10 Cara Meningkatkan Kesehatan Mental Anak Anda

DANG MERDU – Setiap orang tua menginginkan anak-anak yang bahagia dan sehat. Ketika datang ke kesehatan anak kami, kami ingin melakukan apapun yang kami bisa. Olahraga teratur dan makan dengan benar dapat membantu kesehatan fisik anak Anda. Tetapi apa yang dapat Anda lakukan untuk memastikan mereka sehat secara mental?

Kita pasti ingin anak-anak kita memiliki kesehatan mental yang baik. Berikut adalah 10 tips mengasuh anak untuk meningkatkan kesejahteraan mental anak Anda.

1. Habiskan Waktu Bersama

Meluangkan waktu untuk anak Anda akan membuat mereka merasa bahwa mereka penting bagi Anda. Bersenang-senang sambil melakukan aktivitas bersama seperti menonton film atau bermain game yang mereka sukai.

2. Perhatikan Apa yang Mereka Katakan

Berikan anak Anda perhatian penuh dan dengarkan mereka. Tanyakan kepada mereka tentang teman, guru, dan kegiatan yang mereka lakukan di sekolah untuk mengetahui bagaimana mereka mengatasinya. Tawarkan mereka saran atau bantuan jika perlu.

3. Bermurah Hati dengan Pujian

Anak-anak sering ditegur karena perilakunya yang buruk tetapi jarang dipuji karena perilakunya yang baik. Akibatnya, mereka mungkin menjadi percaya bahwa mereka tidak akan pernah cukup baik. Pujilah anak Anda setiap kali mereka melakukan perbuatan baik sekecil apa pun. Ini membantu mereka merasa baik tentang diri mereka sendiri.

4. Disiplin Tanpa Label

Saat mendisiplinkan anak Anda, hindari menggunakan kata-kata seperti malas, nakal, atau bodoh karena frasa seperti itu tidak memperbaiki perilaku yang dapat diterima. Sebaliknya, perbaiki perilaku salah dari anak Anda dengan menjelaskan mengapa tindakan mereka tidak pantas. Memberitahu mereka bahwa Anda mencintai mereka tetapi tidak setuju dengan perilaku mereka dapat membuat mereka lebih sadar akan tindakan mereka.

5. Miliki Harapan yang Realistis

Hindari membanding-bandingkan dan jangan membuat mereka merasa gagal ketika mereka tidak melakukannya dengan baik. Ini akan menurunkan moral dan harga diri mereka yang mungkin membuat mereka kurang bersemangat untuk belajar dan kurang termotivasi untuk mencoba yang terbaik. Sebaliknya, pujilah mereka atas upaya mereka dan diskusikan bagaimana meningkatkan kinerja mereka selangkah demi selangkah.

Baca Juga: Kiat Mengubah Tantangan menjadi Peluang Bagi Anak

6. Ajari Anak Anda untuk Berpikir Positif

Penting untuk mengajari anak Anda untuk bersikap positif dan tetap optimis ketika menghadapi kesulitan. Ini membantu untuk meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri mereka serta membantu mereka pulih dari kemunduran dan kegagalan, dan terus termotivasi untuk bekerja keras.

7. Fokus Pada Kemampuan Mereka

Bantu anak Anda mengeksplorasi kemampuan mereka. Dorong mereka untuk mencoba berbagai kegiatan dan hobi. Jelaskan kepada mereka bahwa orang yang berbeda memiliki kemampuan yang berbeda dan pandai dalam hal yang berbeda, dan mereka harus bangga dengan apa yang mereka kuasai. Mengetahui kemampuan mereka penting untuk kesehatan mental anak Anda.

8. Ajari Anak Anda untuk Mandiri

Kiat pengasuhan lainnya adalah percayailah anak Anda dengan tugas-tugas yang dapat dikelola untuk diselesaikan sendiri. Pujilah mereka ketika mereka menyelesaikan tugas mereka sehingga mereka merasa senang menyelesaikannya. Jika mereka menghadapi masalah, akui dan dukung upaya mereka dan beri tahu mereka apa yang dapat mereka lakukan secara berbeda di lain waktu.

9. Dorong Anak Anda untuk Membangun Persahabatan yang Bermakna

Dorong anak Anda untuk mendapatkan teman baru di sekolah, di taman bermain atau selama aktivitas yang mereka lakukan sepulang sekolah. Tunjukkan bahwa Anda peduli dengan teman-teman mereka dengan mengundang teman sekelas ke rumah Anda untuk mengenal mereka lebih baik.

10. Dorong Aktivitas Fisik

Kesehatan fisik dan mental yang baik memiliki korelasi yang kuat. Dorong anak Anda untuk cukup istirahat, minum cukup air, makan dengan benar, berolahraga secara teratur dan mendapatkan sinar matahari. Ini semua adalah cara yang bagus untuk meningkatkan energi, suasana hati, dan kesehatan mental mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here