Ingin Membeli Mobil Bekas, Berikut Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli
Ingin Membeli Mobil Bekas, Berikut Tips Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli

Membeli mobil bekas bisa dianggap sebagai solusi jika memiliki budged terbatas, sehingga anda dapat memilih mobil second dengan harga yang sesuai dengan anggaran yang anda miliki.

Walau bagaimanapun juga, selalu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai konsekwensi saat membeli mobil bekas.

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa kelemahan jika membeli mobil bekas yaitu, adanya kemungkinan beberapa pars atau komponen yang tak layak karena usia pakai.

Jika dibiarkan, nantinya bisa memberikan dampak yang lebih buruk lagi hingga meluar ke part yang lainnya. Hal tersebut berbeda tentunya jika anda membeli mobil baru.

Oleh karena itu ada beberapa hal penting yang harus dilakukan setelah membeli mobil bekas, seperti berikut.

Yang Perlu Diperhatikan setelah Membeli Mobil Bekas

Berbeda dengan membeli mobil baru yang siap pakai, ada beberapa langkah penting ketika membeli atau pun setelah membeli mobil bekas sebagai langkah perawatan. Diantaranya :

Ganti Oli yang Berkualitas

Sebagai langkah awal yg harus dilakukan yaitu, segera ganti oli dan seluruh cairan mekanikal. Mengapa? Sudah seharusnya dilakukan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana kondisi mesin yang sebenarnya.

Ada beberapa pedagang nakal yang sengaja menggunakan oli yang lebih kental dari rekomendasi pabrik hanya untuk mengecoh calon pembeli karena mendengar suara mesin yang terdengar halus saat melakukan test drive.

Maka dari itu, sangat disarankan untuk melakukan penggantian oli segera dan melakukan engine flushing tentunya.

Pengecekan Cairan dan Jika Perlu Ganti Segera

Bukan hanya oli, komponen lainnya yang bersifat cairan juga sebaiknya dilakukan pengecekan  untuk memastikan kondisinya.

Baca juga : Momen Haru Ketika Honda Jazz Berakhir

Mengenai hal tersebut harus paham betul kalau semua cairan memang sesuai standar. Mulai dari cairan pendingin mesin atau coolant dan juga cairan rem. Dan pastikan pula jika tidak ada kebocoran terhadap sistem cairan tersebut.

Ganti Filter

Hal lain yang harus anda perhatikan juga adalah filter pada bagian mobil. Pastikan jika filter dalam keadaan baik, apabila perlu ganti segera misalnya filter udara ke mesin, filter kabin bahkan filter bahan bakar jika ada, begitu pula dengan filter oli dan lainnya.

Peran dari filter sebagai penyaring udara, yang dapat berpengaruh pada mekanisme sistem pembakarn mesin. Terlebih jika mesin akan dinyalakan.

Sebelum terjadinya kerusakan yang lebih parah, sebagai salah satu upaya perawatan akan jauh lebih baik jika hal tersebut juga dilakukan.

Lakukan Pengecekan Pada Sistem Pengereman

Hal penting berikutnya untuk dilakukan yaitu lakukan pengecekan pula , bukan tanpa alasan komponen yang satu ini memiliki peran yang penting pada keselamatan saat berkendara. Jadi, sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin pula. Meski dirasa masih terlihat dalam kondisi yang baik sebaiknya tetap harus dibersihkan bagian komponen  tersebut. Dan jangan menundanya apabila terdapat komponen yang memang harus diganti..

Pastikan Ban dalam Kondisi/Keadaan Baik

Perhatikan kondisi ban apakah dalam kondisi yang baik, ban juga memiliki pengaruh terhadap keselamatan juga kenyamanan. Itu sebabnya perlu dilakukan pengecekan secara mendalam agar dapat diketahui pula kapan ban tersebut harus diganti.

Spooring dan Balancing

Berikutnya disarankan untuk melakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki. Termasuk dalam kategori lebih mahal diantara yang lainnya , untuk itu dipastikan pula jika kondisi kaki-kaki tersebut tidak dalam keadaan rusak.

Lakukan spooring dan balancing dengan tujuan  agar mobil semakin siap dan nyaman saat digunakan.

Langkah tersebut harus benar-benar dilakukan untuk menjadikan kondisi mobil bekas yang akan kita gunakan dalam kondisi yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here