Xiaomi 12T, Mid-Ranger Terbaru Xiaomi Bikin Flagship Ketar Ketir?

DANG MERDU – Xiaomi merilis lusinan ponsel setiap tahun, jadi sedikit sulit untuk tahu yang mana yang baru dirilis. Seri 12T menyertakan model pada titik harga kelas menengah dan flagship, tetapi ditawarkan sebagai alternatif yang terjangkau untuk Xiaomi 12 dan 12S Ultra. Ini adalah 12T reguler yang lebih murah yang menjadi fokus kami di sini, yang memiliki spesifikasi kelas atas namun mulai dari harga 8-jutaan.

Tapi berapa banyak yang dikorbankan untuk mencapai harga itu, dan apakah ada ponsel kelas menengah yang lebih baik di luar sana? Jawaban singkat untuk pertanyaan-pertanyaan itu tidak banyak. Tapi izinkan kami untuk menjelaskan lebih detail.

Desain & Build Quality Xiaomi 12T

Desain telah menjadi kekuatan utama ponsel Xiaomi untuk beberapa waktu ini, dan itu tidak berbeda dengan 12T. Dengan bodi serba kaca, bezel setipis silet, dan kamera belakang yang menarik, ponsel ini dapat dengan mudah disalahartikan sebagai ponsel flagship. Tidak heran Xiaomi memilih desain yang identik dengan 12T Pro yang lebih mahal. Faktanya, satu-satunya cara untuk membedakannya adalah dengan mencari teks kecil “108Mp” tepat di bawah kamera utamanya.

Modul kameranya sendiri sedikit menonjol dari bagian belakang ponsel ini, tetapi tidak perlu khawatir sama sekali saat digunakan menghadap ke atas di atas meja. Menerapkan casing silikon yang disertakan di dalam kotak membuatnya semakin tidak terlihat. Tanpanya, Anda mungkin mendapati ponsel terlepas dari saku atau bahkan tangan Anda secara tidak sengaja. Layar 6,67 inci yang besar membuat ini lebih mungkin, kita tidak akan merasa aman tanpa menggunakan case untuk 12T.

Namun, Anda mungkin ingin memilih casing yang tidak mengaburkan desain belakangnya. Kaca di bagian belakang ponsel memiliki lapisan matt yang menarik, yang berarti berkilau dalam cahaya tetapi tetap tahan terhadap sebagian besar noda sidik jari. Warna hitam yang kami uji terkadang menyerupai abu-abu tua, tetapi warna silver dan biru juga tersedia jika Anda mau. Ketiganya mengadopsi estetika yang relatif minimalis, dengan logo Xiaomi kecil satu-satunya tulisan di bagian belakang.

Membalik ponsel, Anda akan mengungkapkan layar besar itu, yang hanya terganggu oleh lekukan lubang kecil di bagian atas. Di situlah Anda akan menemukan kamera selfie 20Mp yang bekerja dengan baik untuk face unlock, meski bukan yang paling aman. Kami akan merekomendasikan menggunakan pemindai sidik jari di dalam layar, yang umumnya dapat diandalkan dan lebih cepat daripada sensor yang sama pada beberapa ponsel lain.

Baca Juga: Ide Bisnis Online Paling Menguntungkan 2023

Satu fitur desain utama lainnya adalah speaker ganda selain lubang mic, itu bukan sesuatu yang Anda lihat di banyak handset saat ini. Namun, tidak akan ada kejutan lain, dengan kontrol volume dan daya, port USB-C, dan tray kartu SIM. Yang terakhir mendukung dual SIM, tetapi bukan penyimpanan yang dapat diperluas. Dengan berat 202g, Xiaomi 12T cukup tipikal untuk ponsel modern. Namun, ukuran dan beratnya membuatnya menjadi perangkat dua tangan sepanjang waktu.

Layar Xiaomi 12T

Kami telah menyebutkan tampilannya beberapa kali, tetapi mari kita bicarakan lebih detail. Xiaomi 12T dilengkapi dengan panel OLED 6,67 inci, 1220×2712 yang identik dengan 12T Pro.

Seperti yang diharapkan, layar atau display adalah salah satu alasan utama untuk membeli sebuah ponsel. Ini memberikan pengalaman menonton yang kaya dan mendetail, dengan warna-warna cerah dan hitam pekat. Resolusi 1440p atau lebih tinggi akan menyenangkan untuk dimiliki.

12T dan 12T Pro juga memberikan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 480Hz yang sama, dengan yang terakhir ini mengukur berapa kali tampilan dapat mencatat input sentuhan pengguna setiap detik. Digabungkan, mereka menghadirkan pengalaman mulus dan lancar yang dapat dengan mudah menyaingi handset Android kelas flagship sekalipun.

Namun, pengaturan default memungkinkan kecepatan refresh turun secara otomatis ke 60Hz saat tampilan statis, untuk menghemat masa pakai baterai. Anda dapat memilih 60Hz atau 120Hz secara manual jika Anda mau. Selain itu, Xiaomi mengklaim 12T dapat mencapai kecerahan maksimum 900 nits, tetapi kami hanya mencatat 506 nits dalam pengujian. Tetap saja, itu membuatnya mudah digunakan di luar ruangan, termasuk dalam kondisi cerah.

Ponsel ini memang dilengkapi dengan pelindung layar yang sudah diterapkan sebelumnya, tetapi cukup bagus dan tidak menghilangkan desain utama dari 12T. Karena itu, kami sarankan untuk membiarkannya begitu saja. Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita gadget terupdate yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here