Film Tentang Perjuangan Hidup, Review Film Swallow 2021

DANG MERDU – ‘Swallow’ merupakan sebuah film yang berisi kisah hidup seorang perempuan dengan ekonomi kelas bawah yang berjuang untuk mempertahankan kehidupannya dengan menjadi wanita karir di Lagos, Nigeria. Film tersebut sudah secara resmi dirilis oleh Netflix pada 1 Oktober 2021 lalu. Kisah dalam film ini diangkat dari novel yang dibuat oleh Sefi Atta serta disutradarai oleh Kunle Afolayan.

Aktor dan aktris yang membintangi film ini diantaranya ada Eniola Akinbo, Ijeoma Grace Agu, Omotunde Adebowale David, Chioma Chukwuka Akpotha, dan juga Eniola Badmus. Bahasa Inggris dengan aksen Nigeria yang cukup kental memang  lebih banyak digunakan dalam film ini, meskipun memang beberapa kali juga menggunakan bahasa Yoruba didalam percakapannya.

Film dengan latar waktu tahun 1980an di Lagos, Nigeria ini memiliki alur cerita yang seru. Dalam pembukaan film, para penonton akan disuguhkan cerita dari si pemeran utama, yakni Tolani (yang diperankan oleh Eniola Akinbo). Diceritakan ia pulang ke rumah ibunya dengan keadaan yang tidak baik baik saja. Kemudian dengan alur flashback, penonton akan dibuat mengetahui kehidupan Tolani ketika ia merantau, sampai degan alasan mengapa ia harus kembali ke kampung halamannya.

Sebelumnya kehidupan yang dijalani Tolani terbilang cukup stabil. Ia mempunyai pekerjaan tetap, tempat tinggal, dan seorang sahabat yang sangat baik bernama Rose ( diperankan oleh Ijeoma Grace Agu). Bersama dengan Rose, ia tinggal di sebuah rumah sewa kecil.

Tolani mempunyai kehidupan yang tidak jauh berbeda dengan Rose, tapi ia memang jauh lebih berhati hati dalam berbagai hal. Ketika Rose dipecat dari pekerjaannya sebab mengadukan kasus pelecehan yang telah dialaminya, Tolani merasa sangat kecewa tapi juga bangga sebab sahabatnya sangat berani dalam mengambil sebuah keputusan besar.

Selanjutnya, Rose mencari cara supaya ia bisa mendapatkan uang lagi. Hingga suatu ketika ia bertemu dengan OC Money, laki laki kaya raya yang menjual narkoba di Amerika. Dari sinilah mereka akhirnya mengenal pekerjaan sebagai drug mule. Mereka menjalankan sebuah pekerjaan ilegal yang bertugas untuk menyelundupkan narkoba dalam tubuh mereka.

Baca Juga: Anda Suka Humor? Sinopsis Film The Addams Family 2

Meskipun dengan bayaran yang cukup besar, pekerjaan tersebut tentunya tidak akan mudah untuk dilakukan. Mengingat mereka merupakan seorang amatir yang tidak pernah melakukan kejahatan sebelumnya. Bahkan pertaruhan nyawapun akan menjadi risiko terburuk dari pekerjaan yang mereka jalani. Hingga pada akhirnya pertimbangan yang sulit kemudian membawa pada kesimpulan yang menyakitkan.

Film penuh dengan isu gender, social dan juga ekonomi. Dalam memerankan tokoh utama Tolani dan juga Rose membawa perempuan sebagai point of view yang mampu mengangkat isu gender di dalam kehidupan keseharian mereka.

Di samping itu, penyalahgunaan jabatan dalam pekerjaan memang terkadang menimbulkan permasalahan yang sulit untuk diselesaikan. Di dalam kasus Tolani dan Rose, sosok Lamidi Salako merepresentasikan laki laki yang memanfaatkan jabatannya untuk melakukan apapun yang diinginkan, termasuk juga melakukan pelecehan terhadap bawahannya serta berani memberikan ancaman apabila berani mengadukan pelecehan yang telah ia lakukan.

Film yang satu ini dapat membawa permasalahan di era 80an di Nigeria kepada para penonton yang mungkin tertarik dengan film bergenre social-documentary. Akting dari pemeran utama dan pendukung yang mampu mendalami peran dengan baik, serta pengambilan gambar yang cukup baik, mampu membuat film ini dapat dinikmati secara umum dalam mengenal budaya serta suasana di Nigeria ketika itu. Film ‘Swallow’ sudah bisa Anda nikmati di Netflix mulai 1 Oktober 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here