Cara Mudah Membuka Baut yang Sudah Dol Dengan Tepat
Cara Mudah Membuka Baut yang Sudah Dol Dengan Tepat

Berita Pekanbaru Terkini – Agar part sebuah sepeda motor menjadi sebuah bentuk yang utuh, baut merupakan komponen penting yang digunakan untuk mengikat part tersebut. Akan tetapi, pernahkah anda merasa kesulitan membuka baut tersebut dikarenakan bautnya yang sudah dol atau berkarat. Bila hal tersebut sudah terjadi, terdapat beberapa cara untuk membuka baut yang sudah dol yang dapat anda lakukan.

Penyebab baut dol atau karatan yang membuatnya susah untuk dibuka umumnya disebabkan oleh usia, kualitas atau bahkan disebabkan oleh pemasangannya yang kurang pas.

Sebelum masuk ke tahapan bagaimana cara melepaskannya, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu jenis-jenis baut tersebut.

Jenis-jenis Baut Yang Harus Anda Ketahui

  • Baut Kepala Segi Empat (Square Head Bolt)

Salah satu jenis baut yang kerap kali digunakan serta memiliki bentuk yang sesuai dengan namanya dan memiliki kepala berbentuk kotak. Fungsi baut yang satu ini sebagai baut pengikat dan cukup banyak digunakan pada industri beras dan konstruksi bangunan.

Baca juga : Industri Semikonduktor Mulai di Lirik Oleh Pemerintah Indonesia

  • Baut Kepala Hexagonal (Hexagonal Bolt)

Baut kepala hexagonal adalah salah satu baut yang kerap digunakan pada kendaraan. Kepalanya yang berbentuk segi enam dengan flange (plat) pada bagian bawah kepalanya yang berfungsi sama seperti dengan baut lainnya yang dilengkapi dengan washer.

  • Carriage Bolt

Bentuk kepala baut jenis yang satu ini mirip dengan kubah serta pada bagian leher memiliki bentuk segi empat. Fungsi pada bagian segi empat tersebut untuk menekan baut agar masuk kedalam material. Carriage bolt yang berfungsi sebagai penyambung antara komponen jenis kayu sehingga mempunyai daya cengkram yang begitu kuat.

  • Point Head Bolt

Jenis baut ini mempunyai bagian grip serta ulir yang ukuran diameternya sejajar. Untuk bagian kepala mempunyai 12 ridges/sudut yang melingkar lurus ke bawah dan mengarah ke ulirnya.

Sementara untuk bagian ridges dan ulir yang dibatasi dengan bahu yang berfungsi sebagai pengikat benda yang membutuhkan perekat kuat.

  • Hexalobular Hole Bolt

Baut berjenis L (but dengan lubang di kepala) dengan lubang yang bentuknya seperti bintang. Hexalobular hole bolt tersebut juga kerap kali disebut dengan baut bintang, dikarenakan bentuk kepala bautnya yang mirip dengan bintang.

  • Hex Socket Head Bolt

Baut jenis ini memiliki kepala dengan lubang segi enam (baut jenis L). Baut Hex Socket Head Bolt digunakan pada lubang yang memiliki ukuran kecil dan sesuai dengan ukuran kepala baut tersebut.

  • Lag Bolt 

Merupakan salah satu jenis baut yang mempunyai kepala segi enam dengan ujung yang runcing mirip dengan kontruksi wood screw. Untuk ukuran ulir baut tersebut juga lebih besar daripada baut pada umumnya.

  • Baut U

Baut ini memiliki bentuk seperti huruf U yang berfungsi untuk pengikat 2 benda tanpa harus melubangi benda tersebut. Contohnya seperti pada penggunaan bidang otomotif yang mana baut yang satu ini digunakan untuk menyambungkan pegas-pegas daun dengan axle.

  • Baut Tanam

Baut jenis ini tak mempunyai kepala pada kedua ujungnya, baut tnam tak mempunyai 2 ulir yang mana pada satu bagian ulir tersebut ditanamkan pada komponen.

Untuk penggunaannya, baut tersebut kerap kali tak berfungsi dengan baik dimana terdapat beberapa masalah yang kerap terjadi seperti karat atau dol.

Permasalahan tersebut umumnya terjadi dikarenakan proses pemasangan, perawatan atau juga karena kualitas baut tersebut.

  • Eye Bolt

Baut ini bentuknya mirip dengan cincin pada bagian kepala, dimana fungsi baut tersebut untuk memindahkan peralatan-peralatan dan juga untuk mengikat rantai/tali pada bagian kepala cincin eye bolt. Baut yang satu ini juga mudah untuk digunakan menarik suatu benda.

Cara Membuka Baut yang Sudah Dol/Slek dengan Tepat

Tak hanya karena usia pakai saja, baut dol juga dapat disebabkan karena kualitasnya serta kesalahan saat pemasangan. Jika baut sudah dol, membukanya pun harus menggunakan cara yang khusus yang sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan. Berikut ini merupakan cara yang tepat untuk membuka baut yang sudah dol yang dapat anda lakukan dirumah.

  • Gunakan kunci ring dengan penampang yang berbentuk segi enam dan jangan gunakan kunci yang bergerigi.
  • Gunakan oben bila perlu untuk menyambung kunci agar ukuran kunci tersebut menjadi lebih panjang serta mudah untuk digunakan.
  • Pasangkan kunci pada baut yang telah dol, selanjutnya pukul beberapa kali dengan menggunakan martil. Tujuan pemukulan tersebut agar membuat lubang kunci dapat masuk serta mampu mencengkram baut tersebut.
  • Jika baut tersebut sudah sangat keras, anda dapat memukulnya tepat pada bagian kepala baut agara kunci ring dapat dengan mudah mencengkram baut.
  • Kemudian gerakkan kunci ke arah berlawanan dengan jarum jam. Selanjutnya tekan secara perlahan agar baut dapat ikut berputar.
  • Bila baut sudah berhasil memutar sedikit demi sedikit, yang menandakan jika trik tersebut sudah berhasil sehingga anda dapat melanjutkan memutarnya hingga baut tersebut benar-benar terlepas.

Untuk informasi menarik seputar Berita Otomotif Terkini lainnya pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here