Musim Hujan, Begini Cara Merawat Cat Body Mobil Tetap Kinclong
Musim Hujan, Begini Cara Merawat Cat Body Mobil Tetap Kinclong

Memasuki musim hujan menjadi tuntutan bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan, karena bagian cat  pada mobil akan menjadi kusam akibat jamur jika terlalu sering kena air hujan belum lagi karat yang sangat ditakutkan pemilik mobil.

Merawat mobil saat musim hujan dapat dilakukan dengan mudah, berikut ada beberapa hal yang harus dilakukan :

Merawat Mobil pada Musim Hujan

Menghindari Air Hujan

Maksud dari menghindari air hujan itu menunggu sampai hujan reda barulah melakukan perjalanan, tujuannya supaya body mobil tak kena air hujan secara langsung. Hal ini dikatakan dapat menjadi salah satu tindakan prevetif yang dapat dilakukan untuk menghindari air hujan, walau tak terkena secara langsung tetap saja ada resiko lain terutama pada bagian kolong mobil akan tetap kotor dan berpasir.

Jangan Biarkan Air Hujan Mengering

Jangan biarkan sisa air hujan mengering dengan sendirinya, hal tersebut sangat dihindari. Setelah terkena air hujan, sebisa mungkin dibilas dengan air bersih karena, kandungan asam yang terdapat pada air hujan dapat menyebabkan timbulnya jamur sehingga membuat body mobil menjadi kusam.

Pakai Sabun Khusus

Tak sedikit pemilik mobil menggunakan sabun apapun untuk mencuci mobil diantaranya sabun pencuci pakaian ataupun pencuci piring.

Baca juga : Tips Merawat Mobil Tua

Padahal penggunaan kedua sabun itu tidak dianjurkan untuk mencuci body mobil, biasanya kedua sabun tersebut memiliki ph dibawah 7 dimana cukup asam body kendaraan, ph yang disarankan itu diatas 7 seperti pada sabun khusus pencuci body mobil. Itu sebagai alasan kenapa sabun tersebut memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan sabun pencuci piring dan sabun lainnya. Dan jika penggunaan sabun cuci piring dan sejenisnya secara berkala, cat dapat berubah menjadai kusam atau berwarna lebih kuning dari biasa.

Gunakan Wax

Gunakan pula wax untuk melindungi body mobil saat terkena hujan, tujuannya agar menjaga lapisan cat dari guyuran hujan. Sehingga dapat memberikan efek daun talas agar air hujan tidak dapat menempel pada body mobil.

Lap Sampai Kering

Pastikan melakukan pengelapan hingga benar-benar kering  jika selesai membilas atau mencuci mobil, dengan tujuan untuk meminimalisir timbulnya jamur. Lakukan pengelapan hingga ke sela-sela body mobil hingga kering, agar tak masuk hingga kebagian mesin. Dan usahakan pula menggunakan kain berbahan microfiber atau chamois yang bersih.

Bersihkan Bagian Kolong Mobil

Bersihkan pula bagian kolong mobil dengan cara menyemprotnya menggunakan selang dan  pakailah air yang bersih, atau jika dirasa sulit anda bisa datang ketempat cucian mobil yang menggunakan hidrolik.

Agar tak menimbulkan karat, bagian bawah mobil juga harus dibersihkan. Sebab, suspensi yang bersih dan terhindar dari kotoran akan menjadikannya tetap awet sehingga dapat berumur lebih panjang dibanding dengan suspensi yang kotor dan tak terawat.

Menghindari Genangan Air

Jika terdapat genangan air saat melintas, sebaiknya dihindari dibandingkan  harus menerobosnya saat menggunakan mobil. Apabila memang tak dapat dihindari, sebaiknya gunakan saja kecepatan yang rendah karena tak dapat dipastikan genangan tersebut dalam atau tidaknya. Jangan gunakan kecepatan berlebih saat melintasi genangan air karena dapat berpotensi terjadinya kecelakaan akibat dari aquaplaning. Terkecuali pembalap reli yang memang diharuskan untuk melintasi berbagai kontur jalanan dengan kecepatan tinggi. Dan perlu diketahui pula jika biaya yang harus dikeluarkan  untuk melakukan perbaikan mobil harian tidak sedikit, jadi perlu dipikirkan kembali.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here