8 Hal Dasar untuk Membangun Bisnis Kecil di Rumah

Berita Pekanbaru Terlengkap – Meskipun pekerjaan jarak jauh telah mendapatkan tempatnya sendiri, dalam beberapa tahun terakhir menjadi jelas bahwa ini bukan hanya pilihan yang layak, tetapi juga diinginkan oleh banyak orang. Apakah Anda di antara mereka? Memulai bisnis kecil di rumah bisa menjadi hal besar yang pernah Anda impikan dan banyak lagi. Anda hanya perlu mempertimbangkan beberapa variabelnya.

Menjadi wirausahawan yang sukses bukanlah misi yang mustahil, tetapi membutuhkan usaha, ketekunan, motivasi, dan yang terpenting, rencana yang baik. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuat bisnis kecil di rumah? Lanjutkan terus untuk membaca.

Apa yang Harus Anda Ketahui?

Tidak masalah apakah Anda memiliki pengalaman atau tidak, bahkan apakah Anda memiliki gelar sarjana. Kenyataannya, hal terpenting saat memulai di dunia wirausaha adalah menyiapkan rencana bisnis langkah demi langkah yang mencakup persyaratan hukum, tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang, serta strategi untuk mencapainya.

Jika Anda menghela nafas membayangkan kapan hari itu akan tiba ketika Anda dapat memberi tahu semua orang: “Saya punya bisnis sendiri di rumah”, perhatikan rekomendasi dari para ahli berikut. Anda akan melihat bagaimana Anda dapat mengubah ide menjadi konsep dan, akhirnya, menjadi bisnis kecil yang nyata.

1. Munculkan ide dan lakukan riset Anda

Anda sudah lama ingin membuat bisnis kecil-kecilan di rumah, tetapi apakah Anda sudah melakukannya sendiri untuk mengeksekusi ide tersebut sampai Anda mendapatkan konsep yang kuat dan mulus? Langkah pertama adalah menentukan apa yang akan Anda jual: produk atau jasa? Jenis produk apa: pihak ketiga atau buatan tangan? Apa yang menjamin keahlian Anda sebagai seorang profesional dalam hal menjual jasa?

Berikan perhatian khusus pada proposal bisnis Anda dan analisis pasar untuk menentukan apakah itu benar-benar bisa menjadi peluang. Pikirkan tentang pertanyaan-pertanyaan berikut: Seperti apa kompetisinya? Apakah pasar sudah jenuh (crowded)?

2. Pilih badan hukum

Meskipun setiap negara memiliki peraturannya sendiri tentang perusahaan komersial, ada kesamaan di antara mereka semua: badan hukum dalam hal hak dan kewajiban, serta biaya yang menyertainya. Pertimbangkan poin ini untuk menentukan badan hukum yang paling sesuai dengan perusahaan Anda (pemilik tunggal atau perseroan terbatas). Lagi pula, Anda harus mematuhi tidak hanya pembayaran yang diwajibkan oleh undang-undang, tetapi juga tanggung jawab terkait.

3. Tetapkan anggaran

Anda telah menganalisis ide Anda secara mendalam dan Anda telah memutuskan bahwa itu layak dipertaruhkan. Nah, waktunya telah tiba untuk menentukan anggaran, betapapun singkatnya waktu Anda. Meskipun idenya adalah membuat bisnis kecil-kecilan di rumah, Anda harus memiliki dana untuk memulainya.

Periksa biaya awal bisnis Anda, pertimbangkan opsi berkualitas dengan biaya rendah, dan bersikaplah realistis: hal yang tidak terduga bisa terjadi dan disarankan untuk bersiap. Menyisihkan sekitar 20% dari anggaran Anda untuk menutupi situasi yang tidak terduga adalah perkiraan yang bagus.

4. Tulis rencana bisnis

Salah satu pilar besar kesuksesan adalah perencanaan. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk menyiapkan rencana bisnis yang konkret di mana Anda dapat menemukan visi, misi, dan nilai-nilai Anda, selain tujuan bisnis untuk menciptakan bisnis kecil Anda di rumah. Di sisi lain, Anda harus menyusun strategi yang ingin Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda dan taktik yang akan mendukung strategi tersebut. Tentunya, semuanya harus sesuai dengan anggaran yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Ponsel Terbaik untuk Gaming di 2022 Ini

5. Rancang website Anda

Sekarang setelah Anda menemukan cara membuat bisnis kecil di rumah, sekarang saatnya memikirkan untuk membuatnya terlihat. Memiliki bisnis di rumah Anda sendiri menyiratkan kebutuhan mendesak untuk membuat calon pelanggan menemukan penawaran Anda, melihatnya, membandingkannya, dan merasa terdorong untuk menerimanya. Pembuatan website profesional yang memberikan informasi mendetail tentang produk atau layanan Anda dan memfasilitasi komunikasi dengan klien sangatlah penting.

6. Pisahkan keuangan pribadi dari bisnis

Memulai bisnis kecil Anda di rumah akan menghasilkan semua jenis pengeluaran terkait yang harus Anda simpan dengan rapi untuk keuntungan selanjutnya. Cara terbaik untuk melakukan tugas ini adalah dengan memiliki rekening bank pribadi dan yang lainnya, rekening khusus bisnis. Pemisahan keuangan berkontribusi pada transparansi yang lebih besar saat melihat pengeluaran rumah tangga dan pribadi, dan pengeluaran dari aktivitas profesional.

7. Atur pekerjaan Anda

Setelah Anda membuat perusahaan dan sudah memiliki semua informasi yang diperlukan untuk memulai aktivitas kerja Anda, luangkan waktu sejenak untuk mengatur pekerjaan. Tentukan ruang di rumah Anda untuk dapat bekerja dengan tenang dan tanpa gangguan, serta waktu Anda. Pilihan yang baik untuk menghindari kelupaan dan kesalahpahaman adalah dengan menggunakan aplikasi yang menyertakan kalender dengan pemberitahuan di ponsel Anda.

8. Mulailah memasarkan usaha Anda

Anda sudah bisa berteriak dari atas atap bahwa Anda telah membuat bisnis kecil Anda di rumah, tetapi Anda belum mendapatkan klien. Oleh karena itu, waktunya telah tiba untuk memulai upaya pemasaran Anda: mempromosikan website, mengumpulkan data melalui page langsing atau jejaring sosial, dan mengirim email pemasaran. Memulai bisnis kecil di rumah bisa melelahkan, tetapi sangat bermanfaat dan memuaskan.

Semua berita yang informatif semacam ini akan terus bisa Anda dapatkan, dengan mengikuti platform DANG MERDU ini. Platform berita bisnis terbaru yang tentunya selalu diperbarui setiap hari dan pastinya ANTI HOAX!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here