Penyebab Motor Sering Brebet, Apa Karena Kurang Perhatian
Penyebab Motor Sering Brebet, Apa Karena Kurang Perhatian

Bagi sebagian besar orang Indonesia sepeda motor yang berfungsi sebagai kendaraan sehari-hari. Sering kali pemilik motor yang lupa atau abai soal perawatannya. Kurangnya perawatan menjadi pemicu awal motor jadi brebet saat digunakan.

Pada sepeda motor, banyak komponen dan juga part yang harus bekerja dengan keras saat mesin mulai dinyalakan. Karena digunakan dengan terus-menerus sehingga kinerja dari beberapa komponen dapat menurun kemampuannya. Brebetnya motor sebagai penanda kalau beberapa komponen mulai bermasalah.

Gejala lain bisa muncul saat motor sedang berjalan dan grip pada gas mulai diputar lebih dalam tapi tarikan motor terasa tersendat dan dibeberapa kasus motor justru mati dan mogok. Bisa dibayangkan betapa bahayanya jika kendaraan sedang menyalip ditengah jalan raya tiba-tiba mesin brebet apa yang akan terjadi.

Baca juga : Tips Merawat Mobil Tua

Penyebab motor brebet secara umum bisa dikarenakan oleh perbandingan komposisi pada ruang bakar tak sesuai dengan standar. Karena jenis bahan bakar yang kurang sesuai sehingga membuat pembakaran mesin kurang sempurna.

Adapun penyebab lainnya agar dapat diketahui dan dapat dilakukan penanganan dengan segera apabila terdapat gejala serupa. Cara ini juga bisa digunakan sebagai bentuk pencegahan. Dan apa saja kah penyebabnya? Mari kita simak ulasan berikut.

Bahan Bakar Tak Sesuai

Penyebab umum yang kerap terjadi ada pada penggunaan bahan bakar yang tak sesuai. Dengan alasan agar lebih hemat banyak pengendara yang menggunakan bahan bakar yang tak sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pabrik.

Motor ngadat bisa terjadi karena knocking pada mesin yang menyebabkan motor brebet. Oleh karena itu coba cari tahu kompresi mesin motor dan apa bahan bakar yang sesuai dan direkomendasikan oleh pabrikan.

Busi Mulai Soak


Penyebab lainnya yang buat motor jadi ngadat dikarenakan busi yang mulai lemah sehingga aliran setrum tak dapat dikonversi dengan sempurna dan menimbulkan lentika api pada ruang bakar. Pembakaran yang kurang optimal disebabkan oleh api yang melemah sehingga muncul lah gejala brebet.

Jika busi kotor dan terlalu regang atau bahkan mengalami kerusakan maka, pembakaran diruang mesin akan menjadi kurang sempurna.

Bersihkan busi terlebih dahulu hingga bersih apabila terdapat banyak jelaga hitam, kemudian pasang kembali. Dan apabila masih juga bermasalah sebaiknya busi diganti dengan yang baru sebelum dipasang kembali. Pada saat mengganti pastikan dipilih dengan tipe yang lebih dingin seperti NGK7 diganti dengan angka 8 atau 9 agar busi dingin lebih lama lagi.

Kotornya Filter Udara

Seiring pemakaian, lama-kelamaan filter udara menjadi kotor karena debu yang masuk ke dalam ruang bahan bakar melalui penyaring debu. Debu yang dibiarkan menumpuk pada penyaring udara membuat celah udara pada filter jadi mampet. Sehingga karbulator atau injector tidak dapat menghisap udara dengan optimal.

Air dan Kotoran Masuk ke Tangki

Jika memang benar terdapat air di dalam tangki, mau tidak mau pengurasan pada tangki harus dilakukan. Akibat air yang tercampur dengan bensin, bahan bakar yang masuk kedalam ruang pembakaran kan menjadi sedikit.

Pembakaran tidak terjadi dengan sempurna biasanya selain menguras tangki, anda juga harus membersihkan atau mengganti filter bensin yang telah kemasukan air.

Apabila tangki terdapat kotoran atau endapan air yang dibiarkan akan menimbulkan kerak sehingga dapat menyumbat bahan bakar yang disalurkan ke injektor atau karbulator.

Tak Sesuainya Setelan Klep dan Stasioner

Tarikan motor juga bisa jadi brebet apabila stasioner atau longam motor yang kekecilan. Yang disebabkan oleh campuran udara dan bensin di karburator atau injector kurang pas, apabila anda tidak dapat menentukan settingan yang pas dalam stel stasioner, sebaiknya serahkan saja kepada mekanik langganan pada saat kebengkel motor.

Penyetelan tersebut dapat dilakukan sendiri, apabila anda mempunyai pengalaman atau perhitungan dalam memperkirakan berapa putaran yang tepat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here