Dang Merdu – Dalam sebuah trip atau wisata, terkadang kita tidak ingin membawa tripod yang berat dan akan merepotkan anda sepanjang waktu.

Tentu saja ini adalah suatu pilihan yang cukup dilematis, memotret dengan tidak menggunakan tripod atau sering dikenal dengan istilahnya handheld akan membawa resiko tersendiri yaitu blur.

Nah, apabila anda tetap ingin dapat menghasilkan foto yang tajam sekalipun tanpa harus menggunakan tripod, anda dapat mencoba beberapa tips sederhana di bawah ini.

1. Memegang Erat Pada Kamera Anda
Memastikan posisi anda dalam kondisi memegang kamera dengan benar merupakan tips yang pertama dalam memotret tanpa harus menggunakan tripod tetapi hasilnya akan tetap tajam.
Tempatkan lengan anda sejajar dengan dada, agar getaran yang ada dapat tersalurkan melalui tubuh anda, lalu posisikan berat kamera anda agar ditopang oleh tangan kiri anda, bagian ini sangat bermanfaat bila anda memotret dengan lensa tele.
Tekan shutter dengan selembut mungkin serta usahakan pada saat menekan shutter anda tidak bergerak atau tidak menimbulkan getaran apapun.

2. Berlutut
Apabila berdiri saja tidak dapat menjamin anda tidak menimbulkan getaran yang dapat merusak suatu ketajaman foto, maka anda dapat mencoba untuk berlutut.
Menopang berat tubuh anda sambil berlutut akan dapat meminimalisir getaran tubuh anda, selain itu juga bila anda membawa beban kamera plus lensa yang berat, maka anda dapat menyalurkan berat yang ditanggung tangan kiri dengan menopang pada lutut anda.

Baca Juga : Tips Memotret Tanpa Menggunakan Tripod

3. Cari tempat bersandar
Dalam hal ini dapat juga berupa pohon, kursi, meja, dinding atau apapun juga dimana anda dapat bersandar untuk dapat menstabilkan kamera pada saat memotret. Pada prinsipnya adalah kita berusaha untuk dapat menyalurkan getaran dari tangan anda kepada objek atau material yang anda gunakan untuk bersandar.

4. Gunakan Tas Kamera Anda
Apabila anda membawa tas kamera, anda dapat mempergunakannya sebagai pengganti tripod, letakkan kamera anda di atas tas kamera anda tersebut, pastikan semua settingan sudah tepat, titik fokus, aperture, ISO serta shutter speed, untuk shutter speed anda juga dapat menggunakan shutter speed yang lebih lambat dari yang seharusnya !

Setelah semua settingan sudah selesai dicek kembali, atur mode pemotretan dengan timer, agar kamera tidak bergetar, bila anda menekan shutter maka akan lebih baik bila anda menggunakan shutter release. Anda juga dapat mengganti tas kamera anda dengan objek yang lainnya, seperti batu ataupun material yang anda temukan lainnya.

Demikian 4 tips sederhana agar foto anda dapat tetap tajam sekalipun tanpa harus menggunakan tripod, apabila anda memiliki metode sendiri, jangan pernah ragu untuk sharenya.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here