Dang Merdu – Mengambil sebuah foto memang sangat mudah, namun tidak semua orang dapat mengambil foto dengan cukup baik. Untuk dapat mengambil foto dengan baik, Anda memang harus belajar banyak hal yang dimulai dari komposisi, pencahayaan, hingga sampai ke teknik dasar kamera. Tentunya semua itu pasti akan memerlukan proses pembelajaran yang tidak sebentar.

Namun, tahukah Anda ada beberapa trik sederhana yang dapat membuat foto Anda tampil menjadi lebih baik? Dalam artikel ini, akan membahas lima trik agar foto Anda dapat tampil dengan lebih baik dari sebelumnya. Trik ini juga dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel dan sangat mudah sekali dilakukan.

Berikut adalah lima trik khusus yang dapat membuat foto Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya:
1. Miringkan sudut pengambilan gambar
Teknik dengan memiringkan sudut pengambilan gambar merupakan suatu hal yang sangat mendasar yang dapat membuat foto Anda akan tampil dengan lebih menarik lagi. Biasanya objek foto yang dapat dimiringkan hingga 45 derajat agar tampil lebih menarik. Dengan memiringkan sudut pengambilan gambar, maka foto yang Anda ambil akan terkesan tidak membosankan dari sebelumnya.

2. Bokeh
Bokeh merupakan istilah fotografi untuk efek blur pada latar belakang foto. Efek blur tersebut dapat dihadirkan melalui cara dengan mendekatkan kamera dengan objek dan mencari titik fokus yang paling dekat. Atau Anda juga dapat menggunakan aplikasi pengolah foto untuk dapat menampilkan efek blur.

Baca Juga : Hambatan yang Dialami Oleh Seorang Fotografer

3. Vignette
Sama seperti bokeh, vignette merupakan suatu istilah fotografi untuk efek gelap atau terang yang muncul di sekitar ujung foto. Efek tersebut sebenarnya muncul dari penggunaan lensa yang berkualitas kurang baik atau tidak cocok dengan kamera.

Dalam beberapa kasus, vignette justru dapat menampilkan efek foto yang lebih artistik serta dapat mempertegas suatu objek. Di ponsel ini, efek vignette dapat ditampilkan melalui aplikasi Adobe Lightroom Mobile.

4. HDR
HDR atau high dynamic range merupakan langkah selanjutnya bila Anda ingin menghasilkan foto yang lebih menarik dan berbeda dengan foto yang lain. HDR akan menghadirkan kontras warna yang cukup tinggi sehingga foto dapat tampil berbeda dengan versi yang aslinya. Efek HDR ini juga banyak dijumpai di berbagai aplikasi pengolah foto.

5. Tampilan foto hitam putih
Pada saat foto berwarna semakin mudah diambil, ada beberapa orang yang justru lebih suka dengan foto hitam putih karena menampilkan nuansa klasik yang lebih menarik lagi. Anda juga dapat memanfaatkan ini dengan cara mengubah foto menjadi hitam putih. Rata-rata aplikasi pengolah foto memiliki fasilitas ini, bahkan filter di Instagram juga sudah dapat mengolah foto menjadi hitam putih sehingga yang seharusnya Anda tidak akan kesulitan dalam melakukannya.

Perlu diingat juga bahwa trik ini hanya berlaku untuk kegiatan foto biasa. Untuk dapat menjadi seorang fotografer profesional, Anda tentu harus banyak belajar berbagai ilmu fotografi yang sebenarnya.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here