3 Cara Meningkatkan Kualitas Tidur

DANG MERDU – Apakah Anda memiliki masalah tidur misalnya sulit untuk memulai tidur atau tidur dengan nyenyak? Pelajari tentang perbedaan antara tidur ringan dan tidur lambat serta cara tidur lebih nyenyak dengan membuat beberapa penyesuaian pada gaya hidup Anda.

Tahapan Tidur

Ada beberapa tahapan dalam siklus tidur Anda, bergantian antara tidur NREM (non-rapid eye movement) dan tidur REM (rapid eye movement). Setiap siklus tidur lengkap berlangsung sekitar 90 menit dan berulang beberapa kali sepanjang malam.

Tidur NREM terdiri dari tiga tahap yang berbeda. Pada tahap 1, Anda mengalami tidur ringan dan dapat dibangunkan dengan mudah. Pada tahap 2, Anda mulai melepaskan diri dari lingkungan Anda dan suhu tubuh Anda mulai turun. Pada tahap 3, Anda memasuki tidur nyenyak (juga dikenal sebagai tidur lambat), di mana pernapasan Anda melambat dan otot-otot Anda rileks. Para ahli dari bidang kesehatan percaya bahwa tahap yang satu ini sangat penting untuk restorasi energi Anda, memungkinkan pemulihan serta pertumbuhan tubuh Anda. Hal tersebut juga bisa meningkatkan sistem kekebalan serta proses tubuh utama yang lainnya.

Selama tahap terakhir yaitu tidur REM, otak Anda paling aktif, mendekati tingkat ketika Anda bangun. Tidur REM diyakini penting untuk fungsi kognitif seperti memori atau ingatan dan pembelajaran.

Cara Tidur Lebih Baik dan Meningkatkan Kualitas Tidur

Setelah menekankan pentingnya tidur, berikut adalah beberapa tips sederhana tentang solusi tidur alami yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Membuat Perubahan Gaya Hidup

Salah satu perubahan paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur Anda adalah tidur pada waktu yang sama setiap hari. Cobalah untuk mempertahankan ini bahkan selama akhir pekan. Setelah beberapa saat, jam tubuh atau ritme sirkadian Anda akan terbiasa dengan pengaturan waktu ini. Ini akan membantu Anda untuk tertidur di malam hari dan memudahkan Anda untuk bangun di pagi hari.

Saat tubuh Anda mulai terbiasa dengan pengaturan waktu baru ini, Anda akan bangun secara otomatis bahkan tanpa jam alarm. Sebaiknya lakukan perubahan ini secara perlahan, misalnya, cobalah tidur lebih awal setiap hari. Anda juga harus menghindari penggunaan ponsel, komputer, atau tablet setidaknya 30 menit sebelum tidur karena cahaya biru yang dipancarkan dapat mempersulit Anda untuk tidur nyenyak. Jika Anda belum berolahraga secara teratur, ini mungkin ide yang bagus untuk memulainya.

Baca Juga: Mungkinkah Stres Itu Baik untuk Anda?

Olahraga secara konsisten atau teratur utamanya waktu pagi atau sore hari, bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda dengan menaikkan suhu tubuh Anda beberapa derajat menjadi lebih hangat. Di kemudian hari, ketika termostat internal Anda turun kembali ke kisaran normal, ini dapat memicu perasaan kantuk dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Apabila Anda melakukan olahraga di luar ruangan, Anda akan terkena cahaya yang alami, dimana ini dapat membantu tubuh Anda membangun siklus tidur-bangun yang lebih baik. Cobalah dan targetkan 150 menit aktivitas fisik per minggu dan 10.000 langkah setiap hari untuk Anda yang lebih sehat.

Menciptakan Lingkungan Tidur yang Kondusif

Jangan remehkan manfaat lingkungan yang nyaman untuk tidur Anda. Jika lingkungan Anda bising, mainkan white noise, suara alam, atau musik yang menenangkan untuk menutupi kebisingan. Naungan, penutup mata, dan penutup telinga adalah hal lain yang dapat Anda gunakan untuk membantu mencapai lingkungan yang sejuk, gelap, dan tenang.

Mungkin juga ide yang baik untuk memulai ritual sebelum tidur untuk mempersiapkan diri Anda tidur. Cobalah bersantai dengan meredupkan lampu yang terang, mendengarkan musik lembut, membaca buku, atau mandi air hangat. Jika Anda masih tidak bisa tidur, cobalah mendengarkan musik yang menenangkan seperti white noise atau suara alam. Cobalah masing-masing dan lihat mana yang paling berpengaruh untuk Anda.

Perubahan Pola Makan

Akhirnya, membuat beberapa perubahan pada pola makan Anda dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Hindari makan berat sesaat sebelum tidur. Juga kurangi kafein Anda karena merupakan stimulan yang dapat membuat Anda tetap terjaga. Hindari juga minuman beralkohol karena dapat membuat Anda dehidrasi dan mengganggu tidur Anda dengan membuat Anda bangun di tengah malam untuk minum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here