Apakah Isuzu Traga Blind Van adalah Saingan dari Grand Max?
Apakah Isuzu Traga Blind Van adalah Saingan dari Grand Max?

Isuzu Astra Motor Indonesia atau disingkat dengan (IAMI) merupakan agen pemegang Merek (APM) dari kendaraan Isuzu di Indonesia telah merilis Traga Blind Van. Di desain khusus untuk para pengusaha dibidang pengiriman barang, mobil tanpa kaca jendela belakang ini sengaja dihadirkan untuk menjadi pilihan tambahan. Dimana kita ketahui belakangan ini kalau aktifitas belanja online semakin mengalami peningkatan, yang berimbas kepada banyaknya barang yang harus dikirimkan kepada pembeli.

Dengan adanya fenomenda tersebut, Isuzu Indonesia menyadari betul jika proes pendistribusian barang membutuhkan kendaraan dengan ruang karo yang luas dan tentunya dapat dihandalkan. Hal tersebut yang menjadi alasan terlahirnya Isuzu Traga Blind Van.

Baca juga : Penyebab Mobil Berdecit

Apa yang dilakukan oleh Isuzu Indonesia  telah menjawab kebutuhan dari konsumen dan para pelaku usaha pengiriman barang. Kata Arvin Sumbung selaku  Product Marketing CV & LCV Manager dari PT IAMI pada saat acara peluncuran tersebut berlangsung.

Dimana jauh sebelum Traga Blind Van masuk kita ketahui sudah ada beberapa APM yang telah memasarkan produk dengan model yang tak jauh berbeda dengan Traga Blind Van, salah satu diantaranya adalah Daihatsu Grand Max Blind Van misalnya. Hanya saja, seperti yang dikatakan bahwa niat dari Isuzu menghadirkan model terbarunya itu bukan untuk bersaing dengan produk sejenis terdahulunya, melainkan memberikan pilihan baru bagi para konsumen.

Apakah Isuzu Traga Blind Van adalah Saingan dari Grand Max?
Apakah Isuzu Traga Blind Van adalah Saingan dari Grand Max?

Terdapatnya potensi market baru dimana pola masyarakat yang banyak beralih ke belanja online lah yang dirasa perluny kendaraan blind van dengan muatan yang lebih banyak. Sehingga perusahaan yang menjalankan usaha pengiriman barang tak lagi membutuhkan banyak armada jika menggunakan Isuzu Traga Blind Van kerena mobil tersebut bisa membawa barang muatan yang lebih banyak dibandingkan dengan kendaraan sekelasnya yang ada dipasaran. Menurut Arvin  bahwa, memang tidak langsung menargetkan sebagai pesaing dengan Grand Max, Kami hanya berusaha melihat dari potensi pasar yang ada.

Pintu Model Swing

Tak mengikuti para pendahulunya, beberapa mobil dengan model blind van yang telah dipasarkan di Indonesia mengusung power sliding door atau yang dimaksud dengan pintu model geser yang ada disisi kanan atau pun kiri. Berbeda dengan Isuzu Indonesia yang lebih memilih untuk mengadopsi pintu dengan model swing pada Isuzu Traga Blind Van.

Apakah Isuzu Traga Blind Van adalah Saingan dari Grand Max?
Apakah Isuzu Traga Blind Van adalah Saingan dari Grand Max?

Meski dengan mengusung pintu model tersebut, lebar bukaan bisa mencapai hingga 1 meter, yang membuat pengemudi tak kesulitan dalam melakukan aktifitas keluar masuk barang yang dilakukan ke dalam kargo apalagi dengan ukuran yang terbilang kecil.

Dan jika barang berukuran yang cukup besar dapat dimasukkan melalui pintu belakang.

“Apabila menggunakan pintu geser, maka ukuran bukaan tidak akan mencapai 1 meter dan dilihat ke beberapa konsumen membutuhkan blind van dengan bukaan pintu yang lebar hingga mencapai 1 meter” ujar Arvin.

Namun, ungkapnya lagi. Tak menutup kemungkinan pula jika ke depannya akan ada produk-produk baru yang akan mengadopsi dengan model pintu serupa.

Sebagaimana diketahui dimensi dari Isuzu Blind Van memiliki dimensi panjang kargo mencapai 2,9 m, lebar 1,52 m dan tingginya hingga 1,2 m. Dimana ukuran dari ruang kargonya diklaim sebagai yang terluas dikelasnya, dengan volume 5,2 m3 yang mampu mengangkut barang lebih banyak. Sehingga akan lebih menguntungkan dan juga menghemat biaya operasional pada saat proses pengiriman.

Diketahui, mobil tersebut dibekali dengan mesin diesel 4JA1-L dengan kapasitas 2500 cc yang telah terbukti memiliki tenaga yang cukup besar, handal juga irit bahan bakar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here