Pelajari dengan Baik Inilah Pentingnya Tidur

DANG MERDU – Seberapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk tidur setiap hari? Haruskah Anda tidur nyenyak? Bagaimana cara mendapatkan tidur malam yang baik? Jika Anda berpikir bahwa tidur hanyalah periode tanpa aktivitas, pikirkan lagi. Menutup mata kita saat malam hari memungkinkan otak kita untuk mengkonsolidasikan pembelajaran dan ingatan kita sehingga kita dapat melakukan tugas dengan lebih baik pada hari berikutnya. Ketika kita mendapatkan cukup waktu untuk tidur, kita cenderung tidak makan berlebihan dan kita membuat pilihan makanan yang lebih bijaksana.

Jika Anda pernah kurang tidur, Anda akan menyadari ketidakmampuan Anda untuk berkonsentrasi, respons yang lambat, pengambilan keputusan yang impulsif dan bahkan merasa mudah terganggu. Tak ketinggalan lingkaran mata hitam yang tiba-tiba muncul sehingga Anda seperti memiliki mata panda. Mungkin tidur di akhir pekan bisa membuat Anda merasa lebih baik, tetapi apa yang hilang akan tetap hilang. Dua hari istirahat yang lebih baik tidak dapat mengimbangi kinerja yang terganggu selama seminggu.

Tidur Setidaknya 7 Jam Setiap Hari

Tergantung pada usia Anda, durasi tidur yang optimal bervariasi. Jika Anda berusia di atas 18 tahun, usahakan untuk tidur minimal 7 jam. Lihat durasi tidur yang disarankan untuk berbagai kelompok usia di bawah ini:

  • Bayi 0-3 bulan: 14-17 jam
  • Bayi 4-11 bulan: 12-15 jam
  • Balita 1-2 tahun: 11-14 jam
  • Balita 3-5 tahun: 10-13 jam
  • Anak 6-13 tahun: 9-11 jam
  • Remaja 14-17 tahun: 8-10 jam
  • Dewasa 18-64 tahun: 7-9 jam
  • Lansia di atas 65 tahun: 7-8 jam

Tidur Siang Sebentar untuk Penambah Energi

Tidur siang singkat (misalnya rata-rata 10 hingga 20 menit) dapat membantu mengisi ulang tingkat energi Anda dan meningkatkan produktivitas siang hari Anda. Pastikan waktunya tepat, tidur siang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu tidur malam Anda.

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

Lakukan Tips Ini

Selalu Aktif

Berolahraga secara teratur karena aktivitas fisik dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Rilekskan Otot Anda

Lepaskan ketegangan di tubuh Anda untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Ikuti Rutinitas Waktu Tidur

Bersantailah dari kekacauan hari ini dengan menenangkan tubuh Anda. Ambil buku, mandi air hangat, atau dengarkan musik yang menenangkan. Rutinitas yang konsisten dapat memberi sinyal pada tubuh Anda untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Dengarkan Musik Relaksasi

Musik yang menenangkan dapat menenangkan pikiran Anda dan memberi isyarat pada tubuh Anda untuk tidur sejenak.

Nyalakan Filter Cahaya Biru Ponsel Anda

Fungsi mode malam menyaring cahaya biru, yang menghambat otak Anda memproduksi hormon pemicu tidur.

Jaga Lingkungan Tidur Anda Nyaman

Redupkan atau matikan lampu di kamar Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan tirai anti tembus pandang atau masker mata untuk membantu menghalangi cahaya dari luar. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan penyumbat telinga untuk menghilangkan gangguan kebisingan untuk tidur yang lebih baik.

Jangan Lakukan Hal-Hal Ini

Hindari Makanan Berat Sebelum Tidur

Susah tidur kalau perut keroncongan. Makanlah beberapa jam sebelum tidur, atau minum segelas susu sebelum tidur. Makan malam dengan porsi besar dapat menyebabkan ketidaknyamanan, membuat kita tetap terjaga. Selain itu, hindari rasa lapar yang mengenyangkan sebelum tidur dengan makanan besar. Sebagai gantinya, makanlah camilan ringan dan sehat seperti yoghurt rendah lemak, secangkir susu, atau satu porsi buah.

Hindari Kafein atau Alkohol di Malam Hari

Ada alasan mengapa kita minum kopi di pagi hari. Ini adalah stimulan yang membuat kita terjaga. Jadi, hindarilah kopi atau minuman yang mengandung kafein di malam hari.

Hindari Menggunakan Perangkat Elektronik 30 menit Sebelum Tidur

Menggunakan perangkat elektronik (seperti ponsel Anda) sebelum tidur merangsang pikiran Anda, membuatnya lebih sulit untuk tertidur dan tidur lelap. Jauhkan mereka setidaknya 30 menit sebelum Anda pergi tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here