-hari dalam posisi duduk dengan aman.

Mesin cuci bukaan depan dan rak cucian portabel dengan ketinggian rendah mendorong kemudahan pengelolaan cucian. Reposisi microwave dan kompor ke ketinggian yang lebih rendah juga membantu persiapan makanan sederhana untuk manula di kursi roda.

3. Meningkatkan Penglihatan

Dengan penglihatan yang berkurang , font yang lebih besar harus digunakan untuk membantu manula kita membaca dengan lebih baik. Ini termasuk memberi label ulang dan memperbesar tanggal kedaluwarsa pada makanan dan obat-obatan, serta menggunakan telepon atau sakelar lampu dengan nomor atau tombol yang diperbesar. Penggunaan bantuan seperti dapat membantu mereka dengan membaca koran dan label lainnya.

Pencahayaan yang baik di seluruh rumah, seperti lampu malam di sepanjang tangga, kamar tidur dan toilet memungkinkan orang yang kita cintai untuk bergerak dengan aman dan mandiri melalui ruang hidup mereka. Penggunaan kontras yang tepat, seperti menyorot tepi lorong dan tangga dengan fluoresen atau cat, juga dapat meningkatkan kesadaran mereka akan kemungkinan bahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here