Dang Merdu – Saat kamu mencoba menjadi seorang fotografer, mengalami beberapa hambatan merupakan hal yang umum dapat terjadi. Hambatan ini pun bisa saja datang dari mana saja dan kapan saja. Jadi kamu perlu banyak-banyak bersabar dalam menghadapinya.
Pada saat kamu mencoba untuk menjadi seorang fotografer, mengalami beberapa hambatan merupakan hal yang sangat umum dapat terjadi. Hambatan ini bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Jadi kamu harus perlu banyak-banyak bersabar dalam menghadapinya.

Sabar dan dapat berpikir jernih merupakan sifat yang sangat-sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang fotografer. Apalagi jika hambatan itu sendiri datang dari kamera kesayangan kamu. Mungkin kebanyakan dari kamu akan langsung panik jika terjadi hal yang tak diinginkan pada kamera kamu, bukan?
Untuk menjadi seorang fotografer, sabar dan dapat berpikir dengan jernih merupakan sifat yang sangat-sangat dibutuhkan. Apalagi apabila hambatan itu sendiri datang dari kamera kesayangan kamu. Mungkin kebanyakan dari kamu akan langsung panik bila terjadi hal yang tidak diinginkan pada kamera kamu, bukan?

Sekali lagi, kamu perlu terlebih dahulu untuk dapat berpikir jernih saat terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti ini. Tenangkan diri kamu, kemudian periksa kembali kondisi kamera atau lensa kamu secara baik-baik. Jika terjadi kerusakan yang tampaknya sangat buruk, sebaiknya segera bawa kamera atau lensa kamu ke tempat servis terdekat di kota kamu.
Sekali lagi, terlebih dahulu kamu perlu untuk dapat berpikir dengan jernih pada saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini. Tenangkan diri kamu, kemudian periksa kembali kondisi kamera atau lensa kamu dengan baik-baik. Apabila terjadi kerusakan yang tampaknya sangat buruk, maka sebaiknya segera bawa kamera atau lensa kamu ke tempat servis terdekat di kota kamu.

Namun, bila kamu merasa kondisinya tidak seburuk itu dan kamu cukup yakin untuk tidak perlu membawanya ke tempat servis, ada baiknya untuk kamu tetap melanjutkan membaca artikel ini untuk mencari solusinya.
Namun, apabila kamu merasa kondisinya tidak seburuk itu dan kamu cukup yakin untuk tidak perlu membawanya ke tempat servis, ada baiknya buat kamu agar tetap melanjutkan membaca artikel ini untuk mencari solusinya.

Berikut ini adalah 3 alasan mengapa lensa kamera tidak dapat dipasang:

Kotor
Salah satu alasan paling umum yang dapat terjadi pada lensa kamera kamu saat ini adalah, terdapatnya kotoran atau debu yang menempel di kontak elektrik pada lensa atau kamera kamu. Untuk hal yang satu ini, kamu tidak perlu panik yang berlebihan, karena hal yang harus kamu lakukan hanyalah dengan membersihkannya saja.

Dalam membersihkannya sendiri cukup hanya dengan menggunakan kain mikrofiber, kemudian usapkan dengan hati-hati dan perlahan pada area yang berwarna emas di sisi belakang lensa kamu. Jangan lupa untuk melakukan hal yang sama pada kontak elektrik yang ada pada kamera kamu juga, ya.

Sebagai pengingat, jangan gunakan penghapus pensil untuk membersihkan area yang berwarna emas tersebut ya. Karena apabila kamu melakukannya, kamu bisa saja akan menemukan kontak antara lensa dengan kamera kamu menjadi tergores atau lebih parahnya lagi rusak sehingga tidak dapat digunakan lagi.

Baca Juga : Tips Cara Mengambil Foto Agar Lebih Bokeh

Kontak Antara Kamera dengan Lensa Rusak
Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya, yang satu ini juga bersumber pada kontak elektrik yang terdapat pada kamera atau lensa kamu. Tetapi, apabila yang sebelumnya dikarenakan kotoran atau debu, maka dengan yang satu ini agak lebih buruk lagi kondisinya, yaitu rusak.

Bagaimana mana kamu mengetahui bahwa kontak elektrik tersebut rusak?
Mudah sekali. Apabila kamu sudah membersihkan area yang berwarna emas tersebut dengan baik seperti yang telah dijabarkan sebelumnya, dan lensa kamera kamu masih belum dapat terbaca oleh kamera, maka bisa saja telah terjadi kerusakan di area sana.

Kerusakan akan dapat terjadi pada kontak di lensa kamu atau kontak pada kamera kamu sendiri. Untuk dapat mengetahui hal ini, cobalah ganti lensa kamu dengan lensa yang lainnya. Apabila lensa yang baru dapat terbaca oleh kamera dan tidak menimbulkan Err 01 pada layar kamera kamu, maka kerusakan yang telah terjadi pada kontak elektrik di lensa kamu yang sebelumnya
Namun jika lensa yang baru pun masih belum dapat terbaca juga, maka kerusakan yang terjadi pada kamera kamu.

Sayangnya, untuk dapat mengatasi hal yang satu ini, maka satu-satunya jalan adalah hanya dengan membawa kamera atau lensa kamu ke tempat servis di kota kamu.

Terdapat Komponen yang Patah
Penyebab lainnya yang mungkin saja dapat menjadi penyebab lensa kamu tidak dapat dipasang pada kamera kamu adalah karena terdapat komponen yang patah di lensa atau kamera kamu sehingga menghalangi jalan masuk lensa kamu ke kamera.

Komponen yang patah atau rusak dapat saja terjadi karena benturan yang cukup keras, atau kamu secara tidak sengaja pernah menjatuhkan kamera atau lensa kamu. Bila hal ini pernah terjadi, kamu perlu mengkhawatirkan adanya komponen yang patah di lensa atau kamera kamu.

Hal seperti ini mungkin saja dapat kamu cari tahu dengan memperhatikan dengan baik-baik semua kondisi lensa kamu dan mencari bagian yang tidak biasa atau bila memang kamu tidak dapat menemukannya coba periksa secara baik-baik area sekitar ring kamera kamu.

Namun, kamu juga perlu mengetahui bahwa kerusakan atau patah pada komponen bisa saja bukan pada bagian yang mudah di lihat oleh kamu sendiri. Namun bisa saja terjadi di bagian dalam sehingga membuat kamu tidak menyadari bahwa lensa atau kamera kamu dalam keadaan rusak.

Sayangnya lagi, untuk dapat memperbaiki komponen pada kamera atau lensa kamu yang patah mungkin solusi yang dapat kamu lakukan adalah dengan membawanya ke tempat servis. Memperbaiki sendiri komponen pada kamera saat kamu bukan seorang yang profesional, justru malah akan membuat bertambah parah kerusakannya.

Jadi buat kamu, hindari untuk mencoba memperbaiki sendiri, ya!

Itulah 3 alasan mengapa lensa kamera tidak dapat dipasang buat kamu yang sedang bingung. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah ilmu pengetahuan kamu, ya.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here