Dang Merdu – Pada saat kalian memutuskan untuk membeli sebuah kamera dan ingin terjun ke dunia fotografi, kalian juga perlu untuk mempelajari hal – hal yang berhubungan dengan kamera ataupun dengan kegiatan fotografi yang nantinya akan kalian tekuni. Selain mempelajari secara teori, kalian juga harus mengimbanginya dengan cara mempraktekannya secara langsung. Praktek secara langsung akan dapat membuat seseorang lebih mudah dalam menangkap pengetahuan dan informasi.

Untuk seseorang yang berada didalamnya, dalam dunia fotografi ada tingkatan tertentu, mulai dari tingkat dasar, menengah dan tingkat mahir. Masing – masing tingkatan memiliki materi, pengetahuan serta tingkat kesulitan yang berbeda pula. Untuk dapat mempelajari hal baru, tentu kalian dapat memulainya dari tingkat dasar, tingkat ini tidaklah terlalu rumit dan cenderung lebih mudah untuk diingat dan untuk dipelajari.

Kemudian, bagaimanakah tips dasar fotografi yang sebaiknya kalian pahami? Berikut ini ada beberapa tips serta penjelasan tentang fotografi yang harus kalian pahami, diantaranya :

Memegang Kamera
Memegang kamera adalah hal pertama yang harus kalian pelajari dan pahami. Memang memegang kamera merupakan hal yang sepele dan terkadang diabaikan begitu saja, namun hal ini sangatlah penting. Mengapa begitu? Karena apabila kita memegang kamera dengan baik dan sesuai maka kita akan sangat mudah dalam membidik objek sasaran.

Grip merupakan bagian yang menonjol dan terletak pada bagian kanan body kamera yang benar-benar berfungsi untuk menjadi tempat genggaman tangan pada saat memegang kamera. Dengan menggenggam grip kamera dengan baik, maka kita dapat sedikit mengurangi hand shake pada saat mengambil gambar.

Memahami fungsi strap/tali kamera
Strap merupakan sebuah aksesoris wajib pada kamera, untuk kalian yang hendak membeli kamera tidak perlu khawatir, karena strap merupakan salah satu aksesoris bawaan alias gratis yang bisa di dapatkan dari penjual. Oleh karena itu, kalian dapat memanfaatkan strap pada kamera kalian.

Untuk menggunakan strap, kalian dapat menggunakannya dengan beberapa cara, cara yang pertama yaitu kalian dapat menggulungnya di tangan kanan sebanyak tiga kali gulungan, mengapa begitu? Karena fungsi dari menggulung strap pada tangan yaitu untuk mengantisipasi jatuhnya kamera kalian. Dengan begitu kamera kalian tidak mudah jatuh kamera sudah ada strap yang sudah terkait dengan tangan.

Cara yang kedua yaitu dengan mengalungkan kamera dengan menggunakan strap pada leher kalian. Pada saat kamera sedang tidak digunakan, atau ketika kalian sedang menunggu untuk membidik objek, maka kalian dapat mengalungkan kamera dengan menggunakan strap. Hal ini juga berfungsi untuk mengantisipasi kamera kalian agar tidak terjatuh, terbentur, atau lupa menyimpan.

Selain itu, pada saat kalian mengalungkan kamera tentu akan membuat kalian lebih cepat menangkap sebuah gambar dibandingkan kalian menyimpan kamera di suatu tempat pada saat kamera sedang tidak digunakan. Terlebih pada saat moment atau kejadian yang kalian tunggu merupakan moment yang cepat dan tidak dapat terulang. Kalian pasti akan merasa rugi apabila melewatkan moment yang bagus tersebut bukan?

Baca Juga : Alasan Mengapa Lensa Kamera Tidak Dapat Dipasang

Mengenali Bagian – Bagian Pada Kamera
Setelah kalian dapat memegang kamera dengan baik, selanjutnya ke tahap pengenalan bagian – bagian kamera. Biasanya kamera ini memiliki lebih dari 30 bagian, diantaranya tombol, simbol maupun tempat penyimpanan. Masing – masing dari bagian tersebut harus kalian pahami, dengan begitu kalian akan dengan mudah untuk menggunakan kamera dan tidak akan mengalami kesulitan yang berarti.

Apabila kalian merasa kesulitan dalam menemukan penjelasan tentang bagian – bagian kamera, kalian dapat membacanya disini. Setelah membacanya kalian dapat memahami dan mempraktekkan apakah benar fungsi dari masing – masing bagian dalam kamera yang telah dijelaskan. Dan selanjutnya apabila kalian merasa kesulitan karena terlalu banyak bagian – bagian kamera, maka kalian dapat mempelajarinya dengan perlahan sedikit demi sedikit, dan tidak harus sekaligus kalian pelajari dalam waktu yang sama.

Karena esensi dari mempelajari bagian – bagian kamera adalah memahami dan mampu menggunakan kamera sesuai dengan sebagaimana fungsinya. Hal yang paling penting adalah kalian harus sering-sering mengulangi dan mengingat – ingat bagian – bagian kamera yang telah kalian pelajari. Karena lambat laun kalian pasti akan terbiasa dan akhirnya kalian mampu dalam menggunakan dan menjelaskan di luar, kalian bisa karena terbiasa.

Memahami Kelemahan Kamera
Setiap benda yang kita gunakan pasti memiliki kelemahannya masing – masing, terlebih benda tersebut merupakan benda elektronik yang mudah sekali rusak dan menurun kualitasnya apabila kita tidak mengetahui kelemahan benda tersebut. Tetapi jangan khawatir, kelemahan dasar pada kamera kalian dapat pelajari dan dapat diperhatikan dengan sangat mudah.

Kelemahan kamera yang pertama yaitu terletak pada baterainya, akibat pemakaian yang kurang baik maka baterai kamera kalian akan menjadi cepat habis. Hal yang sangat kurang baik tersebut adalah pada saat kita terlalu sering menggunakan live view dibanding dengan menggunakan viewfinder. Sebaiknya jika ingin memotret kalian menggunakan viewfinder.

Memahami Mode Kamera
Setiap kamera pasti memiliki berbagai macam mode yang memiliki fungsi yang berbeda – beda, kamera DSLR canon contohnya, kamera ini terdapat sekitar 14 mode yang dapat kita gunakan. Mode tersebut diantaranya yaitu mode A-DEP (Otomatis DoF), M (Manual), A (Aperture & ISO manual), S (shutter speed dan ISO manual), P (ISO manual), A+ (Full otomatis), P (Portrait), Landscape (untuk pemandangan), Logo bunga (foto close up), gambar orang berlari (objek bergerak/sport), simbol bintang (foto di malam hari), night landscape (pemandangan di malam hari)

Itulah beberapa tips dasar fotografi, selain ini pasti masih banyak hal – hal dasar lain yang harus kalian pahami agar mendapatkan hasil gambar yang maksimal. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mempelajari teknik dasar fotografi!

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here