Gubri H. Syamsuar Usulkan Dana Bantuan Peremajaan Sawit Rakyat Bisa Dinaikkan
Gubri H. Syamsuar Usulkan Dana Bantuan Peremajaan Sawit Rakyat Bisa Dinaikkan

Berita Pekanbaru – Pemerintah pusat saat ini melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), akan memberikan dana bantuan untuk program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang ada di provinsi Riau. Dana yang diberikan tersebut yakni berjumlah Rp30 juta untuk satu hektare kebun kelapa sawit masyarakat.

Gubenur Riau (Gubri) H. Syamsuar mengatakan, bahwa dana bantuan tersebut untuk PSR yang beliau dirasa saat ini masih kurang. Pasalnya, saat ini sedang ada terjadi inflasi diakibatkan dari kenaikan harga BBM beberapa waktu lalu.

“Dengan kondisi inflasi yang terjadi saat ini, dana untuk PSR adalah sebesar Rp30 juta per hektare dirasa masih kurang,” kata Gubri H. Syamsuar saat bertemu dengan Komisi XI DPR RI di Hotel Premiere Pekanbaru, pada Jumat (18/11/2022).

Dilanjutkan oleh Gubri, selain dikarenakan kondisi inflasi, saat ini juga ada terjadi kenaikan dari harga pupuk. Hal tersebut juga cukup membuar susah para petani yang akan mengembangkan perkebunan kelapa sawit yang ada di Riau.

Baca juga: Dinkes Riau Mencatat Orang Dengan HIV AIDS di Riau Mencapai 8.034 Kasus

“Pupuk saat ini juga naik, kalau bisa dana untuk PSR ini dapat ditambah kembali, jangan hanya Rp30 juta,” pintanya.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hatari juga mengatakan, bahwa tujuan utama dari pihaknya untuk datang ke Riau dalam rangka pengembangan industri kelapa sawit. Dikarenakan oleh itu, pihaknya saat ini ingin mendengarkan laporan dari semua pihak.

“Kami datang saat ini untuk mendengar, baik dari pemerintah daerah, asosiasi petani kelapa sawit dan juga berbagai pihak lainnya,” sebutnya.

Pada pertemuan tersebut, selain saat itu dihadiri oleh para anggota Komisi XI DPR RI. Juga hadir perwakilan dari BPDPKS, asosiasi petani kelapa sawit yang ada di Riau serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang berada dilingkungan Pemprov Riau.

Simak juga berita lainnya, seputar topik berita riau terlengkap di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here