Tips Merawat Mobil Tua
Tips Merawat Mobil Tua

Belakangan, ramai orang ingin melakukan pemeliharaan terhadap mobil tua tak hanya sekedar hobi, melainkan juga untuk investasi. Tak sedikit dari mereka yang merasa bingung bagaimana cara merawat mobil tua tersebut. Argument tentang mobil tua yang kerap mogok dapat dibantah karena masih banyak pemilik mobil tua yang menggunakannya sebagai mobil untuk penggunaan harian.

Hal tersebut perlu diperhatikan agar mobil tua tetap dalam keadaan prima dan tak kalah dengan mobil baru lainnya. Bagaimana melakukan perawatannya, berikut sedikit tips cara merawatnya.

Cara Merawat Mobil Tua

Lakukan Peremajaan Komponen Pada Mobil

Hal yang wajib dilakukan yaitu peremajaan pada komponen atau dengan mengganti komponen lama yang sudah rusak dengan yang baru. Misalnya dengan mengganti sistem pendingin mesin, kaki-kaki mesin dan lainnya. Dengan tujuan selain kondisi mobil tetap terjaga juga dapat memberikan kenyamanan saat mobil digunakan. Umumnya dilakukan penggantian dikarenakan usia dari komponen tersebut yang menyebabkan kerusakan dan dikatakan wajar..

Ganti Oli Secara Rutin

Biasanya pemilik hanya melakukan penggantian pada oli mesin saja, padahal masih ada oli lainnya yang harus diganti secara rutin. Diantaranya oli gardan,  transmisi dan minyak rem. Tujuannya agar performa mobil tetap terjaga.

Baca juga : Apakah Isuzu Traga Blind Van adalah Saingan dari Grand Max?

Terlebih jika baru membelinya, hal tersebut wajib dilakukan dengan tujuan untuk mengingat kapan terakhir kali melakukan penggantian oli.

Periksa Sistem Pendingin Mesin

Masalah lain yang kerap terjadi pada mobil tua apa pada sistem pendingin mesin. Tak sedikit ditemukannya kasus mobil tua yang mogok karena overhead (terlalu panas) pada mesin.

Agar tak terjaadi, ada baiknya untuk memeriksa sistem pendingin mesin secara berkala atau lebih baik lagi diganti secara total pada sector ini.

Bagian penting untuk dilakukannya pengecekan/penggantian  adalah thermostant, extra fan, radiator, selang radiator dan sensor yang berhubungan dengan sistem pendinginan.

Bersihkan Jalur Bensin

Sebaiknya lakukan pengecekan dan pembersihan pada jalur bensin atau bahan bakar secara menyeluruh, dengan tujuan untuk melancarkan suplay bahan bakar. Hal tersebut lumrah dilakukan untuk mobil tua agar terhindar dari mogok karena bahan bakar yang tercampur dengan kotoran. Kuras tangki BBM, karena pada mobil tua biasanya terdapat endapan dan kotoran yang mengakibatkan mobil mogok. Bersihkan injector atau karburator,  mengganti filter bensin dan ganti pompa bahan bakar juga. Mesin akan menghasilkan awetnya masa pakai dan performa yang baik jika bahan bakar yang masuk juga bersih.

Cek AC Mobil

AC juga penting untuk menciptakan kenyamanan saat berkendara, terlebih disiang terik tiba-tiba AC mati saat berkendara. Agar hal tersebut tidak terjadi, penting dilakukannya pengecekan AC secara berkala, cara mudah melakukan perawatannya dengan rutin menguras Freon dan oli kompresor.

Umumnya menganggap jika AC masih terasa dingin itu tidak perlu di cek, padahal pengecekan secara berkala agar kondisi AC tetap dalam kondisi yang baik. Dan apabila sudah terjadi kerusakan, biaya perbaikan justru cukup menguras kantong.

Cek Kelistrikan

Idealnya kelistrikan pada mobil memiliki tegangan lebih kurang 12,3-14 volt, ada yang bermasalah pada kelistrikan  jika angka tersebut lebih ataupun kurang. Perlu dilakukan pengecekan pada bagian aki atau alternator sebagai penghasil listrik pada mobil. Apabila altor lemah umumnya tegangan akan berkurang saat lampu dan AC menyala. Dan bagaimana cara mengetahui adanya masalah pada kelistrikan?

Dengan kondisi menyala, cek bagian aki menggunakan voltmeter. Perhatikan tegangan mobil dengan atau tanpa beban. Tanpa beban, idealnya mobil berada 13-14 volt. Dan ketika ditambah beban seperti dinyalakan AC, lampu, wiper dan sebagainya pastikan beban tidak dibawah 12 volt. Ideal pada saat beban penuh tegangan adalah 12,5 volt. Jika berada diatas itu maka lebih baik pula.

Tips Merawat Mobil Tua, Yang Rutin Dikendarai

Merawat mobil tua tak harus dengan hanya membiarkannya selalu berada di garasi, anggapan tersebut salah. Minimal mobil harus digunakan 1 minggu sekali. Apabila dibiarkan saja pada garasi justru memperburuk kondisinya. Mobil yang rutin dipakai justru akan memiliki banyak manfaat antara lain saat mobil dijalankan altor akan mengisi dengan sempurna. Tidak terjadinya flat spot dan ban tetap lentur, AC dan pendingin mesin bekerja dengan maksimal. Mobil tua kini dikategorikan sebagai mobil hobi, setidaknya pada akhir pekan mobil diwajibkan keluar untuk pemanasan.

Itulah tadi beberapa tips cara merawat mobil tua yang dapat dilakukan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here