Dang Merdu – Setiap orang menginginkan hasil foto yang sangat bagus, hasil foto yang bagus pasti akan dapat meningkatkan nilai estetika dari foto yang diambil serta akan membuat hasil foto menjadi lebih enak dilihat. Menggunakan kamera DSLR bukanlah suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan, kalian akan mendapatkan hasil foto yang sangat bagus dengan menggunakan beberapa cara yang telah ditetapkan.

Kamera yang sulit digunakan, apabila kalian melihat dengan menggunakan kamer DSLR, kenyataannya tidak seperti itu. Menggunakan kamera DSLR tidaklah sesulit yang seperti kalian kira, untuk dapat menghasilkan gambar yang bagus pasti kalian harus banyak berlatih disamping menggunakan pengaturan kamera yang tepat.

Berlatih memotret akan dapat dilakukan dimana saja dan dengan siapa saja, yang terpenting kalian dapat berlatih secara rutin juga meminta bantuan kepada teman atau orang lain untuk dapat melihat hasil foto kalian. Biasanya hal tersebut akan membuat kalian menjadi lebih cepat paham dan lebih cepat mampu untuk dapat menghasilkan foto yang bagus dan menarik. Selain itu, pengaturan kamera juga sangat penting.

Ini akan menjadi salah satu hal yang utama untuk membuat kualitas foto kalian menjadi lebih bagus. Berikut ini beberapa pengaturan kamera yang harus kalian lakukan untuk membuat hasil foto kalian menjadi lebih bagus :

Mengatur Kualitas Gambar
Mengatur kualitas suatu gambar menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan, meskipun terlihat sepele namun ini akan menjadi hal yang sangat membantu kalian untuk dapat menghasilkan kualitas foto yang sangat bagus. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, aturlah kamera kalian pada kualitas gambar L (Large). Pada kamera DSLR, umumnya terdapat 3 pilihan kualitas gambar. Mulai dari kualitas gambar yang terendah yaitu S (small), kualitas menengah atau M (medium) dan yang paling bagus atau tinggi adalah L (Large).

Untuk penggunaan kualitas suatu gambar yang paling tinggi atau L (Large), kalian wajib menyiapkan memori kamera yang lebih besar. Hal ini sebaiknya kalian lakukan untuk dapat menghasilkan foto yang lebih banyak atau menghasilkan video yang lebih panjang.

Kualitas gambar L (Large) akan dapat menghabiskan memori lebih yang besar, bila biasanya kualitas foto S (small) hanya memiliki ukuran foto 2MB, maka untuk foto dengan kualitas foto L (Large) akan memiliki ukuran sebesar 7MB.

Semakin banyak foto atau video yang akan kalian ambil, maka sebaiknya gunakanlah memori yang semakin besar pula, misalnya kalian bisa menggunakan memori 32GB.

Baca Juga: 4 Cara Memastikan Garis Horizon Lurus Saat Memotret

Gunakan ISO terendah
ISO juga memiliki peran yang penting untuk dapat membuat hasil foto kalian menjadi sangat bagus, bagaimana sebaiknya mengatur ISO? apabila kalian ingin dapat menghasilkan foto yang sangat bagus, maka sebaiknya jangan menggunakan ISO dengan angka yang tinggi. Dengan menggunakan ISO yang tinggi maka dampak yang akan ditimbulkan yaitu munculnya noise atau bintik – bintik pada hasil foto kalian.

Timbulnya noise atau bitnik-binti pada hasil foto pasti akan membuat hasil foto kalian akan menjadi kurang bagus dan tidak enak dilihat. Untuk data mengurangi munculnya noise atau binti-bintik pada hasil foto maka sebaiknya kalian menggunakan ISO yang terendah yaitu angka 100. apabila kalian mendapati hasil foto kalian yang kurang pencahayaan atau under exposure, sebaiknya kalian mengatur unsur lainnya seperti shutter speed dan aperture pada kamera kalian.

Gunakan Tipod
Tripod merupakan salah satu alat fotografi yang dapat membantu kalian untuk meminimalisir guncangan pada saat memotret gambar maupun pada saat merekam video. Pada saat kalian menggunakan kamera untuk waktu yang cukup lama biasanya tangan akan menjadi kelelahan serta dapat membuat tangan menjadi bergetar. Oleh sebab itu, pada saat kalian akan memotret untuk waktu yang cukup lama, maka sebaiknya gunakanlah tripod untuk dapat menghindari guncangan yang membuat hasil foto kalian akan menjadi blur.

Penggunaan tripod ini juga sangat membantu fotografer pada saat akan menggunakan shutter yang rendah, bahkan hal ini juga diharuskan untuk membuat fotografer mendapatkan hasil foto yang lebih tajam dan bagus walaupun dengan menggunakan shutter yang rendah. Berbeda apabila kalian tidak menggunakan tripod pada saat menggunakan shutter speed yang rendah, maka hasil foto yang kalian dapatkan akan menjadi blur dan kurang tajam.

Perhatikan Light Meter
Light meter atau pengukur cahaya memiliki fungsi untuk mengukur cahaya yang masuk pada kamera. Pada saat kalian menggunakan mode manual, maka jangan lupa untuk memperhatikan light meter sebelum memencet tombol shutter. Hal ini perlu kalian lakukan untuk dapat mengantisipasi hasil foto kalian yang terlalu gelap atau terlalu terang.

Pengaturan light meter yang baik yaitu titik eksposure yang berada tepat ditengah, artinya pencahayaan pada objek kalian dalam keadaan normal atau cukup. Namun apabila titik eksposure berada di angka 1 diatas titik tengah, maka kemungkinan cahaya pada foto kalian akan mengalami over ekposure atau hasil foto kalian yang terlalu terang. Yang terakhir, apabila titik eksposure berada di bawah titik tengah, maka hasil foto kalian dapat dipastikan akan under exposure atau dalam keadaan cahaya yang kurang/gelap.

Itulah beberapa cara untuk mengatur settingan kamera untuk mendapatkan hasil foto yang sangat bagus, semoga saja artikel ini dapat bermanfaat juga dapat menambah informasi untuk kalian.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here