Hanya ada 50 Unit di Dunia, Citroen membawa My Ami Buggy ke Indonesia
Hanya ada 50 Unit di Dunia, Citroen membawa My Ami Buggy ke Indonesia

Berita Pekanbaru Terkini – Kembalinya merek mobil asal Prancis Citroen ke tanah air dengan menghadirkan sebuah mobil listrik mungil dengan tampilan yang unik bernama My Ami Buggy. Meski hanya untuk perkenalan saja dan bukan untuk dijual secara umum.

Citroen Ami edisi Buggy yang diperkenalkan untuk pasar global mendapatkan respon yang cukup positif, hanya dengan waktu yang singkat 17 menit saja sudah membuat mobil mungil itu habis terjual. Sayangnya merek asal Prancis tersebut hanya memproduksi 50 unit saja dan 1 unit tersebut ternyata berada di tanah air.

Perusahaan induk Citroen, Stellantis N.V telah menunjuk Indomobil Group agar menjalankan kembali bisnis yang dimiliki tersebut di pasar tanah air dan terakhir kali menjual produknya di Indonesia pada tahun 1994 yang lalu.

Tan Kim Piauw selaku Advisory Board Indomobil Group menjelaskan jika hadirnya mobil listrik tersebut merupakan penetrasi awal dari Citroen Indonesia. Pihaknya kan menghadirkan mobil kepada para konsumen di tanah air pada 7 Desember 2022 mendatang.

Tan juga menjelaskan dengan hadirnya My Ami Buggy sebagai bukti jika pabrikan dapat menghadirkan sebuah mobil yang berbeda serta menyenangkan dengan adanya pendekatan secara visual yang menarik. Dengan mengusung teknologi listrik berbasis baterai mampu membuktikan jika Citroen serius dalam berkompetisi di pasar EV secara domestik maupun global.

Visi yang dimiliki oleh Citroen untuk mampu menghadirkan sebuah konsep produk yang melampaui waktu dan masanya. My Ami Buggy juga menjadi salah satu visi dan upaya Citoren yang menggambarkan kendaraan masa depan.

Tak hanya mengusung teknologi EV, My Ami Buggy juga memiliki selling point utama pada segi tampilan. Dimana mobil yang mungil tersebut berusaha merepresentasikan sebuah mobil listrik yang simpel namun tangguh dengan desain yang dihadirkan.

My Ami Buggy hadir dengan warna bodi hijau tua dengan aksen kuning cerah dan roda yang berkelir perunggu. Yang membedakan dengan varian Ami lainnya adalah Buggy menyematkan pintu samping dengan bentuk tabung yang mirip dengan tubular.

Hanya ada 50 Unit di Dunia, Citroen membawa My Ami Buggy ke Indonesia
Hanya ada 50 Unit di Dunia, Citroen membawa My Ami Buggy ke Indonesia

Baca juga : Inilah Area Titik Buta Pada Mobil dan Solusinya Yang Harus Anda Ketahui

Atapnya pun dapat dilepas pasang dengan bahan kanvas berwarna hitam. Jika tak digunakan, komponen tersebut dapat diletakkan pada bagian belakang kursi.

Memiliki tampilan yang lebih kalem jika dibandingkan dengan model konsepnya yang diperkenalkan pada bulan Desember tahun lalu. Tak tersemat lampu eksternal pada bagian atas atapnya, serta tak tersedia pula pelindung lampu depan dan tak tersedia roof rack yang menjadikannya sebagai tempat ban serep. Meski jika disandingkan dengan Ami tipe Standar, tentu saja versi yang satu ini hadir dengan lebih kokoh dan berani.

Citroen My Ami Buggy berbekal motor listrik dengan daya sebesar 6 kW atau setara dengan 8 daya kuda. Untuk baterainya juga menggunakan 5,5 kWh dan bila terisi penuh mampu menempuh  jarak hingga 70 kilometer.

Mobil listrik yang bergaya SUV ini hanya dapat dipacu hingga kecepatan 45 km/jam saja, karena daya dinamo dan baterainya yang tak begitu besar. Durasi pengisian dari 0 hingga 100 persen membutuhkan waktu 3 jam saja, sayangnya mobil tersebut belum support fast charging.

Dengan fitur dan spesifikasi yang biasa-bisa saja namun harganya sudah menyentuh angka 9.790 Euro atau setara dengan Rp. 159 jutaan. Kemungkinan bila dijual di Indonesia terdapat kemungkinan jika harganya akan membengkak hingga 2 kali lipat.

Terkait urusan akomodasi penumpang, mobil unik yang satu ini hanya dapat mengangkut 2 orang penumpang saja dan tak ada ruang bagasi khusus akan tetapi pemilik mobil tersebut dapat memanfaatkan slot yang terbuka pada bagian belakang jika akan membawa barang.

Citroen berada di bawah payung bisnis Indomobil Group yang memastikan jika akan masuk untuk segmen elektrifikasi. Akan tetapi untuk harga dan kapan akan dijual belum ada informasi secara pastinya. Dimana pada awal bulan Oktober yang lalu, perusahaan tersebut telah menampilkan mobil listrik SUV e-C4 yang menggambarkan bila mobil tersebut menjadi portofolio untuk model di tanah air.

Untuk informasi seputar Berita Otomotif Terkini lainnya pastikan hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here