Tidak Bisa Tidur di Malam Hari? Makan Tepat untuk Tidur Nyenyak

DANG MERDU – Ketika Anda tidak bisa tidur di malam hari, bisakah Anda mengusir insomnia dengan makan makanan yang tepat? Apa yang Anda makan berpotensi mempengaruhi cara Anda tidur. Untuk meningkatkan kualitas tidur dan mendapatkan istirahat malam yang baik, penting untuk makan makanan yang menenangkan pikiran dan tubuh Anda, daripada makanan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

Mengapa Tidur yang Baik Itu Penting?

Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa satu dari tiga orang kurang tidur, yang pada akhirnya dapat berdampak buruk pada kesehatan. Kualitas tidur memiliki dampak besar pada kehidupan sehari-hari karena kurang tidur dapat mempengaruhi produktivitas dan konsentrasi seseorang di tempat kerja.

Ketika orang tidak bisa tidur, itu juga mempengaruhi kesehatan emosional mereka, berpotensi menyebabkan lekas marah dan mudah sedih. Sejumlah penelitian menemukan hubungan antara kuantitas dan kualitas tidur dengan berbagai masalah kesehatan seperti peningkatan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan depresi. Studi lain juga menunjukkan bahwa faktor makanan dapat berperan dalam mendapatkan istirahat malam yang lebih baik yaitu mengkonsumsi makanan tertentu dapat membantu meningkatkan istirahat dan relaksasi.

Apa yang Harus Dimakan untuk Membantu Anda Tidur Lebih Baik

Haruskah makan makanan berat atau ringan sebelum tidur?

Hindari makan makanan tinggi lemak dan berat, makanan besar di malam hari. Mengkonsumsi makanan berat di malam hari atau tepat sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan maag, yang dapat mengganggu tidur karena makanan lebih sulit dicerna dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Demikian pula, berbaring dengan perut kenyang juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan maag.

Apakah makan makanan ringan membantu mengatasi insomnia?

Lapar di tengah malam bisa mengganggu tidur. Untuk menghindari rasa lapar, camilan ringan sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Segelas susu, beberapa biskuit, sepotong kecil cokelat atau sepotong buah akan ideal.

Baca Juga: 8 Posisi Tidur untuk Meningkatkan Kesehatan Anda

Berapa jam sebelum tidur harus makan?

Disarankan untuk mengonsumsi makanan apa pun setidaknya tiga jam sebelum tidur.

Apakah minum susu sebelum tidur membantu?

Minum segelas susu hangat sebelum tidur dapat membantu Anda rileks dan tetap tertidur. Cobalah minum susu sebelum tidur. Produk susu mengandung triptofan, asam amino esensial, yang membantu produksi bahan kimia otak yang memicu tidur seperti serotonin dan melatonin. Orang dengan kadar serotonin rendah mungkin mengalami kesulitan tidur. Produk susu juga merupakan sumber kalsium yang baik, yang membantu otak menggunakan triptofan untuk memproduksi melatonin. Penting untuk dicatat bahwa ini mungkin tidak cocok untuk individu yang mungkin tidak toleran laktosa.

Bisakah minum minuman berkafein?

Minuman atau makanan yang mengandung kafein (misalnya coklat, kopi, dan minuman bersoda) dapat mempengaruhi tidur. Perhatikan asupan kafein Anda. Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi orang, tergantung pada jumlah yang dikonsumsi. Jika Anda sensitif terhadap kafein dan ingin tidur nyenyak, kurangi asupan atau batasi konsumsi hanya di pagi hari.

Bagaimana dengan teh herbal?

Cara umum untuk membantu tidur adalah dengan minum secangkir teh herbal. Teh seperti chamomile, passionflower, dan valerian berpotensi memiliki efek sedatif, yang akan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Cobalah untuk menghindari minum terlalu banyak cairan terlalu dekat dengan waktu tidur. Sehingga dapat mengurangi kebutuhan untuk pergi ke kamar mandi pada malam hari. Terutama bagi individu dengan inkontinensia urin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here