Dang Merdu – Belajar Fotografi Bagi Pemula, Gak Sulit Kok – Buat kamu yang masih SMP atau SMA, pasti sering, melihat teman atau kakak kelas yang memotret pada saat acara sekolah. Kemudian suatu saat kamu juga akan terinspirasi, untuk dapat belajar fotografi. Pasti pada bertanya, belajar fotografi untuk seorang pemula itu sulit gak, sih? Belajarnya dari mana dan perlu kamera yang bagus tidak, sih, untuk buat belajar fotografi?

Namun, sebelum kita membahas mengenai fotografi, kalian tahu tidak fotografi itu apaan, sih?

Fotografi adalah sebuah seni yang dapat menangkap sebuah cahaya, untuk dapat membuat sebuah gambar. Jadi, dengan ini kamu harus mengerti dulu apa itu fotografi, dan apa hubungannya fotografi dengan cahaya.

Ada juga istilah yang namanya: “The Photographer’s Eye”. Di mata orang biasa, mereka hanya melihat taman dengan orang-orang yang sedang berlalu-lalang, tetapi seorang fotografer akan dapat melihat sebuah lukisan yang dapat dipotret. Kamu juga dapat mempelajari lebih lanjut lewat buku The Photographer’s Eye karya Michael Freeman.

Nah, ini materi yang harus dipelajari oleh pemula dalam dunia fotografi
1. Segitiga Exposure (Exposure Triangle)
Basic dari semua fotografi adalah Exposure Triangle. Segitiga exposure ini merupakan aperture, shutter speed, dan ISO. Dan lebih lanjut kamu dapat mempelajari segitiga exposure melalui Understanding Exposur

Baca Juga : Cara Membuat Foto Lebih Tajam Langsung dari Kamera

2. Komposisi (Composition)
Komposisi adalah sebuah peletakan suatu objek dalam sebuah gambar supaya terlihat lebih bagus lagi. Dalam fotografi, komposisi ini merupakan suatu hal yang sangat penting karena akan dapat membuat foto yang sebelumnya berantakan atau jelek, menjadi lebih bagus lagi dan enak dilihat. Kamu juga dapat belajar komposisi melalui gambar berikutnya.

3. Storytelling
Dalam setiap foto yang bagus, pasti akan selalu menyimpan sebuah cerita. Foto yang bagus akan dapat membuat kita berimajinasi dan terpana. Karena foto yang tidak memiliki cerita akan membuat penontonnya menjadi bosan, bukan? Sama seperti halnya film, teater, video, lukisan, dan semua yang berhubungan dengan seni yang mempunyai cerita tersendiri. Kamu juga dapat belajar mengenai storytelling melalui Visual Storytelling 101 di YouTube.

Belajar fotografi bagi seorang pemula itu tidak sulit, kok, dengan hanya tinggal jeprat-jepret saja. Apabila kamu mempunyai tekad, kamu pasti bisa. Kamu juga dapat belajar dengan menggunakan alat apa saja, dari HP (tidak harus DSLR) maupun mata. Mata kamu juga dapat berlatih dalam melihat sebuah pemandangan. Dalam hal industri fotografi, kamu hanya akan ditanya mengenai portofolio kamu bukan ijazah. Tetapi apabila kamu berani dan yakin kamu pasti dapat membuka usaha fotografi sendiri. Menurut kamu bagaimana, apakah fotografi itu sulit?

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here