Bagaimana Saya Membatasi Waktu Layar untuk Anak Saya?

DANG MERDU – Ketika anak-anak kita “terpaku” pada layar gadget-nya, bagaimana kita menetapkan batas waktu dan mendorong anak-anak kita untuk melakukan aktivitas lain? Pertanyaannya: Anak saya terpaku pada layarnya dan tidak ada yang bisa saya lakukan untuk menghentikannya.

Berapa Banyak Waktu Layar yang Sehat untuk Anak-Anak?

Anak-anak berusia 1,5 hingga 3 tahun tidak boleh memiliki waktu layar pasif tanpa pengawasan lebih dari 1 jam sehari. Waktu layar pasif ini mengacu pada melihat layar tanpa melihat bersama dan melalui interaksi orang dewasa.

Mengapa Kita Perlu Membatasi Waktu Layar untuk Anak-Anak?

Meskipun ada manfaat pendidikan menggunakan teknologi, terlalu banyak waktu layar dapat menyebabkan ketegangan mata dan masalah kesehatan lainnya.

Bagaimana Kita Membatasi Waktu Layar untuk Anak-Anak?

Tetapkan beberapa aturan dasar tentang penggunaan waktu layar dalam keluarga (dan patuhi itu!) agar anak Anda tidak terpaku pada layar terlalu lama. Berikut adalah beberapa tips untuk membatasi waktu layar untuk anak Anda.

1. Tetapkan Aturan tentang Durasi Layar

Ini adalah hal pertama yang perlu dilakukan orang tua sebelum menyerahkan remote TV atau perangkat elektronik apa pun dengan layar kepada anak Anda. Anak Anda harus tahu berapa banyak waktu layar yang diizinkan ketika diizinkan, dan di mana itu diizinkan.

Misalnya, jika anak Anda berusia tiga tahun, ia hanya dapat memiliki, paling banyak, satu jam waktu layar pasif per hari. Anda bisa membiarkan dia menghabiskan 30 menit menonton TV di pagi hari dan kemudian 30 menit lagi di sore hari melalui gadgetnya.

Tetapkan aturan waktu layar untuk anak-anak yang lebih besar di rumah juga. Jika mereka sudah cukup besar, jelaskan kepada mereka bahwa terlalu banyak waktu layar untuk anak-anak menyebabkan masalah kesehatan.

Baca Juga: Kegiatan Keluarga yang Menyenangkan untuk Anak Usia 6 Tahun

Setelah Anda menetapkan aturan ini dan menjelaskannya kepada anak Anda, pastikan aturan itu diterapkan secara konsisten. Mungkin Anda tergoda untuk menyerah pada air mata dan permohonan anak Anda untuk bermain game selama sepuluh menit lagi. Tetapi Anda akan mendapati diri Anda kalah melawan waktu layar untuk anak setiap kali Anda menyerah.

Jika Anda memiliki kakek-nenek atau pembantu rumah tangga yang merawat anak Anda, pastikan bahwa mereka juga mengetahui peraturan tersebut, dan mintalah bantuan mereka untuk menegakkan peraturan Anda dengan ketat.

2. Gunakan Kontrol Orang Tua untuk Membatasi Waktu Layar

Gunakan teknologi untuk keuntungan Anda. Saat ini, banyak perangkat dilengkapi dengan pengaturan kontrol orang tua yang membantu orang tua memantau dan mengontrol jumlah waktu layar anak mereka. Anak Anda tidak akan dapat lagi menggunakan perangkat elektronik setelah batas waktu yang Anda tetapkan untuknya habis.

3. Tawarkan Aktivitas Alternatif

Seorang anak membutuhkan setidaknya tiga jam aktivitas fisik dalam sehari. Anak-anak suka bermain, jadi dorong anak Anda untuk pergi keluar dan bermain. Cara terbaik untuk membuat anak Anda berpaling dari layar dengan sukarela adalah dengan menawarkan aktivitas yang sama-sama menyenangkan dan mengasyikkannya bermain dengan gadget.

Ajak anak Anda jalan-jalan di taman atau atur piknik di pantai. Perkenalkan anak Anda pada permainan yang biasa Anda mainkan saat kecil kelereng. Jika di tengah hari saat matahari terlalu panas untuk berada di luar, coba mainkan permainan papan klasik seperti Monopoli atau ular tangga, atau bacakan buku untuk anak Anda.

Anda juga dapat mengajak anak Anda bermain dengan anak-anak lain sehingga ia dapat belajar bagaimana berteman dan berinteraksi dengan orang lain. Beri tahu mereka bahwa ada banyak kesenangan dalam aktivitas lain, dan tidak hanya di depan layar gadget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here