Dang Merdu – Kata bokeh pasti sudah sangat familiar bagi fotografer, baik fotografer pemula maupun fotografer yang sudah handal. Artikel ini akan menjelaskan tips bagaimana agar kalian bisa mendapatkan hasil foto bokeh yang maksimal.

Tahukah kalian dari mana kata bokeh itu berasal? Bokeh berasal dari bahasa Jepang yang artinya kabur, buram ataupun tidak jelas. Fungsi dari bokeh ini yaitu untuk menonjolkan titik yang fokus dari pada bidang lainnya, dan menghilangkan bagian yang tidak perlu masuk dalam frame.

Dalam keadaan tertentu, terkadang kita memotret di lokasi yang backgroundnya kurang begitu menarik, sehingga kita dapat memanfaatkan cara ini, dengan mengambil foto bokeh maka background yang tidak menarik tersebut akan hilang dari pandangan kita. Biasanya bokeh ini juga digunakan untuk foto makro, human interest, benda dan lain sebagainya.

Biasanya bokeh ini memiliki 2 bentuk, yaitu bentuk lingkaran dan bentuk polygonal. Hal tersebut dapat saja terjadi karena jumlah blade diafragma lensa. Polygonal terbentuk dari blade diafragma yang berjumlah 6 buah sedangkan yang berbentuk lingkaran hasil dari blade diafragmanya lebih dari itu. Biasanya semakin bokeh hasil foto kita, maka foto kita tersebut akan terlihat lebih menarik lagi.

Baca Juga : Jenis – Jenis Sudut Pengambilan Gambar dalam Fotografi

Agar kalian bisa mendapatkan hasil foto bokeh yang baik, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengambil foto bokeh:

Jauhkan Jarak antara Objek dengan Background
Jika ingin mendapatkan hasil bokeh yang baik, maka kalian dapat menjauhkan objek foto yang akan kalian ambil dengan backgroundnya. Cobalah untuk menjauhkan objek foto sekitar 10 meter dari backgroundnya, kemudian bandingkan dengan jarak objek dengan background yang berjarak 30cm. Pasti hasil bokehnya akan sangat berbeda.

Dekatkan Lensa dengan Objek Foto
Cara yang lainnya yaitu anda dapat mendekatkan lensa dengan objek yang akan difoto, tetapi jangan terlalu dekat karena malah akan dapat mengakibatkan objek tidak dapat fokus dengan baik. Gunakan diafragma/bukaan yang lebar dengan 2 cara diatas, kita pasti bisa mendapatkan hasil foto bokeh yang baik dengan menggunakan bukaan yang lebar. Bagaimana bukaan yang lebar itu? bukaan yang lebar difragma yaitu dengan memilih angka yang paling kecil, contohnya f/2.

Menggunakan lensa dengan kualitas optik yang terbaik
Untuk mendapatkan hasil bokeh yang baik, kita pasti akan memerlukan lensa dengan kualitas optik yang baik. Contohnya yaitu dengan menggunakan lensa tele 75-300mm, meskipun harganya lumayan mahal namun hal tersebut juga sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan, jangan lupa juga untuk selalu menggunakan diafragma yang lebar.

Gunakan Lensa prime atau focal length panjang
Terakhir adalah dengan menggunakan lensa fix/prime, biasanya lensa fix ini memiliki diafragma yang paling kecil f/1.8 atau f/1.4, hal tersebut akan dapat menjadi faktor foto kalian sangat bokeh. Namun anda juga tidak perlu khawatir lagi apabila tidak mempunyai lensa selain dari lensa bawaan kamera anda, kamera lensa kit anda juga dapat menghasilkan foto bokeh. Oleh karena itu anda dapat mencoba dengan 3 cara diatas.

Nah, bagaimana, mudah kan untuk dapat membuat foto menjadi bokeh? jika kalian memang benar-benar banyak berlatih maka pasti akan terasa sangat mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian-kalian para pecinta bokeh maupun fotografer pemula, Selamat mencoba!

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here