Cara Mengidentifikasi dan Mengatasi Depresi

DANG MERDU – Adalah suatu hal yang normal untuk merasa sedih ketika kita kehilangan orang yang kita cintai, gagal dalam ujian, atau bahkan saat mengakhiri suatu hubungan. Namun, ketika perasaan sedih berkepanjangan dan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari, itu adalah gejala depresi. Tanda-tanda depresi lainnya termasuk:

  • Kehilangan minat pada aktivitas tertentu, padahal sebelumnya sangat disukai
  • Penurunan berat badan atau penambahan berat badan; atau penurunan atau peningkatan nafsu makan
  • Kesulitan tertidur atau tetap tertidur; atau tidur berlebihan
  • Merasa gelisah
  • Merasa lelah dan kurang energi
  • Merasa dirinya tidak berharga atau rasa bersalah yang terlalu berlebihan
  • Kesulitan berkonsentrasi atau kesulitan berpikir
  • Sering memiliki pikiran tentang kematian atau ingin bunuh diri

Dapatkanlah Bantuan

Jika Anda terus-menerus merasa sedih dan mengalami beberapa atau semua gejala di atas, adalah tepat untuk mencari bantuan medis profesional, terutama jika ada pikiran tentang kematian atau bunuh diri. Jangan mendiagnosis atau mengelola sendiri tanpa berbicara dengan profesional medis terlebih dahulu. Jangan malu jika Anda perlu mencari bantuan untuk depresi Anda.

Ada profesional di luar sana yang dapat memberi tahu Anda tentang tindakan terbaik dan memberikan dukungan yang Anda butuhkan untuk membuat perubahan positif dalam hidup Anda. Ingatlah bahwa Anda berharga! Kita semua terkadang membutuhkan uluran tangan dan tidak ada salahnya meminta bantuan.

Baca Juga: Manfaat Kesehatan dari Latihan dan Aktivitas Fisik

Apa yang Dapat Anda Lakukan untuk Mengelola Kesejahteraan Mental Anda?

Mengikuti konsultasi dokter Anda, di bawah ini adalah beberapa tips manajemen diri yang dapat Anda coba di rumah.

  1. Tetapkan rutinitas untuk diri sendiri dan sertakan beberapa tingkat aktivitas dasar sepanjang hari. Hal ini penting untuk memberikan hidup Anda tujuan sehari-hari. Joging pagi atau jalan cepat misalnya, akan membantu memulai hari Anda dengan sesuatu hal yang positif.
  2. Buat moto harian untuk diri sendiri. Ini akan menjadi inspirasi hari Anda. Beberapa contohnya misalnya: “Hidup ini terlalu singkat untuk mengkhawatirkan semua hal”, “Lepaskan dan jalani saja”, dan “Ini adalah hari yang indah lagi”. Anda bahkan dapat menyimpan buku harian berisi kutipan inspirasional. Ketika Anda menemukannya, catatlah di buku harian Anda dan bacalah ketika Anda merasa sedih.
  3. Pilih untuk terlibat dalam aktivitas yang biasanya Anda nikmati meskipun Anda tidak ingin melakukannya. Ini untuk mencegah Anda kehilangan rasa percaya diri dan dengan demikian mengurangi tingkat aktivitas Anda seminimal mungkin. Adalah baik untuk tetap sibuk dan terus sibuk.
  4. Cobalah aktivitas baru yang dapat Anda lakukan dengan sekelompok teman atau jika Anda mau, sendirian. Kembangkan minat baru yang akan membuat Anda terus maju. Anda dapat mencoba panjat tebing dalam ruangan, mempelajari bahasa baru, atau bahkan menjelajahi banyak museum di sekitar tempat tinggal karena mereka selalu mengadakan acara baru.
  5. Meminta dukungan dari orang lain. Izinkan keluarga dan teman Anda untuk membantu Anda sebagai. Mereka menemani Anda dalam perjalanan Anda menuju kesehatan mental yang lebih baik.
  6. Jangan menyangkal perasaan Anda. Semakin keras Anda mencoba untuk menekan atau mengendalikan depresi, semakin mungkin Anda mengalami depresi. Penghindaran bukanlah jalan keluar tetapi pengakuan dan penerimaan adalah langkah pertama menuju pemulihan.
  7. Istirahat yang cukup dan makan teratur. Tanpa istirahat yang cukup dan diet yang tepat; Anda tidak akan memiliki energi atau kapasitas mental untuk melawan pertempuran ini.
  8. Gunakan self-talk afirmatif dan positif. Percayalah bahwa hidup Anda berharga dan Anda layak sebagai pribadi tidak peduli apa yang dikatakan pikiran Anda. Ketahuilah bahwa Anda dicintai, dan bahwa hidup Anda memiliki makna bahkan jika Anda terkadang tidak merasa seperti itu.
  9. Lihat kembali, pikirkan kembali, dan tetapkan kembali tujuan hidup Anda. Bermimpilah lagi untuk menemukan kembali tujuan dan makna dalam hidup Anda yang akan memotivasi Anda untuk menjalani kehidupan yang lebih terpenuhi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here