Manfaat Kesehatan dari Olahraga dan Aktivitas Fisik

DANG MERDU – Terlibat dalam olahraga secara teratur dapat menuai banyak manfaat kesehatan. Yang harus Anda lakukan adalah melakukan olahraga intensitas sedang selama 150 menit seperti jogging, jalan cepat, berenang, bersepeda, atau aktivitas aerobik lainnya setiap minggu.

Aktivitas Fisik Baik untuk Kesehatan Mental Anda

Kesehatan mental berjalan seiring dengan kebugaran fisik dan keduanya saling berhubungan. Olahraga secara teratur tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan secara fisik, tetapi juga dapat membantu meningkatkan suasana hati Anda menjadi lebih baik. Sangat penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan mental dan fisik Anda agar Anda lebih sehat.

Aktivitas Fisik Membantu Manajemen Berat Badan​ Anda

Olahraga teratur dapat membantu Anda menyingkirkan kelebihan lemak tubuh. Tubuh Anda membakar kalori saat berolahraga. Semakin banyak Anda melakukan kegiatan olahraga, semakin banyak kalori yang bisa Anda bakar. Olahraga bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Aktivitas Fisik Teratur Menjaga Kesehatan Jantung, Paru-Paru, dan Tulang Anda

Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah ke jantung, paru-paru, dan pembuluh darah Anda. Otot jantung Anda menjadi lebih kuat dengan latihan aerobik yang teratur. Anda akan menyadari bahwa Anda memiliki lebih banyak energi untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai dan tidak akan mudah merasa lelah.

Selain itu, aktivitas fisik yang teratur membuat tulang dan otot Anda kuat. Kegiatan seperti latihan ketahanan bekerja pada kelompok otot utama di tubuh Anda, membuatnya lebih kuat dan lebih tangguh. Aktivitas teratur, terutama yang bersifat menahan beban (misalnya jalan kaki, jogging), juga meningkatkan kepadatan tulang yang dapat membantu mencegah dan mengurangi risiko osteoporosis.

Baca Juga: Ide Kegiatan untuk Membuat Si Kecil Tetap Aktif dan Bergerak

Aktivitas Fisik Membuat Anda Merasa Baik

Aktivitas fisik dapat meningkatkan kesehatan emosional dan psikologis Anda dengan meningkatkan harga diri Anda. Tubuh Anda melepaskan bahan kimia yang disebut endorfin saat Anda berolahraga. Endorfin adalah bahan kimia “merasa baik” yang dapat meningkatkan suasana hati Anda dan bahkan mengurangi perasaan stres, kecemasan, dan depresi.

Aktivitas Fisik Menjauhkan Penyakit

Aktivitas fisik secara teratur mengurangi risiko:

  • Penyakit jantung koroner
  • Tekanan darah tinggi
  • Diabetes tipe 2
  • Pukulan
  • Osteoporosis

Terlibat dalam setidaknya 150 menit aktivitas fisik sedang hingga berat per minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit kronis dan Anda dapat menikmati kualitas hidup yang lebih baik.

Bergeraklah!

Masukkan latihan ke dalam kehidupan sehari-hari Anda melalui berbagai aktivitas fisik. 30 menit sehari aktivitas fisik, 5 kali atau lebih seminggu akan membuat Anda bertanya-tanya. Bahkan jika Anda sangat sibuk, luangkan waktu untuk itu. Inilah yang dapat Anda lakukan:

  • Menari dengan lagu favorit Anda
  • Berjalan cepat di taman
  • Jalan-jalan ke tempat kerja
  • Sering naik tangga
  • Bersepeda ke toko kelontong
  • Lakukan pekerjaan rumah yang aktif seperti mengepel

Buat rutinitas latihan rutin untuk diri sendiri. Bisa jogging, berenang, atau bersepeda. Cobalah berbagai jenis latihan untuk variasi dan juga untuk manfaat kesehatan yang berbeda. Berolahraga tidak harus menjadi aktivitas yang dilakukan sendirian. Ajak teman-teman Anda untuk bergabung dalam beberapa olahraga kelompok, seperti bulu tangkis, bola basket, atau tenis. Anda bahkan dapat mengambil olahraga baru seperti inline skating.

Raih Manfaat dari Aktivitas Fisik

Ayo aktif hari ini! Jangan lewatkan manfaat kesehatan yang sangat baik yang dapat diberikan oleh aktivitas fisik secara teratur. Apakah Anda berencana untuk jogging, berenang, bersepatu roda, panjat tebing atau bermain sepak bola, tidak masalah. Aktivitas fisik dalam bentuk apa pun bisa menyenangkan.

Tingkatkan intensitas latihan Anda secara bertahap untuk mencegah ketegangan atau cedera otot yang tidak perlu. Akhirnya, istirahat sama pentingnya dengan olahraga. Pastikan Anda cukup tidur agar siap menghadapi tantangan baru keesokan harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here