Mencegah Serangan Penyakit Musim Hujan
Mencegah Serangan Penyakit Musim Hujan

Dangmerdu – Saat musim hujan tiba, berbagai gangguan kesehatan pun seolah mulai bermunculan. Mulai dari daya tahan tubuh terganggu, hingga timbulnya berbagai penyakit seperti serangan malaria.

 

Tak lain dan tak bukan, tidak semua orang memiliki daya tubuh yang prima untuk menghadapi datangnya pergantian musim. Belum lagi bila berbagai penyakit pada musim hujan itu muncul dan menjadi wabah.

 

Tentu perlu persiapan yang baik untuk menghadapi pergantian musim ini dan melakukan penanganan yang tepat bila terserang berbagai penyakit musim hujan tersebut. Bagaimana caranya?

 

Malaria

Ingat pepatah ‘Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati’? Ya, siapa sih yang ingin merasakan sakit? Makan apa saja terasa tak enak dan mau ngapain saja badan rasanya tak nyaman. Itulah bisa kondisi badan tak sehat.

 

Seiring dengan datangnya musim hujan, maka lebih baik mencegah berbagai serangan penyakit ketimbang harus merasakan dan menahan rasa sakit yang mendera, bukan? Lakukan pencegahan dengan cara yang tepat.

 

Penyakit Kencing Tikus (Leptospirosis)

 

Cegah penyakit Leptospirosis ini dengan cara menjaga kebersihan, yakni dengan tidak mengonsumsi air minum yang terkontaminasi atau diragukan kebersihannya, membersihkan rumah dan lingkungan sekitar dari serangga dan hewan pengerat lainnya agar tidak terinfeksi bakteri leptospira, rutin mandi dan segera mandi setelah berenang, memberikan vaksin pada binatang peliharaan, serta cuci tangan sebelum makan dan minum.

 

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)

 

Guna mencegah serangan DBD, bersihkan bak mandi setiap 1 minggu sekali, bersihkan lingkungan dari berbagai genangan air, jangan menggantung baju terlalu lama, oleskan lotion anti nyamuk, dan gunakan kasa nyamuk.

 

Penyakit Malaria

 

Tak ubahnya pencegahan DBD, mencegah serangan penyakit malaria juga bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan. Buang semua perabot rumah tangga yang biasanya tergeletak di halaman rumah yang menampung air hujan dan menggenang. Sebab genangan air tersebut biasanya dijadikan sarang oleh jentik-jentik nyamuk.

 

Baca juga : Bank Syariah dengan Segudang Produk Manfaat

 

Penyakit Tifus (Demam Tifoid)

 

Karena penyakit ini disebabkan oleh bakteri salmonella, maka munculnya sering kali karena tidak menjaga kebersihan saat mengonsumsi makanan dan minuman. Untuk itu, biasakan mencuci tangan, jangan minum air mineral yang terkontaminasi/kotor, juga jangan makan buah dan sayuran mentah tanpa dicuci terlebih dahulu.

 

Biasakan mencucinya dengan air sabun pencuci buah dan sayuran, lalu bilas dengan air mineral bersih (air minum). Sebab air mentah sering kali masih mengandung bakteri e-coli.

 

Penyakit Diare

 

Tentu saja, penyebab diare adalah lingkungan yang kurang bersih atau makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri. Oleh karena itu, untuk mencegahnya jangan lupa mencuci tangan dengan sabun sebelum makan atau minum dan setelah dari toilet. Lalu bersihkan dapur dan toilet secara rutin minimal seminggu sekali, bersihkan tempat-tempat penyimpan makanan, dan minum air bersih.

 

Penyakit Flu (Influenza)

Untuk mencegah penyakit ini, menjaga kebersihan, selalu mencuci tangan sebelum makan dan minum, tutup mulut dan hidung saat bersin atau batuk, mendapat asupan vitamin dan gizi yang cukup, banyak minum air putih, olahraga teratur, tidur cukup, memakai masker/penutup hidung dan mulut saat bepergian, dan istirahat yang cukup.

 

Penyakit Kulit

 

Cara pencegahan penyakit kulit saat musim hujan bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal dengan baik, jangan lupa gunakan pelembap (hand & body lotion) untuk mencegah kulit kering atau pecah-pecah.

 

Apabila kulitmu terserang infeksi jamur, segera obati dengan salep antijamur yang bisa dibeli di apotek. Namun, apabila infeksi kulit semakin parah, maka jangan ragu untuk cek ke dokter agar mendapat pengobatan lebih lanjut.

 

Baca Berita Nasional Terbaru lainnya di Dangmerdu.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here