Dang Merdu – Kamera digital ini memiliki desain yang sangat mungil dan dianggap sangat praktis, tetapi kamera digital yang macet menjadi salah masalah yang sering kali ditemui. Terutama pada kamera saku atau yang sering disebut dengan kamera pocket.

Pada umumnya kerusakan pada lensa kamera karena penggunaan yang tidak baik. Padahal lensa ini merupakan bagian yang sangat vital dalam sebuah kamera digital. Banyak dari pengguna kamera ini yang tidak mempedulikan hal tersebut. Salah satu contohnya yaitu dalam meletakkan dan menggunakan kamera dengan asal-asalan.

Hal tersebut pasti akan dapat mengakibatkan kerusakan terhadap lensa. Perlu diketahui juga bahwa kamera yang macet menjadi masalah yang sangat serius dan yang lebih buruk lagi, lensa tidak dapat digerakan sama sekali dan secara terus-menerus berada dalam posisi terbuka. Keadaan terbuka ini yang sangat berbahaya karena akan dapat membuat lensa menjadi tergores atau juga pecah.

Banyak sekali hal yang dapat mengakibatkan lensa kamera digital menjadi macet. Penyebab yang paling umum adalah karena ada debu yang dapat menyumbat lensa untuk kembali masuk ke bodi kamera. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam memperbaiki lensa kamera pocket.

4 Cara Memperbaiki Lensa Yang Macet
1. Goyang-goyang Lensa Kamera
Cara memperbaiki lensa kamera pocket adalah tidak memaksa lensa. Hal ini sering diabaikan oleh pengguna awam dan kerap memaksa keluar masuk lensa. Hal itu ternyata dapat memperparah kerusakan lensa yang macet.

Sebaiknya terlebih dahulu diamkan untuk beberapa saat. Selanjutnya, coba goyang-goyangkan kamera agar kotoran atau debu yang nyangkut dapat keluar. Dan perlu diingat juga jangan terlalu keras. Kemudian pasang kembali baterai serta nyalakan kamera. Apabila lensa tetap macet, berarti masih ada kotoran yang ada di lensa tersebut.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Kamera Rusak Karena Berbagai Hal!

2. Cabut Baterai Ketika Kamera Masih Menyala
Perlu diketahui juga untuk tidak langsung mematikan kamera jika kondisi kamera masih hidup pada saat lensa macet. Apabila hendak mematikan, sebaiknya cabut baterainya saja. Hal tersebut memang tidak baik, tetapi sangat cocok. Karena apabila Anda mematikan kamer lewat tombol, otomatis kamera akan menariknya dalam lensa. Hal tersebut akan dapat memperparah kerusakan lesan pada saat lensa macet.

Apabila dipaksakan, maka akan ada bagian dari lensa yang rusak atau juga rontok. Maka cara untuk mematikannya dengan mencabut baterai adalah suatu hal yang aman. Tentunya tidak lupa untuk mengeluarkan memory card karena untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Tekan Bagian Lensa ke Arah Dalam
Langkah ini mungkin agak sedikit berbahaya serta penuh dengan resiko dan tentunya harus dilakukan dengan sangat hati-hati sekali. Bila Anda ingin melakukan sendiri, tentunya harus siap menanggung resiko. Karena, jika lensa yang macet dibiarkan terlalu lama maka dapat merusak komponen-komponen yang lain pada kamera. Hal terburuknya adalah celah lensa akan menjadi tempat masuknya debu serta air.

Pastinya anda dapat mengoyang-goyang lensa atau juga dapat menggeser-geser lensa dengan tangan. Lakukan dengan secara perlahan-lahan dan sangat berhati-hati. Bila sudah dicoba, maka nyalakan kembali kameranya. Namun apabila tidak berhasil anda dapat ikuti langkah berikut ini.

Anda dapat mencoba untuk menaruh kamera di tempat yang sangat datar dan beralas empuk untuk melindung layar LCD. Selanjutnya, pada kondisi kamera sedang menyala, tekan lensa secara perlahan-lahan dengan menggunakan jari jempol agar dapat masuk ke dalam.

4. Bersihkan Lensa dari Debu dan Kotoran
Anda dapat melakukan cara ini dengan perlahan agar kotoran dapat keluar dari sela lensa. Kemudian cabut baterai dan semprot pada sela-sela lensa secara merata. Bila sudah, masukan kembali baterai dan nyalakan kamera. Namun, bila belum berhasil, anda dapat mengikuti cara yang sebelumnya.

 

Jangan Lupa Baca Berita Seputar Photography lainnya di Dangmerdu.com. –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here