Dang Merdu – Sebagai Fotografer profesional pasti sudah mengetahui dengan jelas tentang berbagai macam jenis-jenis sudut pengambilan sebuah gambar dalam fotografi. Namun bagi kalian yang masih belum mengetahuinya, artikel ini akan memberikan penjelasan tentang apa itu angle dan apa-apa saja jenisnya, berikut dengan penjelasannya:

Sebelum mambahas mengenai jenis-jenis angle, tahukah kamu apa angle itu? angle adalah suatu sudut pengambilan sebuah gambar atau bagaimana posisi kamera pada saat memotret suatu objek. Apakah diatas objek, dibawah objek atau berada jauh dengan objek?

Normal Angle
Normal angle adalah suatu sudut pengambilan sebuah gambar yang normal, dengan begitu fotografer akan menempatkan kamera sejajar dengan mata. Dan hasil yang akan diperolah dari angle ini adalah biasa saja, seperti mata kita memandang atau melihat orang dengan sejajar. Kalian juga dapat mengambil angle ini pada saat memotret orang untuk sebuah foto formal. Jika objek berdiri, maka fotografer juga mengambil gambar dengan posis berdiri.

Low Angle
Low angle adalah suatu sudut pengambilan sebuah gambar dari bawah. Berbeda dengan normal angle, dengan menggunakan angle ini, fotografer dapat menempatkan kamera berada di bawah objek. Baik dengan menempatkan kamera di kanan bawah, tengah atau kiri bawah. Teknik ini berfungsi untuk dapat membuat objek bidikan lebih tinggi atau lebih besar.

Selain itu, apabila kalian menyukai memotret foto levitasi maka low angle dapat membantu kalian untuk mendapatkan lebih mudah foto levitasi tersebut.

High Angle
Angle ini merupakan kebalikan dari low angle, dimana sudut pengambilan menempatkan kameranya yang lebih tinggi dari objek bidikannya atau diatas objek. Apabila kita menggunakan objek manusia, maka akan membuat manusia tersebut seolah – olah lebih kecil dan rendah posisinya.

Namun apabila menggunakan objek benda, dengan menggunakan high angle maka dapat membuat objek benda tersebut lebih dari satu sisi tertangkap oleh lensa.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Lensa Kamera Pocket Yang Macet Karena Debu

Frog Angle
Angle ini menempatkan kamera yang berada di bawah, namun berbeda dengan low angle. Perbedaan tersebut terletak pada objeknya, bila low angle berada di posisi objek yang lebih tinggi maka frog angle objeknya sejajar dengan kamera. Frog angle ini menempatkan kamera dibawah, seperti di tanah, rumput ataupun aspal.

Biasanya angle ini akan menghasilkan foto dengan posisi objek yang sedang berbaring menghadap ke kamera atau objek yang memiliki posisi rendah.

Bottom Angle
Angle ini menempatkan kamera di atas atau dibawah, namun berbeda dengan frog angle. Apabila frog angle ini menempatkan posisi lensa ke depan, angle ini akan menempatkan posisi lensa keatas. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengambil sebuah gambar gedung yang tinggi atau pohon. Fungsi dari teknik ini yaitu memberikan suatu gambaran tingginya sebuah gedung atau pohon.

Dari berbagai macam jenis-jenis sudut pengambilan atau angle di atas pastinya kamu dapat mencobanya dulu dari salah satu jenis-jenis sudut pengambilan gambar tersebut, dan baru beranjak ke beberapa angle yang lainnya.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here