Inilah Area Titik Buta Pada Mobil dan Solusinya Yang Harus Anda Ketahui
Inilah Area Titik Buta Pada Mobil dan Solusinya Yang Harus Anda Ketahui

Berita Pekanbaru – Bagi anda para pengemudi tentu istilah blind spot atau titik buta bukanlah merupakan istilah yang asing lagi di dengar. Blind spot itu kerap kali digunakan pada saat kita membicarakan perihal penyebab sebuah kecelakaan. Mengapa demikian? Blind spot adalah sebuah area yang luput dari pandangan para pengemudi terhadap kendaraan lain yang ada di sekitarnya.

Blind spot atau titik buda juga dapat diartikan dengan titik yang ada disekitar mobil yang tak dapat dideteksi atau dilihat oleh pengemudinya terkait keberadaan objek maupun kendaraan lain. Oleh karena itu, pada saat kendaraan lain berada di area yang luput dari pandangan, akan lebih besar potensi terjadinya kecelakaan.

Oleh karena itu, sebagai pengemudi yang baik ketahuilah mana saja area blind spot pada mobil yang anda kendarai serta bagaimana cara untuk menghindari blind spot tersebu agar dapat meminimalisir terjadinya risiko kecelakaan. Untuk itu, mari simak penjelasan berikut ini.

Baca juga : Intip Spesifikasi dan Fitur Terbaru Yang Ada Pada New Yamaha Xmax 250 Connected

Area Blind Spot Pada Mobil

Blind spot atau titik buta merupakan area yang tidak masuk dalam jangkauan visibilitas dari para pengemudi. Tiap jenis mobil memiliki blind spot atau titik buta tersebut, meski titik-titiknya yang berbeda tergantung dari jenis mobilnya. Tahukah anda jika semakin besar ukuran sebuah kendaraan maka akan semakin luas pula area titik buta atau blind spotnya.

Titik buta tersebut berada pada setiap sisi luar dari mobil, baik itu sisi kanan maupun sisi kiri bagian belakang sebuah mobil saat sedang berkendara di jalan dua jalur, seperempat sisi belakang pada sebuah kendaraan ketika akan berbelok, pengemudi sepeda motor yang melaju dari bagian belakang ke jalur arah depan mobil atau bahkan pejalan kaki yang melintas ketika kondisi jalan sedang macet.

Area titik buta itulah yang sangat rawan terjadinya sebuah kecelakaan. Oleh karena itu, anda juga harus sigap untuk mendeteksi keberadaan kendaraan atau objek lain yang ada disekitar anda saat sedang berkendara dijalan raya.

Inilah Area Titik Buta Pada Mobil dan Solusinya Yang Harus Anda Ketahui
Inilah Area Titik Buta Pada Mobil dan Solusinya Yang Harus Anda Ketahui

Hindari Area Blind Spot

Meski area blind spot atau titik buta itu dak dapat dihindari oleh para pengemudi, perlu untuk diketahui jika terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari atau meminimalisir area blind spot atau titik buta tersebut. Terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan sebagai pengemudi, diantaranya seperti berikut ini.

  1. Perhatikan kaca spion mobil anda secara detail, sebelum anda melakukan perjalan dengan menggunakan mobil sebaiknya atur ulang lagi spion mobil tersebut hingga benar-benar pada kondisi yang dapat mengakomodir visibilitas.
  1. Saat berkendara usahakan untuk  melihat kaca spion lebih sering lagi terlebih lagi pada saat akan berbelok, kondisi jalan macet atau saat akan berpindah jalur.
  2. Tambahkan shoulder check atau head check pada saat dalam kondisi akan melakukan manuver.
  3. Jangan lupa untuk menyalakan klakson pendek pada saat anda akan mendahului pengendara lain.
  4. Terakhir, anda dapat mengurangi muatan bagasi mobil yang anda gunakan agar visibilitas pada bagian belakan mobil masih dapat terjaga.

Jangan sepelekan blind spot atau area titik buta pada mobil karena hal tersebut tak hanya membahayakan pengemudinya saja melainkan juga penumpang yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap melakukan tindakan yang preventif agar dapat meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Jangan lewatkan informasi menarik lainnya seputar Berita Otomotif Terupdate hanya di laman Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here