Penyebab Mobil Berdecit
Penyebab Mobil Berdecit

Patut diwaspadai oleh setiap pemilik mobil jika terdengar bunyi berdecit pada roda mobil. Sebagian orang mungkin belum tau apa penyebab dari bunyi tersebut, jika terdengar suara berdecit pada mobil, mobil terdapat masalah kerusakan baik didalam ataupun luar komponen mobil tersebut.

Saat menggunakan kendaraan tersebut terdengar bunyi berdecit pada roda belakang, ada beberapa hal kemungkinan terjadi, antara lain kotornya kampas rem, tekanan angin pada ban berkurang dan lain sebagainya.

Baca juga : Kekurangan Dan Kelebihan Mesin Turbo Yang Harus Diketahui

Dan jika bunyi berdecit terdengar pada mobil yang baru dinyalakan bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh sabuk mobil tersebut. Fungsi belt sebagai pemutar komponen pada mesin, misalnya pompa oli, kompresor AC, water pump, kipas pendingin radiator dan lain sebagainya.

Mulai dari mesin dihidupkan sampai dimatikan komponen-komponen pada belt ini bekerja terus-menerus sehingga membuat umur belt dinilai cukup singkat.

Komponen tersebut pun sering terkena kerikil, lumpur atau cipratan air yang menjadikan bunyi berdecit pada roda mobil, hal tersebut dikarenakan letaknya dengan mesin pulley yang cukup terbuka.

Penyebab Roda Mobil Berdecit

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa penyebab dari roda mobil terdengar suara berdecit.

Kotornya Kampas Rem

Hal tersebut dikarenakan desain dari jenis rem cakram yang terbuka, sehingga kotoran dari luar dapat masuk ke kampas rem yang mengakibatkan kampas rem berdebu hingga berkerak. Hal tersebut yang menyebabkan bunyi seperti “ciiit-ciiit”  pada roda saat rem diinjak.

Jika hal tersebut terjadi, disarankan untuk segera melakukan pembersihan pada kampas rem agar gesekan antara kampas rem dan kotoran tak terjadi setelah kotoran yang menempel hilang.

Tak Seimbangnya Sudut Roda Pada Mobil

Ketika mobil masih di pabrik, sudut roda mobil seperti chamber, caster, toe in/toe out sudah di set sedemikian mungkin hingga pas. Sering digunakan sudut tersebut dapat bergeser sehingga dapat menyebabkan perubahan pada sudut belok pada mobil. Sehingga terdengar bunyi berdecit pada roda yang terjadi akibat gesekan antaran ban dan aspal yang lebih besar dari biasa, angin ban mobil juga bisa habis karena sudut roda yang tak sesuai sehingga perlu pengecekan angina dan memperhatikan ukuran dari ban yang digunakan.

Keringnya Per daun

Per yang memiliki lempengan panjang seperti daun pandan ini berada disamping roda mobil dan terbilang cukup kuat.

Sehingga per tersebut hanya dijumpai pada kendaraan besar seperti truk atau mobil niaga dan beberapa mobil keluaran dibawah tahun 1990 an.

Jumlah per daun disesuaikan dari besarnya bobot tersebut. Untuk jenis mobil niaga biasanya bunyi berdecit pada roda tersebut bisa disebabkan karena kurangnya pelumas pada per daun yang menjadikannya kering.

Kurangnya Tekanan Angin Ban

Tekanan angin pada ban yang tak sesuai dan besarnya gesekan antara permukaan ban aspal dapat menjadi sumber dari bunyi berdecit pada roda mobil. Jika mendengar suara tersebut, sesuaikan tekanan angin sesuai standar terlebih dahulu.

Hal lain dikarenakan compound ban yang lunak, hal tersebut juga dibutuhkan karena daya cengkram ke aspal semakin baik. Disisi lain, beresiko lebih cepat terkikisnya sehingga menimbulkan friksi yang besar antara ban dengan aspal. Jadi lebih baik compound ban hanya digunakan pada kondisi jalan yang basah saja.

Beberapa penyebab lain terjadia bunyi berdecit saat mobil berbelok.

Bersuspensi MacPherson

Dikatakan salah satu dari kelemahan mobil bersuspensi MacPherson adalah terdengar suara tek-tek saat mobil berbelok. Dikarenakan mobil bersuspensi tersebut hanya memiliki satu arm. Jadi saat berbelok terjadi perubahan pada sudut camber.

Tidak Menggunakan Sudut yang Tepat

Pada saat berbelok bunyi cit cit pun dapat terjadi dikarenakan sudut yang kurang tepat pada roda mobil. Masalah tersebut juga disebut dengan spooring.

Hal tersebut juga dapat disebabkan karena toe-in yang tidak tepat atau disebut rolling camber. Tetapi sebaiknya harus dipahami betul asal dan gejala dari bunyi tersebut terlebih dahulu agar tidak salah dalam penanganan.

Untuk mengetahui apa penyebabnya lebih mendalam, dapat dilakukan pemeriksaan di bengkel mobil terdekat yang sudah terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here