Dasar-Dasar Cara Membuat Rencana Bisnis
Dasar-Dasar Cara Membuat Rencana Bisnis

Dangmerdu – Dalam berbisnis tentu kita memerlukan dasar-dasar terbaik sebelum terjun kedunia bisnis. Nah disini kami akan memberikan informasi dasar-dasar terbaik dalam membuat rencana bisnis antara lain :

 

  1. Ringkasan Singkat

 

Ringkasan singkat ini berisi tentang informasi terkait bisnis. Visi, misi, serta tujuan dan target bisnis yang akan dikembangkan. Produk atau jasa apa yang dijual kepada konsumen. Buatlah semenarik mungkin sehingga rencana bisnis  menarik dan menjual.

 

  1. Latar Belakang Bisnis

 

Latar belakang bisnis bercerita mengenai alasan mendirikan bisnis tersebut, orang-orang yang terlibat di dalamnya, seperti pemodal atau pemilik saham, struktur organisasi, daftar konsultan atau ahli, dan yang terkait lainnya.

 

  1. Analisis Produksi Bisnis

 

Bagian ini berisi tentang penjelasan mengenai sistem operasi bisnis. Dari hulu sampai hilir dijelaskan. Misalnya bisnis  bergerak di bidang produksi ataupun manufaktur, kamu perlu menjabarkan bagaimana prosesnya mulai dari menerima pesanan, produksi barang, hingga distribusinya. Begitupun jika bergerak di bidang jasa, bagaimana cara mengirimkan jasa kepada konsumen.

 

  1. Analisis Tenaga Kerja

 

Jangan lupa masukkan rincian tenaga kerja yang diperlukan, seperti kompetensi dan keahlian,  jumlah yang dibutuhkan. Jangan remehkan untuk mendetailkan kebutuhan tenaga kerja pada bisnis, karena pengalokasian sumber daya manusia yang tepat merupakan salah satu penentu keberhasilan bisnis.

 

  1. Analisis Pemasaran dan Distribusi

 

Kamu juga perlu menganalisis pemasaran dan distribusi produk jasa dalam rencana bisnis. Target pasar yang dibidik, tren pasar yang sedang berkembang, termasuk strategi pemasaran yang akan diterapkan untuk mencapai target penjualan. Proses maupun strategi distribusi pun harus dicantumkan di rencana bisnis sehingga produk atau jasamu dapat dinikmati konsumen.

 

Baca juga : Waspada ! Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu

 

  1. Analisis Keuangan dan Pengembalian Modal

 

Penting untuk mencantumkan proyeksi pemasukan dan pengeluaran, perhitungan kapan modal dapat kembali, pengembalian investasi kepada investor, serta segala hal lain yang berkaitan dengan aliran uang harus masuk dalam rencana bisnis.

 

  1. Rencana Ekspansi dan Pengembangan Bisnis

 

Investor biasanya akan menyoroti satu hal penting dalam sebuah rencana bisnis, yakni rencana ekspansi dan pengembangan usaha. Seberapa serius kamu mengembangkan usaha tersebut, apa saja yang akan dilakukan dan strategi pengembangan bisnis apa saja.

 

  1. Analisis Risiko Bisnis

 

Namanya bisnis, pasti ada saja risikonya. Adapun berbagai risiko bisnis yang mungkin saja muncul di tengah jalan, yakni risiko operasional, risiko keuangan, risiko saat produksi, dan lain sebagainya. Analisis ini tidak hanya seputar identifikasi risiko, tetapi juga strategi dalam mengatasi dampak dari risiko tersebut.

 

Tujuan Penyusunan Bisnis Plan

 

Pada dasarnya, tujuan utama pembuatan bisnis plan ini adalah untuk menyediakan informasi tentang perjalanan bisnis yang akan dilakukan, apa saja hal yang akan difokuskan dalam bisnis tersebut, serta bagaimana proyeksi bisnis tersebut di masa yang akan datang.

 

Berikut ini adalah beberapa tujuan contoh bisnis plan perusahaan yang lebih rinci:

 

  1. Menyediakan Roadmap

 

Roadmap merupakan gambaran tentang perjalanan bisnis yang akan dilakukan, di mana setiap langkah yang akan dijalankan bisa terlihat dengan jelas pada bagian yang satu ini.

 

Roadmap akan membantu mempermudah proses pembangunan bisnis dari tahap ke tahap, sehingga semua hal penting di dalamnya bisa dicapai, seperti tujuan bisnis, target penjualan dan yang lainnya.

 

  1. Memperjelas Fokus Bisnis

 

Bisnis Plan juga akan membantu pebisnis untuk tetap berada pada fokus bisnisnya. Hal ini akan memungkinkan pebisnis tetap berada di jalur yang benar, sehingga berbagai tujuan bisnis bisa dicapai dengan baik.

 

  1. Menjadi Bukti Keseriusan

 

Proposal bisnis plan memang tidak hanya ditujukan bagi para pebisnis besar dan berpengalaman, namun juga bagi pemula. Penyusunan bisnis plan ini bisa menjadi bukti keseriusan dalam membangun bisnis itu sendiri.

 

Baca Berita Nasional Terbaru lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here