Dangmerdu – Dalam pembangunan rumah produksi edukasi dan produksi lele saat ini yang ada di Kelurahan Maharatu RW 03 sudah mulai mencapai 90 persen.

Disampaikan langsung oleh Kepala Perkim Kota Pekanbaru, Ardhani kepada awak media bahwa melalui Kepala Bidangnya Kawasan Permukiman Bapak Suryana Hakim, pada Jumat (22/10), pembangunan dari rumah produksi edukasi dan produksi lele ini bertujuan dalam mengembangkan ekonomi masyarakat.

“Desain perencanaan dan pengembangan livelihood atau mata pencaharian, sesuai dengan visi misi dalam pengembangan ekonomi. Visinya kehidupan yang sejahtera bagi seluruh anggota kelompok usaha yang saat ini ditopang kehidupan berkelanjutan. Kemudian tersedianya juga langsung tempat pengelolaan dan budidaya lele.

Misinya, yaitu dalam menjadi kelompok usaha yang mandiri, yang memiliki daya saing dan berkelanjutan pada bidang budidaya lele yang produktif dan juga efisien. Tertatanya tempat lokasi budidaya dan juga sebagai lokasi destinasi wisata dalam pengembangan kedepan yang juga terkait pengembangan lele dan produk turunannya,” jelas Suryana.

Lanjut Suryana, dalam konsep perencanaan pengembangan budidaya lele yang ada di Kelurahan Maharatu, karena lokasi Maharatu ini cukup strategis untuk budidaya lele.

“Maharatu juga sebagai salah satu daerah dengan budidaya ikan lele yang ada di Kota Pekanbaru. Lokasi yang strategis ini menjadi salah satu nilai tambah dalam pengembangan produk ini. Namun saat ini masih diperlukan pengembangan lanjutan, sehingga kita dapat menopang dalam peningkatan penghidupan masyarakat yang ada di kelurahan ini,” jelas Suryana.

Baca juga: Ada 52 Kelurahan Di Pekanbaru Yang Sudah Zona Hijau Covid-19

Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perkim saat itu juga menyebutkan bahwa akan ada strategi dan skenario dalam penanganannya. Strategi dalam penanganan ini diantaranya adalah dengan peningkatan kualitas dan kuantitas pada ikan lele, pengembangan pemasaran juga penggunaan terhadap teknologi tepat guna, dan pengembangan ke wisata edukasi.

Diketahui juga oleh Pemerintah Kota Pekanbaru sudah mendapat bantuan rumah edukasi dan produksi lele ini. Bantuannya dengan anggaran senilai Rp 700 juta ini sudah diberikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui program Kotaku untuk kelompok dalam pemberdayaan yang ada di Kelurahan Maharatu RW 03.

Bantuan ini juga diperuntukkan dalam pembangunan rumah, kolam bioflok, jalan-jalan, drainase dan juga sumur bor, beserta gapura.

Bantuan ini juga merupakan program dalam Peningkatan Penghidupan Masyarakat yang berbasis Komunitas (PPMK) yang saat ini sudah dilaksanakan oleh Balai PPW Riau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here