8 Posisi Tidur untuk Meningkatkan Kesehatan Anda

DANG MERDU – Pernahkah Anda mempertimbangkan pentingnya postur tidur yang baik? Meskipun Anda mungkin atau mungkin tidak memiliki preferensi, posisi tidur mempengaruhi kesehatan Anda serta kualitas tidur Anda. Pelajari cara tidur lebih nyenyak dan pentingnya posisi tidur. Berikut adalah delapan posisi tidur yang umum dan bagaimana mereka dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

Posisi Tidur 1: Pada Punggung Anda dengan Lengan di Sisi Anda

Ini umumnya dianggap sebagai posisi tidur terbaik untuk kepala, tulang belakang, dan leher Anda selama Anda tidak menggunakan terlalu banyak bantal. Namun, orang yang tidur terlentang lebih rentan terhadap mendengkur dan apnea tidur daripada mereka yang tidur dengan posisi lain.

Posisi Tidur 2: Pada Punggung Anda dengan Tangan ke Atas

Juga dikenal sebagai posisi “bintang laut”, posisi tidur ini baik untuk punggung Anda dan juga dikatakan dapat mencegah kerutan wajah dan kulit berjerawat. Namun, mirip dengan posisi tidur terlentang, itu juga dapat menyebabkan dengkuran dan masalah dengan refluks asam. Selain itu, mengangkat tangan dapat memberikan tekanan yang tidak perlu pada saraf di bahu Anda, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Posisi Tidur 3: Menghadap ke Bawah

Tidur tengkurap dapat meningkatkan pencernaan; namun, kecuali jika Anda entah bagaimana dapat mengembangkan cara untuk bernapas melalui bantal, Anda perlu memiringkan wajah, memberikan banyak tekanan pada leher Anda. Ini juga dapat menyebabkan sakit leher dan punggung karena lekukan tulang belakang Anda tidak didukung.

Posisi Tidur 4: Posisi Janin

Tidur dalam posisi janin, meringkuk seperti bola dengan lutut ditarik ke dada dan dagu dimiringkan ke bawah mungkin nyaman, tetapi dapat membuat leher dan punggung Anda tegang. Kondisi ekstrem dari posisi ini juga dapat membatasi pernapasan dalam. Namun, posisi janin ini mungkin merupakan postur tidur terbaik jika Anda sedang hamil atau mengalami masalah dengkuran.

Baca Juga: Pelajari dengan Baik Inilah Pentingnya Tidur

Posisi Tidur 5: Miring dengan Lengan di Sisi Anda

Tulang belakang Anda paling baik ditopang dalam lekukan alaminya saat tidur dalam posisi ini. Ini dapat membantu mengurangi nyeri punggung dan leher sekaligus mengurangi risiko sleep apnea. Namun, sisi negatifnya adalah hal itu dapat berkontribusi pada penuaan kulit karena gravitasi, yang mengakibatkan kerutan wajah dan payudara kendur.

Posisi Tidur 6: Posisi Menyamping dengan Lengan Keluar

Posisi ini memiliki banyak manfaat yang sama seperti tidur menyamping dengan posisi lengan lurus ke bawah. Namun, tidur menyamping dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada bahu dan lengan karena aliran darah yang terbatas dan tekanan pada saraf, yang dapat diperburuk dengan merentangkan tangan ke depan.

Posisi Tidur 7: Miring ke Sisi Kanan Anda

Jika Anda salah satu dari banyak orang yang tidur menyamping, posisi tidur Anda akan membuat perbedaan. Tidur di sisi kanan Anda dapat memperburuk maag sementara tidur di sisi kiri Anda dapat membebani organ-organ internal Anda seperti hati, paru-paru dan perut, meskipun posisi ini dapat meminimalkan refluks asam. Wanita hamil umumnya disarankan untuk tidur miring ke kiri karena ini meningkatkan sirkulasi ke janin.

Posisi Tidur 8: Dengan Dukungan Bantal

Apa pun posisi tidur yang Anda sukai, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan istirahat malam yang lebih baik dengan lebih sedikit rasa sakit dan nyeri di pagi hari jika Anda menopang tubuh Anda dengan bantal. Orang yang tidur terlentang dapat menempatkan bantal kecil di bawah lengkungan tulang belakang mereka, orang yang tidur menyamping dapat menggunakan guling di antara lutut mereka, sementara orang yang tidur tengkurap dapat meletakkan bantal di bawah pinggul mereka untuk menopang persendian mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here