Cara Mudah Mengurus Buku Tabungan dan ATM yang Hilang
Cara Mudah Mengurus Buku Tabungan dan ATM yang Hilang

Dangmerdu – Jika buku tabungan dan ATM hilang secara bersamaan, maka langkah pertama yang dilakukan adalah:

 

  1. Segera hubungi call center bank bank atau langsung datang ke kantor cabang bank terkait guna melaporkan hal tersebut. Pelaporan di sini bisanya bertujuan untuk memblokir nomor rekening dan mengamankan saldo yang ada di rekening bank .

 

  1. Setelah saldo aman, langkah selanjutnya adalah datang ke kantor polisi terdekat untuk mengurus surat kehilangan. Ingat, untuk meminta surat kehilangan, harus datang ke kantor polisi di wilayah tempat kehilangan kartu ATM dan buku tabungan tersebut. Misalnya, kehilangan ATM dan buku tabungan di wilayah kecamatan A, maka silahkan datang ke Polsek di kecamatan A.

 

  1. Setelah mendapatkan surat kehilangan dari kepolisian, dengan membawa kartu identitas, silahkan mengurusnya di bank terkait. Tapi apakah harus mengurus di kantor cabang tempat dulu pernah membuat rekening? jawabannya adalah bisa iya bisa tidak.

 

Jika saat ini sedang berada jauh dari kantor cabang tempat dulu membuat rekening, maka solusi yang tepat ditanyakan terlebih dahulu di kantor cabang terdekat dengan posisi saat ini.

 

Jika melihat sistem online sekarang ini, seluruh cabang di manapun bank tersebut berada sudah terintegrasi, jadi seharusnya untuk mengurus ini bisa dilakukan di kantor cabang wilayah manapun. Namun demikian kebijakan ada di bank masing-masing.

 

  1. Setelah berada di bank. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke bagian Customer Service dan akan diberi pertanyaan seputar Identitas, nama ibu kandung, alamat, alamat cabang tempat dulu membuat rekening, tanggal dan tahun pembuatan rekening, nomor kartu ATM, dan lain sebagainya.

 

Jangan lupa untuk membawa KTP/SIM sebagai kartu identitas untuk pengurusan buku tabungan dan kartu ATM yang hilang.

 

Baca juga : Cara Pembuatan KTP Baru ataupun Hilang

 

Kalaupun nantinya kamu lupa dengan nomor kartu ATM, maka nanti mungkin bisa dicarikan solusinya oleh pihak bank. Mungkin juga diberi pertanyaan mengenai jumlah perkiraan saldo terakhir dan berbagai macam transaksi yang telah dilakukan.

 

Jika pertanyaan-pertanyaan tadi dijawab dengan benar dan lancar, maka petugas akan melanjutkan proses untuk membuatkan kartu ATM dan buku tabungan baru dengan nomor rekening yang sama, atau kamu akan dibuatkan nomor rekening baru.

 

  1. Sampai di sini, kamu tinggal mengikuti prosedur yang disarankan oleh pihak bank. Misalnya saja, kamu diminta menutup rekening lama dan membuka kembali rekening baru dan saldo di rekening yang lama ditransfer ke rekening yang baru atau prosedur yang lainnya.

 

Catatan, mengenai waktu yang diperlukan untuk mengurus buku tabungan dan kartu ATM yang hilang, hal ini tergantung dari kondisi di lapangan.

 

Jika prosedur di atas kamu lalui dengan baik, mungkin saja hanya akan memakan waktu 1×24 jam dan sudah memiliki ATM dan buku tabungan yang baru.

 

Jika dilihat dari prosesnya mengurus buku tabungan yang hilang itu tidaklah sulit, syarat serta prosedurnya juga mudah terpenuhi. Tekadang yang justru menjadi menjadi masalah adalah ketika menunda-nunda waktu untuk segera melaporkan dan mengurusnya di bank. Segeralah mengurus buku tabungan jika hilang, daripada mengalami kesulitan di kemudian hari.

 

Baca Berita Nasional Terbaru lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here