Momen Haru Ketika Honda Jazz Berakhir
Momen Haru Ketika Honda Jazz Berakhir

Di Thailand Honda Jazz sudah tak lagi diproduksi, setelah 20 tahun lamanya memproduksi, pabrik Honda terebut terletak di Provinsi Prachinburi, Thailand. Viral di media sosial momen-momen haru perpisahan pada Honda Jazz generasi tersebut. Terlihat dalam unggahan  beberapa pegawai pabrik yang sedang berfoto bersama dengan mobil Honda Jazz generasi terakhir berhiaskan pita dengan tulisan “2012-2021, Jazz last production unit. Bye… Bye…” mobil produksi terakhir itu menjadi penutup akhir dari era hatchback yang legendaris dari mobil Honda Jazz yang berada di Thailand dari awal produksi sejak tahun 2012 hingga 2021. Melalui tampilannya yang sporty dan stylish Honda Jazz tersebut telah menjadi salah satu model yang sudah dikatakan paling sukses dari yang pernah diproduksi oleh Honda. Honda Jazz juga sukses merebut hati pecinta otomotif, terlebih pada kalangan muda pastinya.

Mengenang Kembali Perjalanan Honda Jazz

https://dangmerdu.com/2021/10/19/ini-rahasianya-agar-ban-mobil-tidak-selip-di-jalan-licin/
https://dangmerdu.com/2021/10/19/ini-rahasianya-agar-ban-mobil-tidak-selip-di-jalan-licin/

Generasi Pertama 

Diperkenalkan pada bulan Juli 2001 di Jepang, Honda Jazz generasi pertama tersebut hingga kemudian baru mulai masuk Indonesia pada tahun 2003. Honda Jazz generasi pertama, yang juga dikenal oleh pecintanya dengan julukan GD3 menggunakan mesin 1.5 L dengan kode L15A berteknolgi Intelligent Dual and Sequential Ignition(i-DSI). Mesin Honda Jazz memiliki tenaga 85,26 Tk pada 5.500 rpm dan torsi 128 Nm pada 2.700 rpm.

Baca Juga : Ini Rahasianya Agar Ban Mobil Tidak Selip Di Jalan Licin

Di tahun selanjutnya, Honda telah memberi pengembangan baru pada mesin Jazz generasi pertama, diubah menjadi model Variable Valve Timing & Lift Electronic Control (VTEC), yang di klaim mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 110 Tk pada putaran 5.800 rpm, dimana untuk torsinya dapat mencapai 143 Nm atau setara pula dengan putaran mesin 4.800 rpm.

Generasi Kedua (tahun 2007 sampai dengan 2014)

Pada ajang Tokyo Motor Show 2007 silam sebagai kali pertama munculnya generasi kedua dari Honda Jazz. Mobil Honda Jazz tersebut yang dikenal memiliki kode GE8 pun mendapat perubahan terutama pada bagian eksterior pada mobil. Memiliki desain lampu runcing dari generasi terdahulunya yang di revisi ulang oleh Honda dengan perubahan bentuk yang lebih stylish lagi. Lalu mulailah dijual pada awal tahun 2008, di Indonesia mobil Honda Jazz tersedia dalam 3 tipe, yaitu tipe S, A dan RS yang merupakan tipe paling tinggi dari mobil tersebut. Mobil Honda Jazz generasi kedua itu berbekal oleh mesin 1.5L i-VTEC, tenaga maksimum yang dihasilkan pun 117,6Tk pada 6.600 rpm, torsi 145 Nm pada 4.800 rpm.

Generasi Ketiga (2014 sampai dengan sekarang)

Honda Jazz generasi ketiga ini mulai menjajal lagi pasar Indonesia pada tahun 2014. Jazz GK5 ini telah diubah total pada bagian desain interior mobil dan juga pada bagian bodinya. Desainnya yang tampak semakin sporty ditambah lagi fitur kekinian seperti lampu besar proyektor lengkap pula dengan DRL LED. Walau demikian, Honda Jazz generasi terakhir ini tak mendapatkan perubahan pada bagian mesinnya, dimana mesin Honda Jazz generasi ketiga itu masih memiliki mesin yang sama dengan generasi keduanya, yakni 1.5L i-VTEC, yang telah mengusung tenaga maksimum 117,6Tk pada 6.600 rpm, dan torsi 145 Nm pada 4.800 rpm. Dimana tenaganya pun disalurkan ke roda melalui transmisi manual 5-percepatan dan CVT. Pada tahun 2017, Honda Jazz datang kembali mdengan penyegaran yang menghadirkannya versi facelift dengan membawa beberapa perubahan eksterior yang lebih sporty lagi pada bagian sisi depan dan juga belakang mobil. Hal yang disayangkan pula, HPM (PT Honda Prospect Motor) harus menghentikan produksi dari penjualan Jazz tersebut. Karena, generasi berikutnya atau generasi keempat dirasa tak lagi cocok untuk konsumen Indonesia. Sehingga sebagai pengganti dari Honda Jazz terebut, Honda akhirnya meluncurkan City Hatchback di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here