Hal-Hal Menarik dan Beda Dalam Perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar
Hal-Hal Menarik dan Beda Dalam Perhelatan Piala Dunia 2022 Qatar

Dangmerdu -Tak terasa pentas akbar sepak bola sejagat beberapa bulan lagi akan kembali dihelat. Gelaran Piala Dunia 2022 bakal dipentaskan mulai 21 November hingga 18 Desember 2022 mendatang. Turnamen ini pun diprediksi akan menyedot perhatian seluruh dunia.

 

Salah satu keunikannya adalah pemilihan waktu turnamen. Pertandingan digelar pada November hingga Desember, padahal biasanya pada Juni-Juli.

 

Ada banyak faktor yang membuat Piala Dunia 2022 yang kembali berlangsung di Asia ini menjadi tontonan yang unik dan menarik. Berikut adalah beberapa fakta menarik Piala Dunia 2022, seperti dikutip dari Daily Star.

 

Piala Dunia Musim Dingin Pertama

 

Kompetisi edisi 2022 akan menjadi Piala Dunia musim dingin pertama atau berlangsung di akhir tahun. Dari 21 edisi sebelumnya, Piala Dunia selalu berlangsung pada musim panas atau pertengahan tahun.

 

Qatar yang berada di Timur Tengah memiliki suhu yang sangat tinggi yang bisa naik hingga 50 derajat Celcius saat musim panas. Faktor tersebut yang membuat penyelenggara menganggap mustahil jika Piala Dunia digelar pada musim panas.

 

Event Sepak Bola Termahal

 

Fakta lain yang menarik adalah tuan rumah Qatar menghabiskan dana fantastis demi kesuksesan penyelenggaraan Piala Dunia 2022. Dari informasi yang beredar, Qatar menghabiskan 200 miliar dolar AS atau hampir Rp3 biliun.

 

Dana ini untuk proyek infrastruktur, yang meliputi pembangunan stadion, jalan raya, hotel, dan sebagainya. Ini akan menjadikan Piala Dunia 2022 Qatar sebagai salah satu event sepak bola termahal dalam sejarah.

 

Stadion Paling Sedikit

 

Meski menghabiskan anggaran yang fantastis, jumlah stadion yang disiapkan Qatar hanya sedikit. Ini menjadi hal menarik karena Qatar hanya menyiapkan 8 stadion untuk Piala Dunia 2022.

 

Baca juga : Tim-Tim yang Tak Pernah Kalah di Ajang Liga Champions Selama Fase Group

 

Jumlah stadion ini menjadi yang paling sedikit dalam beberapa edisi terakhir Piala Dunia. Piala Dunia 1978 di Argentina jadi ajang yang hanya menggunakan enam stadion. Setelahnya tuan rumah menyediakan minimal 10 stadion.

 

Dari delapan stadion, pemerintah Qatar hanya merenovasi satu stadion. Tujuh stadion yang lain dibangun dari nol dan mendapat sentuhan teknologi yang canggih.

 

Rekor Jumlah Pengunjung

 

Salah satu fakta yang paling menarik adalah jumlah pengunjung yang akan datang ke Qatar saat Piala Dunia 2022. Banyak pihak memprediksi Piala Dunia 2022 mungkin akan mencatatkan rekor jumlah pengunjung.

 

Jumlah pengunjung diprediksi membeludak karena Qatar merupakan satu di antara negara terbaik di Timur tengah. Lokasi geografis Qatar yang berada di tengah para peserta Piala Dunia, serta memiliki bibir pantai juga jadi alasannya banyaknya pengunjung.

 

Mudah Berpindah Tempat

 

Jika membandingkan dengan tuan rumah Piala Dunia 2018, Rusia, wilayah Qatar jauh lebih kecil. Kondisi ini akan memudahkan tim peserta bahkan para suporter untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain di sini.

 

Kota-kota yang bakal menghelat pertandingan seperti Doha, Lusail, Al Wakrah, dan Al Rayyan juga letaknya sangat berdekatan. Fakta menarik lainnya adalah dua stadion berada di titik paling jauh yakni Al Bayt dan Al Wakrah hanya berjarak 90 mil.

 

Stadion Memiliki AC

 

Qatar ternyata juga sangat memperhatikan kenyaman para suporter saat melihat pertandingan Piala Dunia 2022. Perhatian yang paling penting yakni supaya suporter tidak berkeringat karena panasnya cuaca dan padatnya isi stadion.

 

Qatar memiliki solusi yang berani dan inovatif. Qatar akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA yang delapan stadionnya akan penuh dengan AC.

 

Piala Dunia yang Kedua di Asia

 

Qatar bukanlah negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Asia juga pernah menghelat Piala Dunia 2002 yang kala itu, Jepang dan Korea Selatan menjadi tuan rumah bersama.

 

Baca Berita Sepakbola Lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here