Review Asus ZenBook 17 Fold: Desain, Display, Prosesor, dan Performa

DANG MERDU – Asus telah memimpin dalam mengubah gagasan tentang bagaimana laptop digunakan, dengan peluncuran ZenBook 17 Fold OLED terbaru. Laptop lipat dan konvertibel terbaru dari Asus ini adalah mesin yang powerful dan konsep revolusioner dalam domain laptop. ZenBook 17 Fold baru hadir dengan layar OLED 17,3 inci, Intel Core i7 Generasi ke-12, dan RAM 16 GB.

Desain Asus ZenBook 17 Fold

Desain ZenBook 17 Fold baru adalah salah satu sorotan utama dan selama periode peninjauan, orang-orang selalu terhibur setiap kali kami membuka lipatan laptop. ZenBook 17 Fold baru dapat berfungsi untuk Anda sebagai laptop 12,5 inci saat keypad magnet terpasang, sebagai desktop saat dibuka, sebagai tablet, dan juga beradaptasi dengan desain bergaya seperti buku. Engsel yang digunakan dapat menahan lipatan dan lekukan sekitar 30.000 kali, artinya perusahaan telah menggunakan desain yang cukup tahan lama. Engselnya terbuat dari kulit sintetis, memungkinkan cengkeraman yang lebih baik saat laptop dilipat.

Perangkat ini sebagian besar terdiri dari layar dan terbungkus dalam frame karet. Terdapat penutup tambahan untuk engsel di bagian belakang yang berisi dudukan yang berguna. Struktur konstruksi logam terlihat dari belakang serta tepinya. Frame karet yang digunakan bisa menarik debu, yang membutuhkan pembersihan terus-menerus.

Secara keseluruhan, ZenBook 17 Fold memberikan kesan yang baik dan kami tidak menemukan masalah dengan build quality-nya. Perlu juga dicatat bahwa konstruksi besar dan desain metalik memang menambah bobotnya. Jadi tidak seperti laptop tradisional, ini sedikit lebih berat.

ZenBook 17 Fold baru ini hadir dengan dua port Thunderbolt 4 yang terletak di bagian atas dan samping untuk memudahkan pengisian daya laptop saat orientasi penggunaannya diubah. Di sisi kiri terdapat tombol volume sedangkan di sisi kanan terdapat tombol power dan jack audio 3.5mm.

Display ZenBook 17 Fold

ZenBook 17 Fold baru hadir dengan layar sentuh Fold OLED 17,3 inci yang menampilkan rasio aspek 4:3 dengan resolusi 2560 x 1920 piksel. Saat dilipat, Anda mendapatkan layar 12,5 inci dengan resolusi layar 1920 x 1280 piksel. Garis lipatan di tengah karena engselnya dapat dilihat tergantung pada sudut pandang dan pantulannya (mirip dengan gadget lipat lainnya) meskipun memberikan dampak subjektif yang besar.

Baca Juga: PHK Karyawan Perusahaan Akan Meningkat, Efek UMP 2023 Naik 10%?

Beberapa fitur disediakan oleh Asus untuk mencegah burn-in dari gambar statis. Mereka terdiri dari pergeseran piksel, yang secara halus menggeser piksel, dan perangkat mengaktifkan screensaver setelah 30 menit tidak aktif. Sensor cahaya sekitar juga memungkinkan penyesuaian otomatis suhu warna selain kecerahan.

Warna yang direproduksi pada layar sangat hidup dan jelas, menawarkan pengalaman menonton yang imersif berkat gamut warna DCI-P3 100% dan adanya validasi Pantone. Layarnya dilengkapi dengan kecerahan 500 nits, rasio kontras 1000000:1, dan respon-time 0,2 ms. Visibilitasnya bagus di lingkungan tertutup tetapi di bawah sinar matahari yang cerah layarnya memantulkan banyak cahaya, membuat Anda harus menyesuaikan sudut pandang Anda.

Namun, ZenBook Fold 17 ini juga menawarkan pengalaman menonton baru yang luas dan kami senang menonton film dan pertandingan Piala Dunia yang sedang berlangsung di layar. Layarnya juga memungkinkan input menggunakan layar sentuh kapasitif tetapi tidak memiliki fungsi pena. Namun, Asus mengklaim bahwa batasan yang patut diperhatikan adalah tidak adanya fungsi stylus bersertifikat. Tujuannya, menurut pabrikan, untuk mencegah kerusakan permukaan layar karena tidak terlindungi, tidak seperti layar sentuh pada umumnya.

Prosesor dan Performa Asus ZenBook 17 Fold

Asus ZenBook 17 Fold OLED baru ditenagai oleh jajaran generasi ke-12 Intel; khususnya, Core i7-1250U memiliki 10 core dan frekuensi maksimal 4,7 GHz. Perangkat ini dilengkapi dengan RAM 16GB dan penyimpanan 1TB. Untuk grafis, Asus membekalinya dengan Intel Iris Xe. Prosesor mengambil setiap tugas yang diselaraskan dengan mudah, memungkinkan Anda untuk melanjutkan pekerjaan dengan mulus tanpa menghadapi jeda apa pun. Multitasking bukanlah masalah sama sekali dan Anda dapat menggunakan hingga lima jendela secara bersamaan tanpa memperlambat kinerja prosesornya.

Seperti yang disebutkan dalam ulasan kami, grafis Intel Iris Xe tidak dikenal untuk game berat yang tentu saja ini mengecewakan, terutama mengingat harga ZenBook 17 Fold baru ini yang tidak murah. Sedangkan penyebaran panas sangat efektif karena ZenBook Fold 17 baru hadir dengan kipas 82-blade berperforma tinggi dan heat-pipe untuk manajemen panas yang lebih baik.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terlengkap yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here