Dang Merdu – Kesulitan pasti menjadi salah satu hal yang sering dialami dalam menjalani sebuah kegiatan apapun. Akan tetapi kesulitan bukanlah suatu hal yang dapat menghentikan kita untuk melangkah. Kesulitan yang dialami seharusnya menjadi sebuah tantangan dan pemacu semangat agar menjadikan kita menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Begitupun bagi seorang fotografer, Kesulitan memang terkadang datang menghampiri pada saat sedang memotret ataupun mengambil video. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai beberapa hambatan yang dialami oleh fotografer, diataranya :

Cuaca
Pada saat memotret di area luar ruangan, cuaca pasti menjadi salah satu hambatan ketika sedang memotret. Cuaca yang terlalu panas atau cuaca sedang hujan pun menjadi salah satu hambatan juga. Pada saat cuaca terlalu panas, sebaiknya seorang fotografer tidak memotret pada waktu – waktu yang tidak direkomendasikan. Misalnya saat cuaca panas pada tengah hari yaitu antara pukul 11 hingga pukul 1 siang.

Dengan waktu tersebut, biasanya fotografer pasti akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus karena cahaya matahari yang berada tepat diatas kepala. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap hasil foto yang akan membuat area wajah objek menjadi gelap (fill in). Terlebih lagi yang apabila menjadi objek foto merupakan seseorang yang menggunakan penutup kepala seperti topi atau kerudung.

Namun sebenarnya hal ini dapat ditanggulangi dengan menggunakan flash, baik flash internal maupun eksternal (speedlight). Pada saat menggunakan flash, wajah objek akan menjadi lebih baik serta tidak kekurangan cahaya. Selanjutnya adalah cuaca hujan, hal ini akan dapat menghambat fotografer untuk melancarkan aksinya. Pasti fotografer tidak diperkenankan untuk memotret di luar ruangan dalam keadaan hujan, hal tersebut dapat membuat kamera terkena percikan air hujan.

Bisa saja air hujan mengenai kamera, meskipun sudah menggunakan payung. Bila kamera banyak terkena percikan air, maka dampak buruk yang akan terjadi pada kamera diantaranya yaitu timbulnya jamur karena kamera akan menjadi lembab serta kemungkinan terburuk dapat membuat kamera menjadi rusak bahkan mati total.

Berbeda apabila seorang fotografer memotret di dalam ruangan, hal tersebut bukanlah menjadi suatu masalah. Meski dalam cuaca apapun fotografer akan tetap bisa memotret.

Objek Terhalangi
Dalam beberapa kondisi, terkadang seorang fotografer juga memotret di tempat yang sangat ramai. Biasanya hal tersebut dapat terjadi pada saat memotret sebuah acara yang banyak dihadiri oleh orang – orang, seperti pernikahan, perlombaan, gathering dan lain sebagainya.

Dari beberapa jenis acara diatas pasti banyak sekali orang yang akan hadir, bahkan orang yang hadir akan mencapai ratusan hingga ribuan orang. Dengan bayaknya orang yang datang, biasanya hal tersebut akan menjadi salah satu hambatan bagi seorang fotografer untuk dapat memotret objek.

Baca Juga: Dasar Fotografi yang Perlu Dipahami

Terkadang orang – orang yang datang dengan berjalan kesana – kemari yang akibatnya dapat menghalangi pandangan fotografer untuk memotret. Meskipun pada akhirnya bisa mendapatkan objek bidikannya, hal tersebut pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar orang – orang yang ada pada acara tersebut tidak menghalangi pandangan fotografer.

Peralatan Kurang
Hal ini dapat terjadi pada saat fotografer pergi ke tempat yang jauh dari rumah, biasanya pada beberapa kondisi fotografer lupa untuk membawa beberapa peralatan. Karena perlatan yang kurang memadai, maka hasil dari foto tidak begitu maksimal. Meskipun hal ini tidak selalu terjadi, namun perlu diperhatikan juga bila ingin bepergian ke suatu tempat yang jauh dari rumah. Tentunya hal ini pasti dapat merugikan diri kita sendiri.

Oleh sebab itu, pastikan kalian untuk mencatat apa saja perlatan yang sekiranya akan digunakan dan mengecek seluruh perlengkapan dan kebutuhan fotografi agar sewaktu kalian membutuhkan peralatan fotografi tidak mengalami kesulitan atau kekurangan peralatan. Karena hal ini pasti akan berdampak pada hasil foto maupun video kalian.

Baterai Habis Mendadak
Nah, ini adalah salah satu hal yang dapat membuat kesal fotografer. Ketika sedang asyik-asyiknya memotret atau mengambil video, terkadang kamera mati dengan tiba-tiba karena baterai kamera habis. Untuk dapat mengantisipasi hal ini, kalian dapat melakukan beberapa cara yaitu dengan menyiapkan baterai cadangan, menghemat baterai kamera sebaik mungkin atau dengan menyiapkan kamera cadangan.

Selain itu, pastikan juga bahwa baterai kalian dalam keadaan penuh sebelum dipakai. Karena apabila kalian lupa untuk mengisi daya baterai, pasti hal tersebut dapat menyulitkan kalian pada saat sedang memotret. Hal tersebut pastinya akan berdampak kepada hasil foto ataupun video kalian, diantaranya kalian pasti tidak akan mendapatkan seluruh momen atau seluruh rangkaian kegiatan, terlebih lagi kegiatan atau momen tersebut adalah momen yang sangat bagus.

Momen Terlalu Cepat
Pada dasarnya fotografer memang dituntut untuk cepat dalam melakukan suatu hal, terutama dalam melihat momen dan memotretnya. Hal tersebut harus dilakukan seorang fotografer karena memang beberapa momen berlangsung dengan sangat cepat dan bahkan tidak berulang. Satu – satunya cara agar kalian mendapatkan momen yang terbaik dan langka, pastinya mengharuskan kalian menjadi seseorang yang cepat dalam menyadari momen dan memotretnya.

Beberapa genre foto yang membutuhkan momen sangat cepat yaitu human interest, street photography, atau sport photography. Berbeda dengan foto konsep yang memang dapat diulang beberapa kali sehingga mendapatkan hasil yang terbaik.

Itulah beberapa hambatan yang biasa ditemui dan dirasakan oleh seorang fotografer, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan semoga dapat menambah pengetahuan fotografi kalian.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here